3 Tips Sukses bermain SimCity

simcity2013_logo-930x465

SimCity terbaru telah hadir membuat Anda semakin betah didepan PC atau Notebook gaming anda untuk menghabiskan waktu dalam membangun kota. SimCity 2013 yang dirilis secara global 5 Maret kemarin ini hadir dengan tampilan baru , fitur baru dan banyak peningkatan di berbagai sisi.

Simak rangkuman tips-tips berikut ini agar anda bisa membangun kota SimCity dengan sukses!
1. Mulailah dari type jalan Dirt Roads
Hal pertama yang pasti dilakukan saat bermain SimCity ialah men-design bentuk jalan raya yang sempurna agar kota anda bisa bertumbuh dengan baik. Namun hal itu bukanlah masalah pada SimCity 2013 ini.
Kebanyakan bangunan disini akan berdiri di sepanjang area yang telah anda pilih zone nya, sims akan bertumbuh dengan cepat dimanapun space zone yang tersisa. Sims akan bertumbuh dengan cepat dan mereka mengandalkan tipe jalan terdekat.

<

LG Gaming Monitor Campaign

simcity2013_01

Tipe bangunan yang anda dapatkan di Simcity kali ini tidak lagi bergantung pada light, medium, atau heavy zone, melainkan berdasarkan tipe jalan yang anda bangun sebelumnya, baik low, medium, atau high density road. Namun yang terbaik bagi awal permainan anda adalah dengan membuat dirt road, karena jalan tipe ini bisa di upgrade kapanpun. Ketika penduduk SimCity sudah lebih kaya anda bisa langsung meng-upgrade infrastruktur jalan untuk mendukung mereka.

Kota yang sukses cenderung memiliki zona yang lebih tinggi untuk bangunan tipe high density, dan juga memiliki jalan arteri yang memadai agar mendukung lalulintas yang lebih ramai.

2. Bekerjasama secara regional di multiplayer mode
Fans SimCity mungkin sebelumnya tidak senang akan perubahan yang dibuat developer Maxis yang mengharuskan SimCity 2013 ini harus selalu online untuk dapat dimainkan. Namun sebenarnya hal ini merupakan suatu kelebihan, mereka menambahkan multiplayer game agar anda bisa bermain dengan teman-teman anda dan dapat bekerjasama membangun kota.

Anda bisa mengajak teman untuk membangun area kota lain dalam satu region, sehingga bisa bersama-sama membangun Metropolitan yang besar dan lebih cepat sukses tentunya. Anda juga bisa bekerjasama dengan bertukar outsource seperti bahan hasil tambang, pelayanan dan juga sims.

Sim-City-(2013)_185953

Salah satu saran adalah dengan berfokus mengadakan pembangunan di daerah suburbia terlebih dahulu, yaitu daerah yang minim commercial dan industrial. Baru setelah daerah itu selesai anda bisa berfokus ke kota commercial, sehingga anda bisa memiliki dasar yang kokoh untuk membangun kota metropolitan berikutnya.

Bermain co-op dengan teman, juga mengharuskan anda terus bekerja membangun dan mengembangkan kota anda sendiri, sehingga mampu menopang kota teman anda  seperti menyediakan ambulans, pemadam kebakaran, truk sampah, dan yang paling penting resource sim agar bisa bertukar job antarkota dengan tepat waktu. Dalam satu region, bisa saja satu kota sedang kesulitan dan kota lainnya sedang sukses dan untung besar dan disinilah perna kota yang sedang sukses untuk dapat membantu kota yang lain. Dalam mode co-op multiplayer ini teman satu team anda tidak perlu online game secara bersamaan dengan anda, sistem ini disebut Asynchronous multiplayer.

3. Apakah Spesialisasi kota anda?

Kebanyakan kota memiliki spesialisasi tertentu, seperti tourism, atau industry. Buatlah spesialisasi kota anda di SimCity sebagai kunci untuk membuat populasi anda semakin banyak dan berkembang.

simcity-2013-screenshot-7

Selain dengan mengurus infrastuktur kota anda dengan baik seperti terus meng-upgrade traffic, mengatur sumber air minum dengan benar dan tidak sampai tercemar. Populasi anda akan terbatas di kota itu saja, dan anda pastinya harus mencari cara untuk menambah populasi. Misalnya saja dengan men-spesialisasi kota ke bidang tourism. Anda bisa lakukan dengan membangun stadium, casino atau major university.

Apapun spesialisasi yang anda pilih, kota anda pasti akan semakin menarik orang-orang baru untuk datang dan tinggal sehingga bisa menaikkan harga tanah di kota anda.

Nah semoga 3 poin tips diatas ini dapat berguna bagi anda yang sedang bermain SimCity (2013).

Selamat mebangun kota anda dan tuangkan terus kreatifitas anda sendiri di dalam SimCity.

*disadur dari berbagai sumber