Windows RT Vs Windows 8 – Ini perbedaannya

WindowsRT_logo_232x100

Apakah itu Windows RT?

Bersamaan dengan OS Windows 8 diluncurkan, Windows juga merilis 2 jenis Windows 8 lainnya, yaitu Windows 8 Pro dan Windows RT. Windows RT adalah edisi spesial dari Windows 8, dan berikut ini akan kami jelaskan perbedaan Windows RT dengan Windows 8.

Perbedaan Windows RT dengan Windows 8 terbilang cukup banyak, bila dibandingkan dengan Windows 8 Pro terhadap Windows 8. Perbedaan mendasar adalah pada support platform hardware, dimana Windows RT tidak bisa dijalankan pada prosesor x86 atau x64 yang terdapat pada laptop dan desktop. Windows RT ini dikhususkan untuk di-install pada platform ber-prosesor ARM, prosesor yang biasa digunakan untuk smartphone dan tablet komputer. Pada Windows RT, anda tidak akan bisa menginstall software selain dari yang anda unduh Windows Store secara resmi. Nama Windows RT juga digunakan karena OS ini hanya mendukung aplikasi yang dibuat khusus untuk Windows Runtime (WinRT). Aplikasi-aplikasi untuk Windows Runtime juga dikenal dengan Metro Apps.

<

Desktop pada Windows RT?

Windows RT juga masih memiliki tampilan Desktop layaknya di Windows 8. Anda bisa menjalankan berbagai aplikasi di Desktop, seperti Control Panel, Windows Explorer, Internet Explorer, dan Microsoft Office. Apalagi Microsoft Office khusus bawaan Windows RT memiliki tambahan fitur touch-optimized, yang akan membuat pengoperasian Microsoft Office di device touchscreen akan menjadi lebih mudah.

Namun anda tetap saja tidak akan bisa menjalankan aplikasi non-Microsoft pada desktop Windows RT. Dengan kata lain Windows telah mengunci system desktop Windows RT untuk aplikasi third-party, dan hanya mengijinkan aplikasi-aplikasi desktop dari Microsoft.

CH8vT

Tetap ada Third-Party Apps
Semua aplikasi Third Party untuk Windows RT haruslah aplikasi Metro yang bisa anda download dari Windows Store yang sudah di approve oleh Microsoft, itu artinya Windows RT mirip seperti iPad yang hanya bisa menjalankan aplikasi yang sudah di-approve oleh Apple yang hanya ada di Apple Store.
Hal ini juga berakibat pada pilihan browser untuk Windows RT, Internet Explorer versi Metro hanyalah satu-satunya yang memiliki akses eksklusif ke system API, browser third party lain seperti Mozilla dan Google tidak dapat mengembangkan browser untuk RT. Layaknya pada iPad, anda harus menggunakan Safari sebagai browser-nya, jika-pun ada browser third-party lainnya, semua tetap berjalan didalam system Internet Explorer.

Windows RT dibuat khusus untuk mobile device
Secara tidak langsung, batasan-batasan yang dimiliki Windows RT ini sangat mirip dengan Apple iOs pada iPad. Microsoft sendiri mendeteksi komputer yang menggunakan Windows RT sebagai “devices” bukan PC seperti biasanya. Selain itu, anda juga tidak bisa membeli copy OS Windows RT dalam box terpisah di toko manapun, karena Windows RT hanya terdapat secara pre-installed di device bermesin ARM. Dimana dapat Anda temukan pada berbagai Windows tablet, namun bisa saja suatu saat nanti akan ada desktop yang menggunakan chipset ARM sehingga bisa ter-install Windows RT.
Device yang terinstall Windows RT akan terkunci juga dengan OS tersebut, sehingga anda tidak bisa menghapus system Windows RT atau meng-install OS lainnya.

Tablets

Fitur Utama Windows yang hilang
Windows RT juga kehilangan banyak fitur ciri khas Windows yang terbilang cukup penting. Seperti fitur Storage Spaces, BitLocker, remote-desktop hosting, dan Encrypted file System. Cek tabel berikut ini untuk daftar lengkap perbandingan Fitur Windows RT dengan Windows 8 dan Windows 8 Pro. List ini kami ambil dari blog Windows saat announcement Windows 8.

different windows RT

Tidak semua Tablet Windows menggunakan Windows RT
Bagi Anda yang berencana ingin membeli Tablet Windows, Jangan takut terlebih dahulu, Windows RT tidak akan digunakan di semua tablet Windows kok… Anda masih bisa memilih tablet Windows yang menggunakan sistem operasi Windows 8, yang pastinya tidak akan kehilangan semua fitur standar Windows.

loading...

Tinggalkan Balasan