Saat ini tingkat ketergantungan pada sumber daya listrik sudah sangat tinggi. Semua alat pendukung kerja sudah di konversi menggunakan bahan bakar listrik, elektronik appliance khususnya. Dan sudah pasti semua peralatan pendukung kerja seperti Handphone, Tablet maupun komputer portable seperti notebook membutuhkan battery. Dan untuk tetap aktif, battery tetap harus terisi.

Permasalahan timbul saat aktifitas yang menuntut kita lebih banyak berada di “on-site” ketimbang di kantor. Sebagus dan sebesar apapun kapasitas battery gadget kita, pasti butuh asupan daya extra. Terutama untuk gadget atau notebook dengan spesifikasi hardware 2 hingga 3 tahun lalu, dimana komponen yang terpasang belum mengadopsi teknology power saving sebaik komponen masa kini. Untuk memberi solusi hal tersebut, berbagai cara di tempuh termasuk mengaplikasikan Solar Pael sebagai media alternatif pengisi ulang battery. Nah, salah satu produk yang mengaplikasikan Solar Panel tersebut adalah yang akan Pemmz review kali ini.

<

Voltaic Array Solar Backpack

Voltaic adalah sebuah perusahaan asal kota New York yang menspesialisikan diri mengembangkan Solar Panel untuk di integrasikan pada produk tas / backpack, termasuk accesories pendukungnya seperti Power Bank termasuk adapter-adapternya. Kelebihan dari Solar Panel yang di produksi Voltaic sendiri adalah lapisan luar solar panel yang terbuat dari bahan hard glass, sehingga cocok bagi anda pelaku kegiatan extrim sekalipun, pendaki gunung misalnya.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Voltaic Array Solar Backpack sendiri merupakan sebuah backpack berukuran sedang yang bagian luarnya sudah di lekatkan sebuah solar panel. Total terdapat 3 buah solar panel berukuran kecil (11 x 20.8 cm) yang menempel pada Voltaic Array Solar Backpack. Keterangan pada charging Tip menyebutkan, Solar Panel ini mampu memberi tegangan charging maksimal 18 V dengan syarat, Solar Panel benar-benar mendapat asupan sinar matahari langsung. Sayangnya, Proses pengujian charging dengan cara menjemur langsung tas ini di bawah sinar matahari hanya mendapatkan tegangan maksimal 11 V. Padahal, switch sudah kami pindah ke mode 18 V. Mungkin, menjemurnya di atas gedung yang lebih tinggi akan berpengaruh pada kemampuan Solar Panel memproduksi tegangan.

Tambahan info lagi, Solar Panel akan berhenti melakukan proses charging jika intensitas suply UV menurun atau jika di ukur dengan Multitester, proses charging akan berhenti saat tegangan dari Solar Panel di bawah 6V.

Design & Build Quality

Design1

Voltaic memberikan total 3 Bag Area untuk tipe ini. Bag Area pertama sepertinya di khususkan sebagai tempat notebook. Adapun ukuran notebook yang bisa di tampung tas ini sepertinya maksimal 15.6″. Namun, kami mencoba memasukkan Xenom NP6370 yang berlayar 17″ ternyata masih muat. FYI, Xenom NP6370 memiliki ketebalan maksimal hanya 1.75 inci. Untuk anda yang notebooknya lebih tebal dari itu, sebenarnya bisa manfaatkan bag area ke-2 yang secara kapasitas lebih lebar dari bag area pertama. Sayangnya, tak ada pengaman seperti notebook holder. Area ke-2 sebenarnya di peruntukkan sebagai penyimpan berkas dan accessories. Dalam area ini terdapat satu mesh pocket besar dengan tambahan zipper yang cukup besar untuk ukuran map dan dua mesh pocket kecil.

Pada bagian atas terdapat pocket kecil yang bisa diakses langsung dari bagian atas. Pocket ini sangat berguna untuk menyimpan segala sesuatu yang sering keluar masuk tas seperti dompet, kunci kendaraan, bahkan handphone. Di kedua sisi terdapat masing-masing satu buah side pocket yang ukurannya cukup besar (kedalaman sekitar 15cm), cukup untuk menempatkan sebuah tumbler air minum.

Bag paling depan dengan Solar Panel bisa di pisahkan dari body tas utama.
Bag paling depan dengan Solar Panel bisa di pisahkan dari body tas utama.

Untuk bagian paling depan, dimana Solar Panel menempel, bisa anda pisahkan dari body utama tas. Dan bagi anda yang hanya mengandalkan netbook ataupun notebook berLCD 12″, bisa menggunakan hanya bagian terluar ini. Karena di dalamnya hanya cukup untuk menampung netbook atau notebook kecil.

Area dalam bag paling depan
Area dalam bag paling depan

Bagian ini merupakan yang paling banyak dilengkapi extra pocket, baik model sleve hingga mesh pocket berzipper. Total terdapat 4 buah pocket (2 buah sleve pocket, dan 2 buah mesh pocket). Secara default, semua peralatan pendukung charging di tempatkan di bagian ini. Termasuk power bank, adaptor dan extra power-tipnya. Persis di belakang Solar Panel terdapat charging kit mulai dari voltage input selector, juga sebuah power tip yang akan langsung mengaliri tegangan saat solar panel mendapat sinar matahari.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Kita kebagian belakang, Pemmzholics bisa lihat strap yang jahitannya di buat bermotif. Sayangnya, lapisan busa terbilang tipis dan keras (tidak lentur). Hal ini membuat bagian bahu kurang nyaman dan terasa lebih tertekan saat membawa muatan berat dalam tas. Tambahan tekstur berbusa pada area punggung juga kurang menolong, sebab sama kerasnya dengan yang ada pada strap. Untungnya, lapisan luar di buat berlubang (mesh hole) sehingga punggung pengguna tetap mendapat aliran udara guna meminimalisasi pengendapan keringat. Layaknya backpack menengah atas lain, Voltaic juga membuat pengikat bagian depan bisa naik turun untuk menyesuaikan dimana posisi paling nyaman bagi pengguna.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Secara keseluruhan, kualitas Bahan yang di gunakan pada backpack Voltaic Array ini kurang ekslusif. Terutama bagi anda yang terbiasa dengan Targus ataupun tas-tas merk ternama lain. Namun untuk kualitas jahitan maupun zippernya, Pemmz anggap cukup berkualitas.

The Battery

Power Bank 16000mAH, kuat membackup laptop hingga 1 jam lebih
Power Bank 16000mAH, kuat membackup laptop hingga 1 jam lebih

Sebagai media penyimpan daya, Voltaic memberikan sebuah Batery berkapasitas 16000mAH dalam paket penjualan Voltaic Array Solar Backpack. Melalui test manual yang kami lakukan, battery backup ini mampu mensuplay daya tambahan selama 1 jam 20 menit. Terdapat indikator battery yang menunjukan sisa kapasitas secara real time. Sayangnya, jarak tiap tiap led saat menunjukan kapasitas battery kurang akurat dan realibel. Saat pengujian dengan penggunaan daya dari battery backup, Indikator battery sudah mati saat menit ke 47, Namun masih bisa charging hingga benar-benar berhenti charging pada menit ke 80. Yang artinya, persentase pada led terakhir mewakili kemampuan batery sebesar 47% lebih. How Come…?

Menggunakan notebook yang mengkonsumsi daya rata-rata 35W
Menggunakan notebook yang mengkonsumsi daya rata-rata 35W

Pengujian selama 80 menit tersebut tentu saja menambah kapasitas battery notebook. FYI, kami mulai menguji battery backup saat battery notebook tersisa 31%, dan saat daya pada battery backup benar-benar habis (di menit 80) kapasitas battery notebook terisi sebesar 96%. Tambahan info juga, test bad yang kami gunakan selama 80 menit tersebut menyedot daya rata-rata 35W.

Perlengkapan Charging
Perlengkapan Charging

Dalam paket penjualan juga di sertakan berbagai model tip untuk berbagai jenis type notebook. Terdapat total 10 jenis tip yang bisa di manfaatkan untuk berbagai jenis jack adaptop. Selain untuk charging notebook, pihak Voltaic Array juga memberikan tip untuk smartphone, tersedia mini USB, micro USB, nokia mini, dan jack standar. Yang unik, Voltaic juga menambahkan sebuah car charger adapter yang bisa di gunakan oleh pemilik produk-produk Apple untuk di pasangkan dengan Apples’ Airline adapter.

UV Charging

UV Charging Process
UV Charging Process

Proses pengujian untuk UV Charging yang kami lakukan agaknya tidak berjalan mulus. Cuaca akhir-akhir ini yang tak menentu, membuat perhitungan waktu charging tidak bisa terakumulasi dengan baik. Seringnya mendung membuat proses charging berhenti. Mungkin akan sangat membantu jikalau indikator kapasitas battery tampil dalam bentuk digital. Yang artinya, kita bisa menghitung persentasi daya charging walaupun battery tak terisi penuh. Intinya, kami belum bisa memberi perkiraan, waktu charging yang akurat menggunakan media UV.

Pros

  • Lapisan hard glass pada solar panel.
  • Kemampuan battery backup bagus.
  • extra tip, lengkap.
  • Design semi modular.

Cons

  • Indikator kapasitas battery kurang informatif
  • kualitas bahan kurang ekslusif

Fair

  • Bobot kosong membengkak 2,9KG, akibat tambahan battery backup, adaptor dan accesories charging lain.
promo Aorus X7 DT GTX 10

5 COMMENTS

Leave a Reply