9370_headerpic

Overview

Dari judul diatas, mungkin anda bisa menebak bentuk fisik sebuah notebook yang di klaim mendukung konfigurasi SLI maupun Crossfire. Jika sebuah notebook computer system mampu melakukan hal itu, bisa dipastikan layoutnya ekstra super dan sepertinya tidak memungkinkan dipadukan dengan LCD kurang dari 17″.  Selain mendukung dual GPU, Notebook Gaming yang kali ini kami review juga mendukung konfigurasi dual HDD RAID system. Urusan RAM, NP9370 menyiapkan hingga 4 buah slot untuk anda jejalkan DDR3 RAM sebanyak 4 keping hingga total 32GB.

<

Dual GPU ready - Support SLI dan Crossfire
Dual GPU ready – Support SLI dan Crossfire
Dual HDD system - Ready for RAID Configuration.
Dual HDD system – Ready for RAID Configuration.

Spesification

– 17.3” FHD 16:9 LED Backlit Wide screen (1920×1080) Super Clear Glare Type Screen-
– Standard Dead Pixel Policy
– 3rd Generation Intel® Core™ i7-3610QM, 2.3-3.3 GHz
nVidia GeForce GTX 680M 4GB PCI-Express GDDR5 DX11 
– 8GB DDR3 1333MHz Dual Channel Memory (2 SODIMMS)- 
– Combo 8x8x6x4x Dual Layer DVD +/-R/RW 5x DVD-RAM 24x CD-R/RW Drive w/Software
– 500GB 7200RPM (Serial-ATA II 300 – 16MB Cache)
– Internal 7-in-1 Card Reader (MS/MS Pro/MS Duo/MS Pro Duo/SD/Mini-SD/MMC/RS)
– Built-in 802.11 Wireless B/G/N – Stock Wireless Card + Bluetooth
– Built in 2.0 Megapixel Camera
– Sound Blaster Compatible 3D Audio – Included
– Smart Li-ion Battery (8-Cell), Package Include Backpack and Gaming Mouse

Design

Untuk mesin gaming dengan LCD 17.3″, bobot seberat 3.6KG bisa dikategorikan jauh lebih ringan ringan dari produk-produk Sager pendahulunya, bahkan dibanding Alienware M17x-R4 terbaru sekalipun. Dari sisi design, NP9370 juga lebih terlihat lebih futturistik. Seperti yang bisa anda lihat pada sisi kanan dan kiri casingnya, dibentuk dengan garis-garis yang lebih tajam. Bentuk yang menebal di area belakang mengingatkan pada design ASUS ROG series. Dibeberapa sisi, NP9370 masih banyak mengadopsi design dari para pendahulunya seperti penempatan port hingga layout exhaust-fan.

NP9370 Case layout.
NP9370 Case layout.

NP9370 fitur

Area depan didisain clean dan hanya menyisakan l.e.d activity indicator. Port USB mayoritas ditempatkan di sisi kanan termasuk e-SATA Combo/USB Combo port sebaris dengan ODD. Pada NP9370 semua USB sudah mengadopsi versi 3.0 tak terkecuali e-SATA/USB Combo portnya. Sedang Audio dan LAN RJ45 port sebaris dengan Card Reader disisi kiri. Disain bagian belakang NP9370 juga lebih terkesan lebih futuristik. Ditambah lagi sekeliling exhaust CPU dan GPU diberi list chrome yang menambahkan kesan elegan.

Lid dalam dan Keyboard area.
Lid dalam dan Keyboard area.

NP9370 memiliki penampang bagian dalam yang bisa dikategorikan luas. Sisa ruang untuk hand-rest cukup tersisa banyak dari area yang diperuntukkan untuk keyboard. Disini, pihak pabrikan tak mau menyia-nyiakan area luas ini begitu saja. Anda bisa tengok ukuran touchpad yang extra luas pada NP9370 ini. Tak hanya luas, touchpad NP9370 selain mendukung multi gesture juga didisain embeded yang artinya, tombol klik kiri maupun kanan menyatu dengan keseluruhan touchpad. Keyboardnya sedah dibekali backlit setara Alienware. Kenapa kami setarakan? karena warna-warna yang ada pada backlit bisa anda sesuaikan dengan mood anda. Untuk mengatur warna-warni backlit pada NP9370 juga sama seperti Alienware, yakni menggunakan program yang disertakan pada CD installasi. Untuk tetap menjaga privasi anda, NP9370 juga masih dibekali Fingerprint seperti beberapa seri terdahulu.

Performa

Karena yang kami uji adalah NP9370 dengan spesifikasi Stock, melihat spesifikasinya mungkin anda bisa memperkirakan performa yang mampu notebook ini hasilkan. Tidak perlu jauh-jauh, sebelum ini kami mereview Alienware M17x-R4 3D yang spesifikasinya hampir mirip, berbeda hanya di sisi processor.

Game benchmark (DX9, FHD)
Game benchmark (DX9, FHD)

Urusan prosesing grafis DirectX 9 sudah tak perlu diragukan lagi. Semua game berbasis API ini lancar jaya di atas NP9370, Dengan resolusi Full HD sekalipun. Ke-4 game diatas hanya contoh kecil mewakili sekian banyak game-game berbasis API DX9. Untuk performa saat merender Game berbasis API DX11, anda bisa lihat pengujian yang kami lakukan dengan menjalankan game Crysis II dan Batlefield 3 (Lebih lengkapnya lihat video review). Pernyataan ini diperkuat dengan pengujian benchmark sintesis yang menghasilkan skor setara dengan M17X-R4.

Lost Planet 2

174

Lost planet 2 pada Xenom NP9370 ini membawa anda kepada pengalaman Gaming lost panet 2 yang luar biasa, karena dengan dipersenjatakan Hardware yang memadai dari segi grafis karena menggunakan GTX 680M dari Nvidia anda mendapatkan detail yang luar biasa mulai dari texture yang mendalam dan pencahayaan yang luar biasa, bukan dari segi grafis saja dari segi peforma juga anda mendapatkan animasi dan responsive yang mulus karena untuk tingkat peforma rata-rata GTX 680M ini mendapatkan rata2 frame per second pada angka 60+ FPS ini merupakan jaminan mulus untuk animasi.

Mafia 2 

mafiaii

Mafia 2 pada Xenom NP 9370 akan dapat membawa anda kepada dunia vintage mafia 2 yang luar biasa, karena dengan Notebook ini anda dapat menyalakan detail gambar pada tingkat high serta dengan dukungan layar FULL HD tentunya akan membantu mempertajam keseluruhan gambar menjadi lebih hidup dan nyata. untuk peforma sendiri pada setting high mendapatkan frame per second pada 56+ fps rata-rata, ini merupakan nilai tambah karena anda akan mendapatkan animasi yang solid dan mulus tanpa patah-patah.

Resident Evil 5

Resident Evil 5 IIpreium

pada game ini Xenom 9370 merupakan Notebook yang cukup overkill, karena dapat menghasilkan peforma luar biasa, untuk hitungan frame per second saja dapat meraih rata2 diatas 100+ FPS ini berarti anda akan mendapatkan animasi dan pergerakan karakter dalam game yang sangat fluid. pertualangan chris dan sheva akan dapat anda alamin dengan sangat terasa dengan atmosfer game yang diberikan.

Street Fighter X Tekken

Street-Fighter-X-Tekken-003

Game ini memang sangat phenomenal dan dapat dibilang luar biasa dengan menampilkan jagoan-jagoan dari kubu yang berbeda, untuk User experience memainkan SFXT di Xenom 9370 ini sangat luar biasa, karena gerakan yang dihasilkan dapat sangat fluid lagi-lagi memang berkat hardware yang mendukung anda akan menikmati pertandingan KEN VS KAZUYA dengan dramatis karena proses batlle disertai dengan zoom in dan zoom out daripada camera dan itu semua dapat xenom 9370 hasilkan dengan sangat mulus. detail yang digunakan udah dengan detail tertinggi , rekomen dari kami anda sertakan aksesoris seperti game pad untuk lebih nyaman dalam memainkannya.

DirectX 11 Real game benchmark
DirectX 11 Real game benchmark

Untuk Game-game DX11 kita menggunakan testing dari Battlefield 3 dan Max payne 3 yang dari game ini dapat mewakilkan performa dari Xenom 9370 dalam menggunakan DX11, karena battlefield menggunakan Engine Frostbite 2 dan max payne menggunakan Custom Engine yang dinilai cukup berat. dari hasil testing kita dapat melihat kemampuan daripada Xenom 9370 ini sangat powerfull karena memang dibekali dengan GTX 680M yang memang dapat melahap semua game-game DX 11 dengan sangat lancar.

Untuk Pengalaman Game DX11 ini pada Xenom 9370 memang sangat terlihat dari Graphic yang sangat memukau, mulai dari post processing dan texture yang digunakan sangat detail dan luar biasa. Untuk gaming DX11 anda tidak perlu khawatir dengan peforma karena sudah terbukti dari benchmark ini kalo dapat memainkan dengan FPS yang tinggi.

Benchmark sintesis.
Benchmark sintesis.

Pada section Benchmark syntetic sudah tidak perlu diragukan lagi kalo Xenom 9370 ini memang system Mobile gaming yang sangat powerfull mencapai score yang respectable sesuai spec yang digunakan tentunya testing ini mewakili dari kinerja overall DX10 (vantage) dan DX 11 (3DMark11).

beberapa perbandingan dengan M17x custom
beberapa perbandingan dengan M17x custom

Conclusion

Xenom oem Clevo NP9370 merupakan barebone yang sangat menjanjikan untuk berbagai lapisan user. Terutama anda yang selama ini mencari resource notebook dengan kemampuan customisasi optimal. Hampir semua kemungkinan upgrade yang biasa di temukan pada desktop, bisa anda temukan pada NP9370. Wajar jika notebook ini di kategorikan sebagai Desktop Replacement sejati. Bentuk dan design keseluruhan sudah terlihat lebih futuristik dibanding beberapa model terdahulu. Dan perlu anda ingat, versi 3D nya juga ready. So, bagi anda yang ingin merasakan sensasi bermain game 3D, coba langsung lihat penawaran disini

Pros :

– Full Customible up to Dual Graphic & Dual HDD.
– Great Performance Gaming and Workstation
– Superb LED display, Available in 3D (Optional)
– Performance to Weight Ratio very good.
– turbo mode
– Keyboard with custom Backlit implementation
– Raid and rapid smart storage
– Native SATA 6GBs dan USB 3.

– Display port

Cons :

– Instalasi dual HDD sedikit sulit.

Fair

– Adaptor Besar

Follow us @pemmz, facebook, slideshare

3 COMMENTS

Leave a Reply