Face

Punya rencana membangun HTPC atau Very small Compact Desktop PC dengan kemampuan Gaming? Umumnya yang menjadi kendala adalah saat memilih VGA Card. Karena terbatasnya dimensi internal casing ITX seringkali mewajibkan kita memilih VGA Card berjenis Low Profile, atau VGA Card bertubuh pendek.

Faktanya, kebanyakan VGA Card Low Profile adalah VGA Card jenis Low-End yang kurang bisa diandalkan untuk kegiatan gaming. Ditambah lagi, produsen pembuat VGA Card bisa dibilang jarang mendisain VGA Card kelas menengah mereka dalam bentuk low profile. Untuk itulah, Pemmz kali ini akan sedikit memberi tips dan beberapa pilihan menyangkut seperti apa VGA Card Low Profile yang mumpuni untuk diajak bergaming ria.

<

Dimensi

Space internal casing poin yang wajib di perhatikan.
Space internal casing poin yang wajib di perhatikan.

Poin wajib pertama yang harus anda perhatikan saat memutuskan untuk menggunakan VGA Card pada platform HTPC atau Small Compact Desktop PC anda. Jika anda termasuk yang sudah memutuskan untuk menggunakan jenis casing tertentu, Lakukan pengukuran space untuk mendapatkan ukuran VGA paling memungkinkan yang dapat di tampung Casing tersebut.

TDP

Contoh perbandingan TDP
Contoh perbandingan TDP

Poin ini berhubungan dengan kekuatan maksimal Power Suply Unit (PSU) yang terintegrasi pada casing ITX yang biasanya memiliki form factor non-standar. Kebanyakan, PSU pada casing ITX hanya membekal power maksimal di bawah 300W. Untuk itu, kita wajib selektif dalam memilih VGA yang notabene termasuk pemakan daya besar dalam sebuah sistem PC.

Output Type

Port Varian
Port Varian

Umumnya HDMI sudah di pakai di setiap VGA Add-On sekarang ini, termasuk di kategori Low-End. Namun port HDMI pun ada beberapa versi. Pastikan anda mencari VGA Card dengan jenis port HDMI terbaru. Saat ini HDMI ver 1.4a adalah yang terbaru dengan kemampuan mentransfer  Hal ini bermanfaat saat anda membutuhkan resolusi maksimal dari VGA Card anda. Walau bukan tujuan untuk gaming di resolusi tertinggi, setidaknya, anda bisa memanfaatkannya untuk keperluan design grafis ataupun menikmati film Blu-Ray.

Memory Bus

Memory Bus Width

Gaming membutuhkan Memory Bus minimal 128-Bit. Dan ini hanya bisa anda temukan pada VGA card kelas menengah ke atas. Jangan pernah tertarik dengan disain VGA Card Low-End yang eye-catching atau kemasan yang unik. Karena VGA Card low-end, bisa dipastikan hanya membekal memory bus 64-bit. Dan seperti review yang sudah pernah kami tampilkan, VGA Card 64-Bit tak mampu memberikan banyak kontribusi untuk tampilan yang pihak developer game harapkan.

Cooling System

Cooling option, buat anda yang sensitif bising.
Cooling option, buat anda yang sensitif bising.

Pilihan memang minim, aktif dan pasif. Ini kembali pada anda. Seberapa besar anda concern dengan noise dari fan. Namun kebanyakan VGA Card menengah yang berkontur Low Profile mengadopsi Active cooling system. Hal ini wajar menillik spesifikasi VGA itu sendiri yang lebih rentan panas dibanding VGA Low-end.

Conclusion

Memilih VGA untuk Casing dengan dimensi mini memang gampang-gampang susah. Namun kami berharap, artikel ini bisa membantu anda menentukan VGA Card yang cocok untuk sistem HTPC ataupun mini Desktop anda.

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply