Overview

NV_Optimus_3D

Nvidia Optimus memang banyak menawarkan banyak benefit, yang paling utama yakni power manajemen yang sangat pintar. Dimana sistem akan melakukan pemilihan primary GPU otomatis sesuai dengan keperluan aplikasi yang berjalan saat itu. Dan yang seperti kita ketahui bersama, battery akan jauh lebih awet saat sistem berjalan hanya dengan Intel HD dibanding saat bersanding dengan GPU dedicated. Namun, ada juga sisi negatifnya. Dan sisi negatif ini sangat tidak disukai oleh beberapa jenis pengguna, seperti pengguna pemula yang terkadang bingung mengapa aplikasi yang berjalan terlihat lambat, atau pengguna antusias yang merasa Optimus hanya membuat sistem “galau” dan akhirnya GPU dedicated tak berjalan maksimal.

<

Xenom oem Compal QAL31

QAL31 adalah satu-satunya notebook 14″ yang tidak ikut-ikutan mengaplikasikan Nvidia Optimus pada konfigurasi sistem bawaannya. Hal ini mulai terlihat saat awal kali melaakukan instalasi driver. Tidak terlihat adanya kehadiran Intel HD dalam deretan hardware pada device manager.

Ilustrasi 2

Basic Configuration:

  • 14″ HD WLED DISPLAY (1366×768)
  • Intel Core i3-2310M 2.1GHz (32nm, 3MB L3 cache) Upgrade for review to Ci5-3210
  • 4GB DDR3 1333MHz Upgrade for review to 8GB DDR3 1600MHz
  • NVidia GeForce GT650M 2GB GDDR3
  • 500GB SATA Hard Drive Upgrade for review to SSD 128GB SATA III
  • DOS
  • 8X DVD±R/RW/4X +DL Super-Multi Drive
  • Built-in 802.11 Wireless B/G/N with Bluetooth Combo – Stock Wireless Card
  • Standard Thermal Compound
  • 2 Years Warranty

Design

Perpaduan Silver, hitam dan putih pada keyboard menguatkan kesan simple dan elegan.
Perpaduan Silver, hitam dan putih pada keyboard menguatkan kesan simple dan elegan.

Versi QAL31 yang sekarang mempunyai sedikit perbedaan dengan QAL31 edisi awal, yakni warna dasar keyboard dimana pada versi QAL31 sekarang, seluruh bagian keyboard diwarnai putih. Ini lebih membuatnya terlihat lebih serasi saat dipadu warna Silver yang mendominasi casing serta hitam pada LCD panel. QAL31 memiliki bobot 2.2kg (termasuk battery 6 cell) dengan dimensi keseluruhan 343 x 239 x 31.5mm.

Sisi kanan dengan 2 x USB 2.0, ODDDrive, Charging port dan Kenshington Lock
Sisi kanan dengan 2 x USB 2.0, ODDDrive, Charging port dan Kenshington Lock
Sisi Kiri dengan Audio port, USB 3.0, HDMI, RJ45 LAN port dan D-Sub Port
Sisi Kiri dengan Audio port, USB 3.0, HDMI, RJ45 LAN port dan D-Sub Port
  • Extra USB Port

Tak seperti notebook 14″ lain yang biasanya hanya dibekali port USB sebanyak tiga buah (bahkan hanya 2), USB Port pada QAL31 terbilang melimpah. Total terdapat empat buah USB port, 2 buah USB 2.0 dan 2 buah lagi USB versi 3.0. Penataannya pun sangat membantu pengguna, yakni dengan memisahkan antara grup USB 2.0(sisi kanan) dan USB 3.0(sisi kiri).

Power USB = Power Bank Feature On The Move

Memanfaatkan Battery sebagai Power Bank
Memanfaatkan Battery sebagai Power Bank

QAL31 memiliki satu fitur yang walau tidak bisa dibilang baru, namun cukup membantu buat anda yang memiliki banyak gadget dan seringkali berada di lapangan. Dengan mengaktifkan Power USB, anda bisa mencharge semua gadget anda walaupun QAL31 dalam kondisi Shutdown (total off). Jadi ketika di perjalanan, tinggal colok kabel data ke salah satu port USB QAL31, dan battery gadget anda akan terisi.

Upgrade Option

Bottom side + Upgrade option.
Bottom side + Upgrade option.

QAL31 memang tak banyak memberi opsi upgrade, maklum dimensi untuk sebuah notebook 14″ tidak memberikan banyak sisa space untuk opsi upgrade. VGA jelas mengadopsi planting on motherboard (On Board). Untuk RAM, QAL31 dibekali 2 slot yang mampu menampung hingga kapasitas 8GB dengan speed 1600MHz.

Performance

  • Synthetic Benchmark
WEI, Unigine dan Synth Bench QAL31
WEI, Unigine dan Synth Bench QAL31

Hasil Synth benchmark yang dicapai QAL31 terlihat tak banyak peningkatan yang signifikan dibanding Notebook ber Nvidia Optimus. Hal ini bisa dimaklumi mengingat task pada software benchmark lebih stagnant. FYI, pada benchmark synthetis QAL31 kami padukan dengan SSD SATA 3 128GB.

  • Real World Gaming Performance
Res 720p, medium to high, v-Sync off, AA = off (exclude RE6)
Res 720p, medium to high, v-Sync off, AA = off (exclude RE6)

Anda bisa lihat. semua game yang kami jalankan dapat di atasi oleh GT650M pada QAL31. Memang, dengan batasan LCD 14″, gaming pada QAL31 harus puas dengan resolusi maksimal 768p. Namun, standar pengujian yang kami terapkan tetap di resousi 720p. Semua game testing kami jalankan tanpa Anti Aliasing kecuali untuk RE6 (dx 11-FXAA mode).

  • Battery Performance
2 Jam di mode classic
2 Jam di mode classic

Untuk sebuah notebook dengan Geforce GT650M, battery QAL31 terhitung sangat perkasa. Dalam metode pengujian Classic, Battery Eat Pro mencatat 1:58 menit. Yang artinya tembus 2 jam lebih jika di hitung hingga benar-benar tersisa kapasitas di bawah 7%. Disini bisa kita simpulkan, bahwa tanpa Optimus pun, user QAL31 masih dapat berharap banyak pada performa battery QAL31. Karena jika di konversi ke metode benchmark “Reading” (Office use), battery pada QAL31 bisa bertahan 4 jam lebih.

Conclusion

QAL31 hadir untuk anda yang concern pada ukuran yang masih terbilang compact. Dengan LCD 14″, GT650M merupakan pilihan yang paling pas menurut kami. Ekstra USB prot pada QAL31 memberikan kelebihan tersendiri bagi anda yang memiliki banyak peripheral USB. Ditambah adanya USB 3.o, transfer data dari eksternal ke internal QA31 tak lagi menghabiskan waktu anda.

  • Pros

No Optimus
Ekstra USB Port
Great SRS Audio Quality

  • Cons

No e-SATA & m-SATA

  • Fair

14″ tak banyak menyediakan opsi upgrade part.

 

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply