PemmzHolics yang merasa gamers, pastinya familiar dengan program Steam. Salah satu platform komunitas gamer dan penyedia jasa penjualan game digital ini bukanlah tanpa cela. Pernahkah Anda merasakan ‘lambat’ nya browser bawaan Steam ini? Atau bahkan Steam sangat lambat dalam men-download game, dan tidak sebanding dengan koneksi internet anda sebenarnya? Berikut ini kami sampaikan Tips & Trik Steam terutama mempercepat browser dan download game-nya.

<

Mempercepat Browser Steam

Steam built-in browser seringkali terasa berjalan sangat lambat, loading yang membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan menggunakan browser desktop pun, mungkin menjadikan kita malas untuk browsing di Steam. Padahal browser ini sering digunakan untuk menjelajah Steam Store, halaman profil, dan didalam game overlay yang merupakan fitur Steam untuk memberikan kemudahan browsing para gamer saat bermain game. Namun siapa yang suka dengan delay pada saat browsing?

Walaupun kebanyakan orang terpaksa untuk berselancar di browser Steam, ternyata ada trik untuk mengakali adanya delay pada browser Steam, sehingga browsing di Steam bisa menjadi cepat secepat browser desktop seperti Chrome atau Firefox.

Masalah delay ini nampaknya disebabkan karena ketidakcocokan Steam dengan setting Automatically Detect Proxy yang diset Enabled secara default pada Windows. Ini adalah setting Compatibility yang jarang digunakan, jadi bisa di Disable dengan aman.

Untuk mengatur pilihan ini, bukalah pengaturan Internet Option, lebih mudahnya bisa Anda cari dengan menekan tombol Windows dan cari Internet Options dan jalankan. Klik tab Connections, lalu klik LAN settings. Hilangkan tanda centang pada perintah Automatically detect settings disini, klik OK untuk menyimpannya.

a

Bisa dipastikan, Anda yang biasanya mengalami delay dan ‘lemot’ saat browsing, kali ini sudah tidak ada lagi delay tersebut. Namun jika anda ternyata mengalami problem saat perubahan ini, anda tentu bisa mengembalikan setting diatas ke semula.

Mempercepat Download game di Steam

Setiap kali Anda mendownload game dari Steam, program ini akan mencari download server yang terdekat dengan lokasi anda. Namun, terkadang Steam tidak memilih server dengan tepat dengan lokasi anda. Jika kebetulan saat traffic sedang tinggi karena ada event Big Sale game, atau hari perilisan game, anda juga bisa men-download lebih cepat dengan memilih server yang tidak terlalu padat. Caranya, buka Setting pada Steam Menu, klik pada Downloads tab dan pilih lokasi download server terdekat di bagian Download Region. Anda juga harus memastikan pengaturan bandwidth tidak diset limited.

b

Nah, sekian tips untuk Steam dari kami, semoga berguna bagi PemmzHolics pengguna Steam. Punya trik lain? Sampaikan pada kolom comment dibawah ini ya….

Follow us @pemmzfacebook, slideshare

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply