Android_Launchers

Salah satu kemudahan kustomisasi yan diberikan oleh sistem operasi Android adalah, anda bisa meng-custom Home Screen-nya dengan berbagai cara, pastinya Anda ingin gadget Android anda lebih berbeda dengan gadget Android teman-teman anda atau anda ingin mementingkan kenyamanan dan kemudahan saat mengakses gadget ber-OS Android.

<

12

Custom Android Launcher, merupakan salah satu cara untuk menggantikan tampilan Home Screen gadget Android anda. Aplikasi third-party Android Launcher ini biasanya mengubah tema HomeScreen, Icon, dan bisa juga anda tetapkan menjadi Interface default. Jika belum lama ini Facebook juga merilis aplikasi Facebook Home, aplikasi itu hanyalah salah satu pilihan Custom Third-App Android Launcher yang bisa banyak anda temukan di Google Play.

Seperti yang anda ketahui bahwa Home Screen adalah layar yang akan muncul ketika anda menekan tombol Home pada ponsel atau tablet Android anda, yang akan menampilkan shortcut aplikasi dan widget yang telah anda simpan dan atur di Home Screen sebelumnya. Nah, jika anda telah menginstal third-app Android, maka aplikasi tersebutlah yang akan menjadi Home Screen baru anda dan menggantikan Home Screen bawaan dari gadget anda.

Apa saja Fitur dari Third-Party Android Launcher?

  • Third-app Launcher bisa menggantikan tampilan Home Screen dan juga App Drawer gadget anda dengan themes bawaan mereka dalam sekejap Winking smile.
  • Biasanya themes yang dibawa third-app launcher ini juga mengubah tampilan icon aplikasi menjadi lebih unik dan berbeda.
  • Menawarkan fitur organization app drawer, sehingga dapat men-sortir aplikasi-aplikasi anda dengan rapi dan bahkan menyediakan berbagai cara sortir.
  • Menambahkan berbagai efek grafis yang muncul saat anda menggeser layar atau saat unlock.
  • Menentukan apa yang akan terjadi jika layar gadget disentuh dengan gestures tertentu.
  • Dan masih banyak lagi fitur lainnya, yang intinya adalah anda bisa meng-custom sendiri tampilan pada gadget anda sesuai cara anda.

categories app drawer

Fitur-fitur diatas adalah fitur-fitur yang bisa anda temui pada kebanyakan third-app Launcher. Berbeda hal-nya pada launcher Facebook Home, dimana Facebook mengutamakan tampilan Home Screen anda menjadi Facebook, bahkan mengorbankan tampilan icon aplikasi dan widget, dan membuat anda selalu terhubung dengan teman-teman Facebook.

Berikut ini preview dari beberapa third-app launcher yang bisa digunakan di Android:

    1.    GO Launcher EX

GO Launcher EX memiliki support themes yang terbanyak, hingga mencapai 5000 themes menjamin kepuasan mata Anda dan terhindar dari rasa bosan mengakses gadget tentunya. Ditambah dengan adanya Go Widget dan berbagai apps dari GO semakin mempercantik Home Screen anda.

2.    Nova Launcher

nova launch

Third app launcher bawaan Nova ini mendukung khusus untuk OS Android 4.0 keatas. Walaupun terlihat mirip dengan launcher default Android, namun Nova Launcher menambakan juga berbagai opsi dan efek, termasuk pengubahan theme dan membuat tab baru untuk mengkategosikan aplikasi-aplikasi pada app drawer.

3.     Holo Launcher

Holo Launcher ini memiliki tampilan dan fungsi yang sama seperti pada Android 4.0, namun Launcher ini bisa anda install pada gadget yang masih menggunakan sistem Android 2.2 atau diatasnya. Holo launcher ini sangat membantu mempercantik Android versi lama anda, menjadi lebih modern.

4.     Launcher 8

launcher 8

Launcher 8 ini menawarkan tampilan layout seperti pada Windows Phone 8, cocok bagi Anda penyuka tampilan Windows Phone 8, namun tetap ingin memilih Android sebagai gadget anda. Walaupun tidak akan terasa senyaman experience pada Windows Phone aslinya, namun masih patut untuk jadi pilihan.

   5.     Facebook Home

facebook home

Facebook Home, salah satu launcher yang justru fungsinya jauh berbeda sebagai pengganti Home Screen. Jika pada third-app launcher lainnya sangat customizeable, dimana kita bisa mengubah tema, menyimpan aplikasi dan widget favorit di Home Screen, maka tidak dengan Facebook Home. Facebook Home menjadikan tampilan depan layar gadget Anda dipenuhi oleh tampilan dari update Facebook teman-teman Anda, dan segala akses ke Facebook yang lebih mudah tanpa harus membuka aplikasi Facebook terlebih dahulu. Namun dengan adanya inovasi Facebook Home ini, pastinya semakin menunjukkan fleksibilitas dari tampilan OS Android, dirumorkan juga bahwa Twitter akan mengikuti jejak Facebook dengan membuat Custom Home Screen Android versi Twitter.

Pada akhirnya, pilihan kembali jatuh ke tangan empunya sang gadget Android, untuk memakai custom launcher atau tidak. Custom Android Launcher hanyalah sebuah pilihan untuk menghilangkan kejenuhan dengan tampilan gadget anda yang begitu-begitu saja. Selain dengan fitur dan fungsionalitas nya yang menarik dan mempermudah akses kita terhadap gadget, tanpa Custom Launcher pun gadget Android anda mampu berjalan dengan baik dan mudah digunakan.

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply