Tips berikut ini kami sajikan agar anda dapat selalu waspada akan pencurian ponsel yang mudah sekali terjadi di sekitar kita. Selain mengingatkan Anda agar selalu memperhatikan dimana posisi smartphone anda, kami juga ingin memberitahukan tips backup sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut ini adalah cara-cara yang bisa anda lakukan agar anda tidak terlalu trauma dan stress jika data-data pada smartphone anda ikut hilang.

<

Ok, ini dia beberapa langkah Mengamankan Smartphone Android anda dari pencurian.

1. Mengunci layar smartphone

Mengaktifkan Lock Screen kode pada Android security setting memang sangat tidak praktis, karena setiap anda ingin mengakses ponsel, anda harus memasukkan password atau memasukkan pattern password (jika anda menguncinya dengan fitur pattern lock). Namun itu adalah hal ter-simple yang bisa anda lakukan untuk mencegah orang lain dapat mengakses ponsel anda dan mengetahui segala informasi personal anda.

2. Lock Screen Message

Anda bisa membuat pesan agar bisa muncul pada posisi layar terkunci di Android. Caranya, buka di menu setting, pilih Security Categorym dan pilih Owner Info Option.

Disini anda bisa memasukkan informasi dan pesan anda, jadi jika suatu hari smartphone Android anda hilang dan ditemukan oleh orang yang mungkin baik hati dan berniat mengembalikan, mereka bisa tahu kemana tempat / informasi sang pemilik. Anda bisa saja memasukkan pesan tambahan, seperti “Jika ponsel ini hilang, Mohon kembalikan ponsel ini ke alamat berikut dan saya akan memberikan imbalan bagi anda.” Dengan pesan seperti itu mungkin saja bisa membuat si pencuri berubah pikiran, dan mengembalikannya kepada anda.

3. Encrypt data bisnis penting

Tidak semua orang perlu untuk meng-enkripsi data dari smartphone Android mereka, karena justru hal ini agak ‘ribet’. Namun jika anda memiliki data-data penting dan sensitif untuk bisnis atau perusahaan anda seperti data keuangan yang tersimpan di smartphone anda, pasti anda tidak ingin data tersebut jatuh ke tangan yang salah kan? Maka dari itu anda perlu melakukan “encrypt smartphone” anda. Seorang pencuri tidak akan bisa me-recover data anda, jika anda telah meng-enkripsi nya karena mereka akan bersusah payah menebak-nebak PIN atau kode enkripsi anda. Lagipula, kebanyakan pencuri tidak terlalu peduli dengan data smartphone tersebut dan langsung ingin menjualnya saja ‘kan..

4. Aktifkan Backup Otomatis

Pastikan data anda selalu ter-backup secara otomatis, karena bagaimanapun data seperti foto, contact, dan dokumen tidak bisa kembali dan tergantikan jika sudah hilang. Android biasanya sudah secara default melakukan sinkronisasi data contact dan calendar di smartphone anda. Sedangkan untuk file photo anda, anda bisa memback-up nya secara otomatis dengan menginstall aplikasi seperti Google+ atau Dropbox, dan nyalakan setting otomatis sync/instant upload, sehingga setiap foto baru di android anda selalu ter-sinkronisasi dan dapat diakses dimana saja.

5. Aktifkan aplikasi Phone Tracking

Walaupun secara default Google belum menyertakan aplikasi pencarian smartphone- nya, kita bisa menginstall program third-party untuk mencari dan menemukan lokasi dari smartphone yang hilang. Bahkan ada juga aplikasi agar kita bisa men-track dan menkontrol smartphone walaupun smartphone tersebut sudah hilang terlebih dahulu. Tidak percaya? Coba gunakan aplikasi bernama Plan B dari LookOut, anda bisa menginstall-nya secara remote jika smartphone anda hilang. Sayangnya aplikasi ini hanya mendukung Android versi lama, dan tidak berlaku bagi Android diatas versi 4.0.

Namun masih banyak aplikasi lain yang bisa anda pilih, termasuk aplikasi yang mengharuskan kita berlangganan setiap bulan, seperti Avast! Free Mobile Security. Aplikasi ini gratis dan mendukung program anti-theft(pencurian) dengan sangat baik, karena anda bisa mengetahui lokasi smartphone anda, menguncinya, atau me-wipe data di smartphone anda secara remote. Avast! Juga menyediakan website dimana anda bisa login dan melihat informasi dan lokasi smartphone anda berada, kemudian anda bisa mengirimkan message, mengaktifkan sirine, dan me-wipe data-data smartphone anda.

Nah, sebaiknya segeralah install dan nyalakan aplikasi security penting diatas untuk tetap menjaga smartphone android anda selalu aman, dan terorganisir. Karena pencurian atau kehilangan smartphone bisa terjadi kapan saja, jadi waspadalah…PemmzHolic!

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply