img_2545_large_verge_super_wide

Tak bisa dipungkiri, Mobile Gaming saat ini sudah menjadi kegiatan yang boleh di bilang primer bagi kita yang terbiasa beraktifitas dengan komputer maupun smartphone ataupun tablet. Mobile Gaming memang memilliki berbagai keterbatasan utamanya dari segi tampilan. Kita yang mengandalkan komputer mobile seperti Notebook sekalipun, di paksa untuk menikmati tampilan game dalam kualitas display yang minim. Tapi perkembangan teknologi semakin maju. Notebook beserta komponen di dalamnya sudah mengalami revolusi yang kian hari kian canggih. Ambil contoh, sebuah notebook dengan ukuran LCD 11″ bisa dipasangkan VGA Card sekelas GT650M yang umumnya hanya terdapat pada notebook-notebook berLCD 14″ keatas.

<

Spesifikasi

Harga menentukan performa, Untuk itu, diawal bahasan, Pemmz akan memberikan beberapa clue tentang spesifiaksi yang umumnya anda dapatkan untuk notebook dikisaran harga 6 hingga 8 juta. Sebagai informasi, disini kai akan abaikan apapun merknya. Satu yang pasti, notebook-notebook dalam buyer guide kali ini adalah yang beredar di pasaran Indonesia, khususnya pusat perbelanjaan komputer.

CPU

Rentang harga ini umumnya diisi oleh notebook gaming yang di gawangi Core i3 hingga Core i5. Adapun pabrikan yang membanderol notebook Core i5 mereka di rentang harga ini, biasanya mengorbankan GPU terintegrasi yang notabene jadi sales poin utama jika ingin bersaing sebagai notebook gaming. Ok, apapun pertimbangan pihak pabrikan, Pemmz selaku reseller multibrand notebook punya metode sendiri menilai keputusan mereka dan pengaruhnya terhadap minat beli end-user.

GPU

Dengan beberapa pertimbangan, kami mengeliminasi notebook-notebook yang walaupun di bekali dGPU (discreet Graphic Processing Unit) tapi performanya dibawah Geforce GT640M. Alasan utama, karena performa gaming dGPU seperti GT630M, GT635M ataupun HD7670M belum melewati score playable rata-rata di beberapa game 3D (1280x720p).

XENOM QAL31 OEM Compal CUSTOM

GT650M 6,8 juta. Gimana ga jadi Most Wanted.

Notebook yang satu ini memang di gosipkan banyak menjadi pilihan bagi mereka yang mencari spesifikasi setara Alienware M14X-R2. Dengan design duo-tone yang minimalis, XENOM QAL31 juga bisa di bilang cukup ringan berkat penggunaan material full plastic. Yang unik dan banyak dicari adalah, XENOM QAL31 tidak membawa serta fitur nvidia Optimus yang seringkali di keluhkan membuat performa drop.

Lenovo Ideapad Z480 5932

Berbekal processor core i 3rd Gen terbawah, Z480 ini menjual performa GT640M 2GB dengan banderol termurah.

Notebook buatan Lenovo ini memang di tujukan untuk pengemarnya yang memiliki keterbatasan dana namun ingin mendapatkan performa gaming lumayan. Gabungan Intel Core i5 3210M, RAM 4GB plus GT640M, membuat Z480 yang di banderol tak sapai 7,1 juta ini cukup laku keras di kalangan gamer pemula. Ditambah disain casingnya yang tampil dengan warna aluminum, terkesan kokoh walau sebenarnya material aslinya adalah plastik.

SAGER OEM Xenom NP6165 CUSTOM

Notebook Gaming GT650M 15.6″ dengan 2 slot HDD (RAID Support) terjangkau.

Memang notebook-notebook custom yang di distribusikan Pemmz memiliki kelebihan unik masing-masing. Salah satunya adalah XENOM NP6165 ini. Dengan banderol yang terjangkau yakni 7,1 juta-an, NP6165 menawarkan berbagai fitur Custom yang menggiurkan. Contoh dua buah slot HDD yang mendukung RAID, m-SATA slot, LCD yang bisa di custom ke resolusi FullHD (default LCD resolusi NP6165 adalah HD+). Dan yang banyak di cari, dGPU pada NP6165 walaupun hanya berkapasitas 1GB, namun mengadopsi jenis GDDR5.

MSI CX61-278XID

CX series Yang minimalis dengan GT645M

Spesifikasi yang di bawa CX61-278XID ini terbilang kolaborasi yang pas. Dengan banderol 7,4 juta-an, anda mendapatkan Intel core i5 3rd Gen dan Nvidia Geforce GT645M. dGPU seri ini memang agak jarang ditemukan di pasaran. Namun menurut database, dengan clock yang lebih tinggi, performanya kurang lebih 5-10% (tergantung aplikasi) lebih kencang dari GT640M.

ACER 471G-73618G75MADD

Acer 471G – Processor i7 dengan GT640M 2GB DDR3

Notebook keluaran Acer yang satu ini merupakan penerus Acer seri G yang dulu banyak di cari lantaran menawarkan spesifikasi gaming namun badrol harga yang terjangkau. Masih dengan konsep yang sama, 471G tampil lebih manis dengan duo-tone namun dengan performa Geforce GT640M 2GB. Yang menarik, dengan baderol sekitar 7,7 juta-an, anda berhak atas processor Core i7 3610QM sebagai otak processing Acer 471G.

Xenom OEM Clevo W25AEN CUSTOM

Berbekal core i3 3rd Gen, RAM 8GB dan GT640M, Tawarkan resolusi FullHD dalam LCD 15.6″.

Tawaran dari Xenom ini cukup membuat “galau” pengguna yang fokus pada kualitas tampilan. Bagaimana tidak, dengan banderol 7,8 jta-an anda mendapatkan notebook 15.6″ Full HD dengan performa GT640M. Memang, harga tersebut anda baru mendapatkan core i3 3110, tapi tambahan RAM total 8GB di yakini cukup memboost performa gaming dengan garansi 2 tahun full ini.

ASUS N46VZ-S3097H

Notebook multimedia yang juga mumpuni untuk Gaming

ASUS bisa di bilang rajanya notebook saat ini, khususnya di Indonesia. Hal ini akibat jajaran produknya yang lengkap dan mengisi hampir di tiap segment. Tak tekecuali segment Gaming. Walau kodratnya bukan notebook Gaming, Namun Geforce GT650M pada ASUS N46VZ membuat performan gaming notebook ini terdongkrak. Design nya yang slim juga seringkali menjadi faktor pengguna memilih type ini sebagai mesin gaming portable sekaligus berkerja. Dengan harga 7,8 juta-an, Anda mendapat Intel Core i5 3210M, GT650M 2GB plus windows 8 original.

End Note

Ok Pemmz Holics, sampai sini dulu bagian pertama dari Trilogy : 2013 Notebook Gaming Buyers Guide by Pemmz. Seperti biasa, jika ada yang kurang jelas mari kita diskusikan sama-sama.

See You soon 😉

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply