Beberapa waktu lalu kami pernah mengabarkan akan dirilisnya produk ini yang memang kami prediksikan menyasar para professional artis termasuk Graphic desaigner. Seperti yang kita ketahui bersama, Nvidia Quadro memang didesign untuk bekerja maksimal pada program-program desaigner. Seberapa besar perbedaan performa Quadro M di banding Nvidia GTX series? Mari kita lihat dalam review kali ini.

<

Overview

Di Indonesia khususnya, menjadi artis atau para pekerja seni sudah mulai banyak diminati. Artis disini lebih kepada mereka yang bekerja di belakang layar. Untuk mendukung proses kerja mereka, kita semua tahu, dibutuhkan komputer workstation yang mumpuni. Masyarakat Indonesia sendiri masih banyak yang “terpaksa” melakukan semua aktifitas editing di satu tempat, karena desktop komputer memang tidak lumrah di bawa bekerja mobile. MSI dan beberapa vendor notebook lain melihat peluang tersebut, mengandalkan Nvidia Quadro Mobile yang memang di design untuk pekerjaan “rendering grafis”, lahirlah beberapa pilihan Notebook Workstation yang mampu memfasilitasi kebutuhan kerja para artis tersebut terutama saat mobilitas semakin tinggi. Kali ini, salah satu Workstation Notebook itu Pemmz hadirkan untuk Pemmz Holics Semua, – MSI GT60-ONG

Spesifikasi

Spesifikasi dan beberapa SS perform score
Spesifikasi dan beberapa SS perform score.

Quadro Family

Sedikit berbeda dari preview yang kami turunkan di berita sebelumnya, GT60-ONG yang kami terima membawa spesifikasi yang sedikit berbeda terutama di OS dan total RAM. Berikut spesifikasi lengkap unit yang ada di Lab Hardware RnD Pemmz :

  • Core i7-3630QM (2.4-3.4 GHz)
  • Windows 7 Profesional 64-Bit
  • 15.6″ Full HD 95% NTSC Non Reflection 1920×1080 (16:9)
  • NVIDIA Quadro K2000M graphics
  • 750 GB (7200 RPM) + Super Raid SSD (2x Sandisk SSD U100 128GB)
  • 16GB (4GB x 4) DDR3 (1600MHz)
  • Blu-ray Burner
  • Killer Game Networking 10/100/1000
  • Jackson Peak 2×2 Wi-Fi (802.11 b/g/n)
  • Card Reader: SD/SDHC/SDXC/XD/MSPRO/MS/MMC (support SD 3.0)
  • USB 3.0 x 3, USB 2.0 x 1
  • HDMI 1.4
  • Speakers x 2 + Subwoofer x 1
  • 9-Cell Battery
  • Keyboard with Customable Backlit (102 keys)
  • Multi-touch Touchpad
  • 14.97 x 10.24 x 1.77 inches
  • Weight 3.5KG (7.7 lbs)

Design

GT60-ONG Preview

Design dan material casing GT60-ONG sama persis dengan GT60 seri yang lain, termasuk penempatan port dan touch sensitive shortcut di panel sebelah atas. Bagian panel LCD dan Upper case di dominasi logam aluminum sedang apda bagian bawah menggunakan plastik. Dua buah speaker mengapit deretan touch sensitive shortcut dengan tombol power menjadi penengah, sedangkan sub-woofer terdapat di bagian bawah. Keyboard buatan Steelseries memang dioptimalkan untuk kegiatan gaming, masalahnya, Nvidia Quadro pada GT60-ONG lah yang tidak dioptimalkan untuk gaming. Namun dengan warna backlit yang bisa dicustom, hal ini jadi nilai plus tersendiri apalagi bagi anda yang sering mendesign sebuah object hingga larut malam.

Fitur

Fitur unggulan pada GT60
Fitur unggulan pada GT60
  • P1

Fitur ini mengizinkan seorang user untuk membuat sebuah shortcut dari program yang paling sering digunakan. Misalnya Photoshop, dengan menseting tombol ini ke folder program file photoshop, sekali tekan, photoshop akan langsung terbuka.

  • Full Speed Fan Switch

Dari namanya, anda sudah bisa menebak fungsinya, ya, dengan menekan tombol ini, seluruh kipas dalam GT60-ONG akan berkerja pada putaran 100% guna lebih cepat mendisipasi panas pada komponen.

  • Full Custom Backlit Keyboard
Beberapa mode yang bisa di set.
Beberapa mode yang bisa di set.

Port & Konektifitas

Panel kiri
Panel kiri
Panal kanan
Panal kanan
Panel belakang
Panel belakang

Performa

Quadro seperti kita ketahui, agak sulit mengukur performanya menggunakan software benchmark synthetic yang sudah ada seperti 3DMark bahkan real gaming. Seperti yang bisa anda lihat pada uji synthetic benchmark di atas, jika di cari persamaan, Quadro K2000M ini hanya menang sedikit dari GT650M yang sama-sama datang dari kelas GPU kategori Menengah. Bahkan di beberapa pengujian, K2000M harus mengakui bahwa GT650M lebih perkasa. FYI, K2000M menggunakan basis chip yang sama dengan GT650M yakni Nvidia GK107. Untuk itu, butuh sofware benchmark khusus untuk mencari tahu seberapa besar beda performa VGA yang di khususkan untuk Profesional Artist ini. Namun, hingga batas akhir waktu review, kami tak juga berhasil menemukan software benchmark apa yang tepat untuk memaksa keluar seluruh performa Quadro pada GT60-ONG ini. Termasuk 2 benchmark di bawah ini, keduanya tak bisa membuat Quadro K2000M berkontribusi pada performa.

SPECviewPerf 11 & PassMark 8

Specviewperf n Passmark

Seperti yang Pemmz duga, performa K2000M ini sangat mirip dengan saudara kandungnya GT650M tapi dengan VRAM jenis GDDR3. Namun sekali lagi kami tekankan, Nvidia Quadro memiliki kelebihan di performa OpenGL yang hampir 30% lebih baik dari GT650M walau sama-sama berarsitektur Kepler.

Storage Bench

HDTunes

Untuk urusan yang satu ini, MSI memang tak mau terlihat tanggung-tanggung. Menyadari penggunaan SSD yang mampu memboost performa komputing secara signifikan, GT60-ONG dibekali SSD sebagai media penyimpanan khususnya partisi system. Dan tak hanya satu, MSI mengkonfigurasi dua buah SSD dalam mode RAID-0 guna mendapatkan performa system storage paling maksimal.

Conclusion

Dari uraian review di atas bisa di ambil kesimpulan bahwa walau Nvidia Quadro ini memiliki spesifikasi yang mirip dengan GT650M GDDR3, namun untuk urusan performa OpenGL GPU ini lebih unggul dari saudara kandungnya tersebut. Ditambah lagi pada driver khusus Quadro sudah di design agar lebih stabil saat melakukan apapun tugas computing yang di arahkan pada GPU. Sedikit investigasi, Quadro juga di bangun atas mode Precision 32 yang artinya sama dengan GT650M, hal ini bisa di analogikan, seharusnya Quadro K2000M juga bisa memberikan kontribusi yng baik saat aktifitas gaming. Sayangnya, selama kami menguji MSI GT60-ONG ini, tak sekali pun berhasil memancing keluar performa Quadro saat menjalankan game, Selalu Intel HD4000 yang mengambil alih walau driver terbaru sudah kami install. Bahkan pengujian battery pun gagal yang kemungkinan disebabkan oleh masalah kompatibilitas Software Battery Eat Pro yang biasa kami gunakan dengan driver VGA Quadro ini.

Pros

  • Workstation dengan fitur Gaming
  • Performa Storage maksimal
  • Multigesture Touchpad

Cons

  • Kualitas Speaker cenderung trebel

Fair

  • Penggunaan Quadro meminimalisasikan Gaming experience.

Note : Mengkoreksi artikel review sebelumnya, kami tulis pada bagian “Cons” bahwa Touchpad GT60-ONG tak memiliki fitur Multigesture. Kami infokan bahwa ternyata Touchpad GT60-ONG support multigesture.

promo Aorus X7 DT GTX 10

6 COMMENTS

Leave a Reply