Windows 7 atau 8 yang terinstall di computer anda sebenarnya sudah terbilang canggih dan memiliki segala hal dan utilitas system yang anda butuhkan. Variasi utilitas dan fitur berguna bahkan sudah tersedia lebih banyak di Windows 8 daripada pada Windows 7, dan semuanya bisa anda gunakan secara maksimal tanpa perlu menginstall utilitas system tambahan/third party lagi. Apa sajakah tools tersebut?
<

1. Antivirus

Windows Defender adalah program antivirus yang sudah dimiliki Windows 8, dengan program ini seluruh pengguna Windows sudah otomatis memiliki program antivirus di komputernya tanpa harus menginstall atau membeli program antvirus tambahan, karena Windows Defender sendiri sudah menjamin keamanan komputer anda. Sebenarnya Windows Defender adalah nama baru dari Microsoft Security Essentials yang ada di Windows 7.

2. Firewall

Perlu anda ketahui bahwa third-party Firewall sangatlah tidak dibutuhkan, karena firewall bawaa Windows sendiri juga memiliki tugas yang sama dengan program third-party. Firewall ini bertugas untuk mem-blok aktifitas yang hadir tanpa diminta, dan mem-blok akses ke layanan jaringan yang sensitif, seperti sharing file dalam jaringan Wi-Fi public.

3. Security Suite

Sebagai tambahan untuk fitur antivirus dan firewall, Internet Security Suite juga menambahkan anti-phising, cookie-deletion, dan fitur keamanan lainnya. Sebenarnya fitur tersebut tidak terlalu penting karena browser anda sendiri sudah memiliki perlindungan terhadap phising dan bisa otomatis menghapus cookies ketika anda menutupnya, jika anda menyalakan setting tersebut tentunya. Jadi anda tidak perlu lagi menginstall Security Suite tambahan yang hanya akan memberatkan dan mengotori system anda. Terlebih lagi pada Windows 8, yang memiliki fitur security tambahan bernama SmartScreen yang mampu mem-filter semua aplikasi sebelum aplikasi dijalankan.

4. Partition Manager

Mempartisi hard drives memang masuk ke dalam hal pertama yang dibutuhkan saat instalasi awal komputer, dan Windows pun sudah memiliki fitur partisi basic yang mudah digunakan. Cukup jalankan program Disk Management dan anda bisa memperkecil atau memperbesar partisi, membuat partisi baru, dan mem-format partisi. Program ini sudah terbilang memiliki fitur yang lengkap untuk melakukan partisi drive, walaupun untuk fitur yang lebih advance bisa kita temukan di program partisi third-party.

5. ISO dan IMG File Mounting

Masih banyak orang yang ingin mengakses file ISO atau IMG menjadi virtual disc dengan menginstall software third-party. Perlu diketahui, Windows 8 File Explorer kali ini sudah menambahkan disc-image-mounting fitur terintegrasi. Namun sayangnya jika anda ingin mengakses file Disc Image dalam format selain ISO dan IMG, dan juga bagi pengguna Windows 7, masih harus tetap menginstal software tambahannya.

6. Disc Burning

Windows juga mempunyai fitur burning data ke disc yang terintegrasi, selain itu juga bisa menghapus data pada rewriteable disc, dan bahkan burning file image ISO langsung ke dalam disc sejak Windows 7. Jika anda ingin mem-burn data audio CD, anda bisa juga langsung menjalankannya dari Windows Media Player.

7. Aplikasi PC Cleaning

Kebanyakan aplikasi cleaning PC adalah scam atau penipuan, apalagi bagi orang yang sampai membeli sebuah program dengan iming-iming komputer akan bersih dan menjadi seperti baru. Jika anda ingin menghapus temporary file dan ingin membersihkan storage dari file-file yang tidak penting lagi, anda bisa menggunakan aplikasi gratis bawaan Windows yaitu Disk Cleanup tool. Namun ada juga rekomendasi third-party app yang bisa anda download yaitu CCleaner yang merupakan free app.

8. Startup Manager

Istimewa pada Windows 8 karena startup manager-nya kini bisa langsung anda akses dari Windows Task Manager. Program ini berfungsi agar pengguna dapat meng-kontrol aplikasi apa yang akan otomatis berjalan saat komputer dinyalakan. Sedangkan pada Windows versi sebelumnya pengguna harus membuka setup ini pada tool MSConfig yang tersembunyi.

9. Multiple Monitor

Windows 8 memiliki setting untuk dapat menampilkan/memperpanjang tampilan taskbar desktop anda ke berbagai multiple monitor yang terhubung. Fitur ini pada versi Windows sebelumnya, harus diaktifkan menggunakan aplikasi tambahan.

10. Meng-Copy File

Sebuah program bernama TeraCopy merupakan program yang cukup popular untuk proses copy data di Windows, karena memiliki fitur ‘pause copy’ . Jika anda sudah menggunakan Windows 8, anda juga bisa mendapatkan fitur ini yang sudah terdapat pada File Explorer, dan memberikan pengguna kemudahan dalam mengkontrol copy atau move data.

11. Advanced Task Manager

Jika pada Windows sebelumnya anda bisa meng-install program Process Explorer sebagai pengganti Windows Task Manager, karena mampu menunjukkan banyak informasi sampai ke tree view dari proses yang sedang dijalankan. Kini di Windows 8, memiliki Task Manager terbaru yang lebih informative dan memberikan tampilan lengkap dari process aplikasi yang sedang berjalan.

12. System Information Utilities

Windows menyertakan berbagai variasi dari System Information Utilies. Program System Information ini menunjukkan informasi tentang hardware didalam system komputer anda, sedangkan Resource Monitor menampilkan informasi tentang resource yang terpakai di komputer anda, anda bisa melihat total resource yang digunakan dan aplikasi-aplikasi apa saja yang saling berhubungan, dan aplikasi mana saja yang paling banyak menggunakan disk, untuk melihat aplikasi apa sajakah yang paling banyak menggunakan resource disk.

13. PDF Viewer

Windows 8 juga menyediakan PDF Viewer, sehingga kita dapat langsung membuka file PDF tanpa harus meng-install program seperti Adobe Reader. Sayangnya PDF Windows Reader ini hanyalah Modern App yang tidak terlalu terintegrasi dengan baik di desktop. Namun anda juga masih bisa membuka file PDF dengan browser Google Chrome atau Mozilla Firefox, dimana anda dapat menjadikan browser anda sebagai aplikasi default pembuka file PDF.

14. Virtual Machines

Windows 8 memiliki fitur Hyper-V, yang mengijinkan pengguna untuk membuat dan menggunakan virtual machine tanpa harus menginstall third-party virtual machine seperti VirtualBox atau VMWare.

15. Backup Tools

Jika anda termasuk orang yang tidak terlalu mementingkan proses backup file, fitur backup bawaan Windows sudah cukup untuk menjaga file-file berharga anda. Jika Windows 7 juga memiliki fitur Backup dan Restore, Windows 8 menambahkan fitur File History. Tool ini berfungsi untuk memudahkan anda untuk memback-up file local tanpa harus repot menginstall ulang atau tanpa perlu membeli license program third-party. Pada Windows 7 ataupun 8, anda bisa menggunakan Backup Tools untuk membuat image file dari seluruh OS anda, yang suatu hari bisa di-restore jika dibutuhkan.

Walaupun masih banyak utilitas software yang terpaksa harus anda download dari third-party, namun setidaknya di Windows versi terbaru ini sudah sedikit demi sedikit memudahkan penggunanya beraktifitas di computer Windows. Semoga artikel ini berguna bagi PemmzHolics dan tambahkan saran dan masukan anda di kolom Comment dibawah ini ya.

Follow us @pemmz, facebook, slideshare

Leave a Reply