Kebanyakan orang menggunakan password yang sama untuk login ke puluhan situs yang berbeda, password yang kurang kuat juga sering digunakan, dengan alasan agar mudah mengingatnya.

Sekarang ini anda tidak perlu lagi takut lupa akan password-password anda yang berbeda-beda, karena telah ada software Password Manager, anda bisa membuat password berbeda, kuat, dan unik untuk setiap website, sehingga keamanan akun anda pun terjamin. Solusi yang diberikan oleh Password Manager adalah untuk menyimpan informasi login akun anda pada setiap website yang anda akses dan juga bisa memudahkan anda untuk login kembali ke dalam website tersebut secara otomatis. Hanya satu Master Password yang perlu anda ingat untuk dapat mengakses semua data password yang tersimpan dalam software Password Manager ini, mudah sekali kan?!

<

Mengapa menggunakan password yang sama di banyak akun situs bisa sangat berbahaya?

Jika anda menggunakan password yang sama pada semua akun situs anda, satu saja kebocoran password anda bisa menjadi malapetaka bagi semua akun anda yang lainnya. Bayangkan jika seseorang berhasil mengetahui password anda pada akun situs facebook anda, mereka pasti akan mencoba password anda itu pada akun anda lainnya, jika itu terjadi pada akun PayPal atau e-mail anda, pastinya akan bisa disalahgunakan oleh orang tak bertanggung jawab. Mereka bisa meminta reset password melalui email anda dan mengganti seluruh password pada akun penting anda.

Tidak mau ini terjadi pada anda Pemmz Holics?

Saran kami, jangan gunakan password yang sama di berbagai tempat dan segeralah buat password yang unik untuk setiap website, untuk mencegah kebocoran password anda. Password yang anda buat juga haruslah password yang kuat dan susah ditebak orang lain, mungkin bisa dibuat lebih panjang dan berisikan nomor atau simbol.

Tidak mudah memang untuk membuat atau menghafal password yang unik dan kuat dengan hanya menyimpannya di kepala anda, jika anda adalah seorang internet geek mungkin anda memiliki ratusan account yang sudah terdaftar di berbagai situs, dimana pengguna internet normal rata-rata memiliki 10 account dan password berbeda. Dan disinilah trik Password Manager dibutuhkan, software ini juga bisa membuatkan anda random password yang aman dan kuat selain sebagai software pengingat dan penyimpan password.

lp1

Keuntungan menggunakan Password Manager?

  1. Mem-backup otak anda dalam menghafal username dan password. Lebih baik gunakan otak anda untuk hal yang lebih produktif, daripada berjam-jam dihabiskan untuk mengingat password, email atau username yang tidak sengaja terlupa.
  2. Membantu anda memilihkan untuk men-generate password baru yang kuat secara random.
  3. Terdapat fitur cloud, dimana password bisa diakses dimana saja dan kapan saja.
  4. Tidak akan ada orang lain yang dapat mengakses password anda dengan bebas, tanpa master password.

Meskipun Mozilla Firefox sendiri menawarkan fitur Master Password yang fungsinya mirip dengan password manager dedicated. Namun fitur pada Firefox ini masihlah kurang aman dan kurang ideal, karena tidak memiliki fitur generate random password dan tidak bisanya synchronize antara cross-platform, dimana Firefox ini tidak bisa di-sync dengan perangkat iOS. Sebuah Password Manager dedicated merupakan solusi yang terbaik dengan menyimpan seluruh password anda dalam form yang ter-enkripsi, memudahkan anda mengakses password anda di berbagai komputer berbeda, smartphone, ataupun tablet yang anda gunakan.

lp2

Jadi software Password Manager apakah yang ideal untuk digunakan?

Banyak variasi software password manager yang bisa kita temukan di internet. Namun kami merekomendasikan dua buah software Password Manager yang menurut kami memiliki fitur yang lengkap, namun pilihan tetap di tangan anda untuk memilih teman pengingat password anda nantinya ini.

Berikut ini adalah sedikit penjelasan tentang 2 buah Password manager rekomendasi kami.

  1. LastPass : http://lastpass.com – Software yang satu ini memiliki sistem cloud-based yang artinya bisa anda akses kapanpun dan di perangkat apapun dengan hanya menginstall software LastPass di device yang anda butuhkan. LastPass bisa anda install pada browser Extension, Smartphone, berbagai desktop browser dan OS yang anda gunakan. LastPass ini terbilang sangat aman dengan menyediakan tambahan authenticator dengan Google Authenticator yang diakses melalui gadget Android, iOS atau BlackBerry anda. Untuk memastikan tidak ada orang lain yang mencoba masuk ke data password anda.  
  2. KeePass : http://keepass.info/ – Bagi anda yang tidak suka dengan fitur cloud-based password manager, KeePass bisa menjadi alternatif anda. KeePass merupakan software password manager yang bisa anda install di desktop, maupun smartphone Android, iOS, dan BlackBerry. Data password yang anda simpan dalam KeePass tersimpan dan tertinggal di komputer anda, dan jika ingin men-synchronize anda harus melakukannya secara manual, dengan meng-copy database KeePass ke device lain yang anda butuhkan.

3kp lastpass-security-challenge

Selain menyimpan password dan informasi login anda, password manager bisa anda gunakan untuk menyimpan data lain secara aman, seperti nomor kartu kredit sampai catatan penting. Password Manager juga bisa mencegah anda untuk terkena phising, karena password manager akan mengisi otomatis informasi login kita berdasarkan alamat situs URL, jadi jika anda berniat untuk mengakses situs banking anda, namun password manager tidak secara otomatis mengisi data login anda, maka dapat dipastikan anda sedang masuk kedalam website phising dengan alamat URL yang berbeda.

Segera manfaatkan software Password Manager untuk memudahkan keseharian anda di dunia internet, dan yang paling terpenting, selalu ingat master password anda!

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply