airprint

Printing di era teknologi yang semakin maju tidak lagi memerlukan koneksi kabel antara PC dan mesin Print, wireless printing adalah salah satu opsi yang bisa PemmzHolics pilih untuk kemudahan dan fleksibilitas pencetakan. Jika Wireless printing via Wi-Fi sudah cukup banyak diterapkan para pengguna, kami akan membahas lebih jauh jenis-jenis wireless printing yang ada untuk semakin mempercepat kerja, menghemat penggunaan mesin printer, dan jauh dari cerita dokumen yang berantakan.

<

1. Wi-Fi Printing

Mekanisme wi-fi printing sebenarnya sama saja dengan printing standar dengan koneksi kabel USB dan juga membutuhkan printer drivers, hanya saja kali ini dalam versi wireless. Khusus untuk printer yang memiliki fitur Wi-Fi, Anda tinggal menghubungkannya dengan koneksi wireless anda di rumah/kantor lalu semua komputer dan perangkat lain yang terhubung pada koneksi yang sama secara wireless pun bisa langsung menjalankan printing.

eeaf834f-12b1-47c9-a3e4-5fbfc053ef3f_66

Yang menjadi masalah, jika PemmzHolics ingin mencetak langsung dari perangkat seperti iPad, iPhone, smartphone atau tablet Android, pasti akan bingung bagaimana cara menginstall drivernya di perangkat tsb.

2. Bluetooth Printing

Meskipun tidak terlalu banyak printer yang mendukung fitur Bluetooth printing, jika dibandingkan dengan Wi-Fi printing, namun Bluetooth printing ini bisa digunakan langsung dari smartphone, tablet, maupun laptop yang memiliki fitur Bluetooth.

Adding_a_Network_Printer

Seperti biasanya untuk melakukan koneksi Bluetooth, Anda harus mem-pair perangkat dan printer. Sebagai catatan, koneksi Bluetooth membutuhkan jarak yang cukup dekat diantara keduanya, dan biasanya Bluetooth akan mati otomatis jika sedang tidak digunakan.

3. Apple AirPrint

AirPrint adalah program yang dibuat oleh Apple sebagai solusi problem driver printer dan Bluetooth pairing. Printer yang mendukung fitur AirPrint akan dipromosikan tentang kompatibilitas-nya dengan AirPrint. Hampir semua brand printer telah memiliki produk printer yang berfitur AirPrint Compatible, sehingga PemmzHolics tidak perlu membeli printer khusus Apple untuk memanfaatkan fitur AirPrint.

apple-airprint

Untuk menggunakannya, cukup hubungkan printer AirPrint pada wireless network, layaknya printer Wi-fi biasa. Setelah itu Anda bisa langsung melakukan proses printing dari iPad, iPhone, iPod Touch, atau Mac dengan memilih Print Option pada program yang digunakan dan pilih printer AirPrint yang anda gunakan, tentunya juga Anda harus berada pada local network yang sama. Mudah bukan?

ios-7-airprint-3

Anda tidak perlu lagi ribet menginstall driver printer di perangkat Apple anda, untungnya lagi, Anda masih bisa menggunakan printer sebagai printer standar pada komputer Windows anda.

4. Google Cloud Print (Access Remote Printer)

Google-Cloud-Print-infographic

Program yang satu ini merupakan milik Google untuk memudahkan Anda menggunakan remote-printing. Produk mesin Printer yang sudah memiliki support untuk Google Cloud Print juga sudah banyak tersedia, namun jika printer Anda tidak memiliki fitur Cloud print, PemmzHolics tetap dapat mengaktifkannya melalui browser Google Chrome dengan membuka laman ini : https://www.google.com/cloudprint#printers atau https://tools.google.com/dlpage/cloudprintdriver

cloudprinting3

Yang istimewa dari Google Cloud Print ini adalah program ini tidak terbatas hanya untuk pengguna Android saja, Anda juga bisa menggunakannya pada perangkat iOS dengan menginstall App Google Cloud Print, bahkan Anda bisa men-share printer Google Cloud anda ke teman anda yang juga memiliki Google Account. Karena data yang ingin Anda print akan dikirim melalui internet ke komputer server yang terhubung dengan printer dan Google Cloud Print.

hp

Intinya dari Google Cloud Print ini adalah Anda harus login ke dalam account Google untuk dapat mengaksesnya, selain menyalakan power pada mesin printer dan komputer server-nya 😉

5. iPrint, ePrint, dan solusi printer lainnya dari pabrikan brand Printer

art_butow_fig5

Pabrik pembuat mesin printer juga ternyata ingin membuat standar dari wireless printing pada mesin mereka, beberapa brand tersebut adalah Epson dengan program iPrint, HP dengan program ePrint dan lainnya. Program tersebut dapat PemmzHolics download dan install pada perangkat mobile anda dari AppStore iOS maupun Android Google Playstore.

epson-iprint-app-20_BIG

Kemudian Anda bisa menggunakan Aplikasi tersebut untuk aktifitas printing dari perangkat Anda ke printer dalam jaringan local yang sama. Berbagai App ini bisa menjadi alternatif lain bagi Anda yang memiliki printer yang tidak kompatibel dengan Apple AirPrint atau Google Cloud Print. Poin minus dari aplikasi bawaan brand printer ini adalah, tidak mendukung semua type dokumen yang ingin Anda print secara wireless.

Follow us @pemmzfacebook, slideshare

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply