IPS 1

IPS  – IPS singkatan dari ‘In Plane Switching’ yang dikembangkan pertama kali oleh Hitachi pada tahun 1996. Versi original ini memeliki beberapa kekurangan yang cukup menonjol dan telah melalui beberapa generasi sejak awal di kembangkan. IPS dikembangkan dengan tujuan “memerangi” dua isu utama yang sering di temui pada layar TN Matric, yakni sudut pandang yang terbatas dan reproduksi warna berkualitas rendah. Seperti kita ketahui bersama, pembuat utama teknologi IPS saat ini adalah LG (sebelumnya LG.Philips)

<

  • Super TFT (1st Gen IPS)

Menawarkan sudut pandang yang lebih luas. Sebagian besar panel sudah mendukung true 8-bit per channel warna. Pengembangan ini mengorbankan “respon time” yang lebih lambat, pada awalnya sekitar 50 ms. Panel IPS generasi awal ini juga sangat mahal.

  • Super-IPS (S-IPS)

HP LP2475W

Pada generasi ini pengembangan Menawarkan pergesaran warna yang halus. S-IPS juga membawa semua benefit yang ada pada Super TFT plus pengembangan pada pixel refresh timing. HP LP2475W adalah salah satu LCD Monitor yang menerapkan versi IPS ini.

  • Advanced Super-IPS
NEC 20WGX2
NEC 20WGX2

High transmittance (transmisi cahaya pada panjang gelombang tertentu) yang dikembangkan pada generasi ini membuat performa respon time pada panel IPS untuk pertama kalinya meningkat pesat. LCD Monitor yang mengaplikasikan teknologi ini adalah NEC 20WGX2

  • H-IPS – 2007
H-IPS Layout
H-IPS Layout

Sejatinya masih ada 1 versi pengembangan IPS yang hadir sebelum H-IPS (Horizontal IPS) yakni, IPS-Provectus (IPS-Pro). Versi Panel terbaru dari Teknologi Alpha IPS dengan gamut warna yang lebih luas dan rasio kontras yang cocok untuk PVA (Patterned vertical alignment) dan ASV (Advanced super view).

Pada H-IPS, contrast ratio ditingkatkan dengan mengatur ulang tata letak electroda layaknya layout sebuah pesawat. Sekaligus diperkenalkan untuk pertama kalinya sebuah opsi Advanced True White polarizing film hasil karya NEC, yang membuat area putih lebih terlihat natural. LG.Display tidak benar-benar membuat referensi ke versi H-IPS, meskipun dari sudut pandang teknis,H-IPS paling modern dalam format IPS panel. NEC sendiri telah membuat debut penggunaan H-IPS dalam spesifikasi terbaru LCD Monitor mereka seperti 2690WXUi2 dan 3090WUXi.

  • e-IPS – 2009
Dell 2209WA
Dell 2209WA

Versi ini mungkin yang paling membingungkan dari semua versi terbaru Panel IPS yang diaplikasikan saat ini. Walau banyak yang mengaklamasi “e” singkatan untuk Enhanced, Hingga saat ini belum bisa diklarifikasi. e-IPS menawarkan celah untuk transmisi cahaya yang lebih luas, memungkinkan penggunaan daya rendah serta backlit murah. Meningkatkan sudut pandang diagonal dan mengurangi respon time hingga 5ms. Dell 2209WA adalah contoh LCD monitor yang pertama kali mengadopsi e-IPS.

  • Professional IPS (P-IPS) – 2010
ASUS PA246Q with P-IPS panel
ASUS PA246Q with P-IPS panel

Menawarkan 1.07 miliar warna (dengan kedalaman 30-bit) Lebih memungkinkan Orientasi per sub-pixel (1024 dibandingkan dengan 256) dan menghasilkan kedalaman warna asli yang lebih baik.

  • Advanced High Performance IPS (AH-IPS) – 2011
Dell S2340L with AH-IPS panel.
Dell S2340L with AH-IPS panel.

Akurasi warna, meningkatnya resolusi dan PPI, serta transmisi cahaya yang lebih besar untuk konsumsi daya yang rendah adalah benefit yang ditawarkan oleh jenis panel paling baru ini. Salah satu pabrikan yang membekali produk LCD Monitornya dengan panel jenis ini adalah Dell lewat produknya Dell S2340L.

Di tulisan mendatang kita akan membahas teknologi LCD monitor dari pabrikan lain yang secara garis besar menawarkan performa sepadan dengan IPS. So, Stay Tuned ya Pemmz Holics 😉

Source :

1. http://goo.gl/E7QMT

2. http://goo.gl/iegch

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply