Fitur yang paling memudahkan kita saat browsing internet adalah adanya tab-tab browser, namun browsing dengan menggunakan banyak tab juga menjadi pengkonsumsi terbesar memory (RAM) komputer anda. Semakin banyak tab-nya semakin besar juga resource yang digunakan sebuah browser dan akhirnya akan membuat kinerja browser anda semakin terasa lambat.

<

Namun jika anda tidak dapat lepas dari kebiasaan membuka banyak tab browsing, atau karena pekerjaan anda mengharuskan anda selalu membuka banyak tab browsing (hingga lebih dari 10 tab terbuka), terutama bagi Anda yang menggunakan browser Google Chrome, anda harus mencari dan mencoba beberapa aplikasi penghemat resource memory pada WebStore. Salah satu yang kami pilih adalah extension aplikasi bernama OneTab.

memory browser 4

OneTab merupakan salah satu extension pada Chrome yang sangat berguna, karena dapat me-manage tab-tab yang terbuka pada Chrome secara efisien. Jika anda mengaktifkan OneTab ini, dia akan bekerja dengan cara mengkonversi semua tab anda menjadi sebuah list yang akan terbuka di tab baru dan menutup seluruh tab yang terbuka sebelumnya. Nah, dari list itu anda tinggal memilih kembali mana yang akan kembali dibuka. Mengklik link pada list OneTab tersebut akan kembali membukakan sebuah tab baru. Anda juga dapat menghapus item link, membuka kembali semua tab, import/export URL dari list OneTab, dan juga men-share nya untuk orang lain.

memory browser 5

Cara menggunakan OneTab ini sangat mudah, setelah men-download dan meng-installnya dari Chrome WebStore, anda akan melihat icon OneTab di atas pojok kanan taskbar Chrome anda.

Onetab-icon

Klik pada icon tersebut dan OneTab akan menyimpan semua tab yang terbuka dalam sebuah list pada tab baru. Namun jika anda mengaktifkan “pin tab” makan tab tersebut tidak akan ikut tersimpan dalam list. Bahkan jika anda tidak membuka kembali link pada list, OneTab dapat menyimpan history, sehingga anda bisa mengaksesnya dikemudian hari.

memory browser

Fitur lainnya adalah, anda bisa melakukan export/immport semua URL dalam list OneTab sehingga anda dapat men-share link onetab anda ke orang yang anda inginkan.

memory browser 2

Anda juga dapat men-share list OneTab dalam alamat direct URL, fitur ini juga menyediakan link OneTab anda dalam bentuk QR Code, yang bisa dibuka dengan QR Code reader pada smartphone anda.

memory browser 3

Banyaknya tab yang dibuka pada browser berarti membuat sejumlah script terus berjalan pada background, oleh karena itu me-minimalkan tab-tab dengan OneTab merupakan salah saru cara yang  berpengaruh besar terhadap performa komputer anda dengan mengurangi konsumsi memori dari Chrome.

OneTab merupakan salah satu extension yang patut dicoba, namun jangan juga terlalu banyak menjalankan extension pada browser, karena hal itu juga merupakan salah satu pemakan memori terbesar.

promo Aorus X7 DT GTX 10

1 COMMENT

Leave a Reply