OS Android yang open-source mengijinkan penggunanya untuk mengubah keyboard bawaan dengan aplikasi keyboard yang banyak tersedia, sesuai dengan kesukaan dan fungsi yang dibutuhkan pengguna. Tidak seperti OS lainnya seperti iOS ataupun Windows, yang tidak memungkinkan kita untuk menginstall custom keyboard pada perangkatnya.

Hal ini menjadikan semakin beragamnya developer aplikasi keyboard yang berlomba-lomba untuk menghasilkan fitur-fitur yang menarik, seperti gesture-typing yang kini justru telah dimiliki oleh keyboard Android secara resmi, setelah sebelumnya sukses pada aplikasi keyboard third-party.

Meng-install third-party keyboard sangatlah mudah, anda bisa mendownload nya dari Google Play dan jalankan aplikasi tersebut, dan biasanya akan langsung menampilkan petunjuk cara mengaktifkan keyboard third-party.  Berikut ini adalah 5 keyboard third-party favorit (5 Alternatif Keyboard Android) yang mungkin bisa anda pilih sesuai kebutuhan..

<

Google keyboard

Ini adalah keyboard resmi Android yang tersedia di Google Play, keyboard ini biasanya menjadi default keyboard pada perangkat Google Nexus. Karena biasanya device Android memiliki keyboard bawaan dari brand pabrikannnya , maka anda bisa menginstall Google Keyboard ini untuk mendapatkan beberapa fitur seperti gesture typing, prediction, dan voice recognition. Keyboard ini sangat cocok bagi anda yang menyukai simplicity.

google-keyboard-gesture-typing

 

SwiftKey

SwiftKey menyebutkan aplikasi nya sendiri sebagai pembaca pikiran pengguna, karena SwiftKey memiliki engine predicition -nya, yang semakin bekerja dengan baik apabila Anda semakin sering menggunakannya. Walaupun aplikasi ini berbayar seharga sekitar $5, anda tetap bisa mencoba versi trial nya selama 1 bulan gratis. Walaupun harganya termasuk mahal, tapi ternyata banyak yang meminati keyboard ini.

Selain fitur word prediction, terdapat juga fitur auto-correction, sehingga anda bisa terus mengetik secepat mungkin dan SwiftKey akan membenarkan kata yang dianggap salah secara otomatis. Wow..fitur ini sangat memudahkan sekali tentunya! SwiftKey juga kali ini telah menyertakan fitur gesture typing yang dinamakan SwiftKey Flow, sehingga anda bisa mengetik dengan menggeser-geser jari diatas keyboard saja, tanpa takut salah dan semakin fleksibel.

Bagi anda yang bosan dengan design theme yang monoton juga bisa mengganti theme pada keyboard SwiftKey anda sesuka hati. Pemmz sendiri sangat merekomendasikan SwiftKey karena keakuratannya yang memudahkan kita dalam pengetikkan di gadget layar sentuh. ✔

SwiftKey-Flow-Through-Space-banner

Swype

Swype adalah aplikasi terlama yang mendesign teknologi gesture typing, yang kemudian banyak dicontek oleh aplikasi keyboard lainnya. Namun fitur ini tampaknya lebih berkembang dan lebih akurat daripada para kompetitornya. Jika hobby anda adalah mengetik dengan fitur gesture-typing maka Swype adalah pilihan tepat.

Swype juga tidak termasuk aplikasi gratis, PemmzHolics harus membeli aplikasi ini seharga $1 USD, namun anda tetap bisa mendownload gratis versi trial selama 1 bulan.

swype-100621

 

GO Keyboard

Salah satu aplikasi keyboard populer ini menghadirkan interface yang unik, penuh dengan berbagai option diatas keyboardnya. Dari interface keyboard nya ini PemmzHolics dapat langsung mengakses GO Market dimana anda dapat menginstall extension seperti Emoji, themes baru, dan kumpulan emoticon untuk dapat diakses dalam GO Keyboard secara langsung.

GO keyboard memiliki engine nya sendiri untuk fitur predictive text dan juga mendukung slide-typing. Jika anda kreatif anda bisa mendownload ratusan theme yang anda suka lalu mengedit temanya kembali sesuai kebutuhan. Minusnya jika anda terlalu banyak menambahkan extension/themes pada GO keyboard, maka performanya seringkali agak berat, sehingga memperlambat kinerja device anda. Namun aplikasi super customizable ini bisa anda unduh secara Free (beberapa extensions/themes nya berbayar).

gokeyboard-100056835-large

Minuum

Aplikasi third party keyboard yang satu ini masih dalam tahap beta. Keyboard yang satu ini sangat unik dan menarik, karena bentuknya yang berbeda, sehingga PemmzHolics dapat merasakan pengalaman baru mengetik di keyboard Android. Minuum menyatukan 3 baris pada keyboard konvensional kedalam 1 baris, sehingga anda bisa mendapatkan space lebih untuk tampilan display pada device anda.

Dengan Minuum tiap huruf memang menjadi lebih kecil dan lebih susah diakses, tapi Minuum juga menyertakan fitur smart autocorrection yang akan memperbaiki kesalahan penulisan kata anda, jadi anda tidak perlu menekan tombol secara tepat. Sayangnya, autocorrection hanya tersedia dalam bahasa English. Lagi-lagi minusnya adalah Anda harus membeli aplikasi ini seharga $4 USD, dan tidak tersedia versi trial free.

minuum-android-keyboard

 

Keyboard adalah salah satu bagian pada OS Android yang bisa anda custom melalui program-program yang tersedia pada Google Play. Tentunya masih banyak third party keyboard yang menarik, silakan sampaikan keyboard Android rekomendasi PemmzHolics di kolom komentar dibawah jika anda memiliki pilihan lain…

Follow us @pemmzfacebook, slideshare

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply