photo-2-540x493

Mengingat sudah semakin banyaknya pengguna perangkat Android saat ini, baik itu smartphone maupun tablet, pasti anda ingin tahu nilai benchmark perangkat anda dibandingkan dengan perangkat Android lainnya. Karena nilai benchmark biasanya menjadi patokan seberapa canggih perangkat Android, dan seberapa hebat performa dari hardware yang dimilikinya. Berikut ini kami pilihkan 5 aplikasi benchmark smartphone android paling populer dan gratis tentunya, yang dapat mengetes dan memberikan score atas perangkat Android anda.

<

1. Quadrant

image

Quadrant terkenal sebagai aplikasi yang sangat bagus, dimana Quadrant bisa mengetes performa hardware perangkat android anda, mulai dari CPU, memory, dan I/O performance. Quadrant versi gratis adalah versi standard yang memiliki bar iklan namun tidak memiliki fitur custom benchmark. Apps ini juga mampu mem-benchmark performa grafik 2D dan 3D dengan baik. Hanya dalam beberapa menit saja, test performa selesai dan langsung menampilkan score device anda dalam graph komparasi dengan beberapa perangkat Android populer lainnya.

image210quadrantt

2. Antutu

Salah satu benchmark tool yang juga memiliki banyak fitur berguna. Apps ini juga menguji coba beragam hardware pada smartphone atau tablet anda. Antutu free ini tidak mengurangi fitur custom test benchmark seperti pada Quadrant Free. Hasil Score juga hadir dengan ranking antar perangkat android populer lainnya. Jika anda ingin menggunakan benchmark all-in-one, maka Quadrant dan Antutu lah yang bisa diandalkan dan memiliki fitur penuh.

a6789

image234214 imaasdage213

3. GLBenchmark

glbenchmark56

Keistimewaan dari GLBenchmark adalah apps ini sudah support OpenGL ES 2.x., GLBenchmark cocok bagi Anda yang hanya ingin menguji coba 3D performance dari perangkat Android anda. Apps ini menyertakan 33 buah test berbeda sehingga dapat memastikan score yang didapatkan pada hasil benchmark android. Test GLBenchmark ini membutuhkan waktu lebih dari 15 menit, namun anda dapat memilih untuk mengurangi jumlah test untuk mempersingkat waktu test. Score yang dihasilkan dari setiap test GLBenchmark adalah score FPS yang dapat diperoleh dari perangkat yang anda lakukan benchmark.

adagl

glb

4. CPU Benchmark

image218

Bagi anda yang tidak mau repot dengan score benchmark semua hardware perangkat Android anda, dan hanya mementingkan score CPU, gunakanlah CPU Benchmark. Apps ini sangat berguna bagi anda yang meng-overclock CPU Android, apps ini akan menunjukkan seberapa besar tambahan performa yang dihasilkan setelah CPU di-overclock.

cpubenchd

5. Rightware BrowserMark

11 - 1

Score browser sebuah perangkat Android juga menjadi patokan seberapa hebat browser anda. Mudahnya apps BrowserMark ini tidak perlu anda install ke android, melainkan anda hanya tinggal membuka website-nya saja dari browser android anda. Apps ini akan menguji seberapa tinggi performa browser android anda,dimana pada resultnya juga akan menampilkan score browser perangkat android populer lainnya.

bmark-s1

Test performa browser android anda di http://browsermark.rightware.com/ , website ini secara khusus di design untuk mobile browser, namun anda juga bisa menjalankannya di PC anda, dan hasil akhir score-nya sudah pasti sangat tinggi melebihi score-score browser perangkat android.

Score yang dihasilkan pada apps browser berbeda tentu akan menghasilkan score yang berbeda pula, oleh karena itu jika anda ingin menguji untuk perbandingan pada 2 perangkat berbeda, gunakanlah browser yang sama.

brwmrk

Semoga informasi ini berguna bagi PemmzHolics yang ingin menilai benchmark score dari perangkat android anda, jika anda memiliki pilihan lain dalam melakukan test performa Android, silahkan sampaikan pendapat anda pada kolom komentar dibawah ini yah, agar dapat saling sharing dengan kami dan pembaca lainnya. 😉

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply