8ab706e2b9

The Result

  • Boot Time

SSD memang sangat luar biasa akselerasinya. Wajar, proses booting jadi jauh lebih cepat dibanding HDD konvensional. Tak hanya proses booting yang meningkat drastis. Proses buka tutup aplikasipun jauh lebih ringkas. Untuk mengetahui seberapa besar peningkatannya, silakan lihat tabel di bawah ini.

<

Boot Time

  • Power Consumption
Power Consumption Test.
Power Consumption Test.

Melihat tabel diatas, mungkin beberapa diantara Pemmz Holics menganggap perbedaan antara keempat jenis storage diatas tak terlalu signifikan. Namun, kami berharap, anda juga harus menghitung durasi pemakaian notebook anda. Kalikan dengan nilai Watt yang dikonsumsi masing-masing jenis storage, baru anda bisa temukan perbedaan yang cukup signifikan. Akan lebih terasa lagi jika anda berniat menghitung secara detail dari masing-masing jenis pekerjaan yang biasa anda jalankan pada notebook anda.

Kesimpulan

Melihat harga SSD saat ini yang masih terbilang “mahal”, memang kita harus bijak sebelum memutuskan untuk bermigrasi ke penyimpanan berbasis Flash ini. Dan sebagai pengingat, produk yang kami gunakan saat review ini hanyalah sekelumit dari bermacam merk dan jenis storage yang beredar dipasaran saat ini. Anda masih bisa mencari review masing-masing produk di forum-forum online, termasuk mana yang harganya pas untuk kantong anda. Namun sekali lagi, performa yang ditawarkan sebuah SSD dibanding HDD konvensional sebentar lagi akan menjadi standar baru. Terlebih pada Windows 8 yang lebih mengedepankan multitasking. <RF>

Leave a Reply