Overview

The witcher 2 sudah rilis cukup lama dan sudah rilis versi Enhanced Edition nya. Sampai saat ini the witcher 2 merupakan salah satu game terberat yang pernah ada, memang sudah di claim oleh developer nya yaitu CD Project mereka bilang, ” you will need state of the art machine, to be able to play Witcher 2 at maximum on PC “. Walaupun begitu bukan berarti game ini tidak optimal namun memang requirementnya yang sangat berat, walaupun dengan medium setting pun Witcher 2 masih tergolong berat. Dalam kesempatan ini Team R&D Pemmz akan membantu kalian untuk bisa lebih nyaman bermain The witcher 2.

Note : Guide ini berlaku untuk The Witcher 2 Enhanced Edition, jadi jika ada yang masih menggunakan versi vanila kemungkinan masih bisa dan juga sebaliknya, karena versi enhanced edition sudah meruapakan versi optimal dari Witcher 2 patch – patch awal rilis sudah diterapkan bersama dengan finalisasi yang lebih matang, dan enhanced edition juga terdapat patch terbaru, terakhir saat guide ini dibuat itu sudah rilis patch 3.2, jadi untuk kelancarannya pastikan anda lakukan auto update.

Tweaking ini bersifat menyesuaikan, dalam arti kalo tweak ini akan tergantung dari spesifikasi yang anda miliki, perlu diingat untuk spek requirement dari The witcher 2 adalah sebagai berikut :

Minimum requirements:

  • Processor: Core 2 Duo 2.2 GHz or dual core AMD 2.5 GHz
  • RAM: 1 GB Windows XP, 2 GB Windows Vista/7
  • Graphics: GeForce 8800 512 MB or Radeon (HD3850 512 MB)
  • HDD Space: 19 GB

Recommended requirements:

  • Processor: Quad Core Intel or AMD
  • RAM: 3 GB Windows XP, 4 GB Windows Vista/7
  • Graphics: GeForce 260 1 GB or (HD4850 1 GB)
  • HDD Space: 23 GB

Jika diantara anda ada yang mengunakan dibawah spesifikasi minimum requirement dapat di pastikan tidak akan dapat bermain The Witcher 2 dengan detail terendahpun. jadi pastikan cek dulu sebelumnya.

NOTE :  GUIDE INI BERSIFAT HARMLESS (TIDAK AKAN MERUSAK PC ANDA) NAMUN JIKA ANDA MELAKUKAN KESALAHAN LAIN,  ANDA AKAN TANGGUNG SENDIRI. GUIDE INI BERSIFAT : “DO AT YOUR OWN RISK”. ALWAYS BACKUP FILES BEFORE TRYING, DO SYSTEM CHECKPOINT BEFORE FO THIS.

Tweaking Mode

Pada guide ini seperti yang dibilang sebelumnya kalo guide ini bersifat menyesuaikan, Jadi akan disesuaikan dengan spesifikasi yang anda miliki, dan sebelum melakukan tweaking anda perlu testing dulu akan FPS yang dihasilkan dari masing-masing setting gambar dan resolusi yang digunakan.

Pastikan anda sudah menggunakan driver terbaru dari GPU anda baik Nvidia maupun AMD RADEON

Tools dan aplikasi yang dibutuhkan :

  • FRAPS :  Merupakan Aplikasi yang mengukur rata-rata dan menampilkan fps pada Games
  • Nvidia Inspertor (Nvidia GPU) Download
  • FPS limiter (ATI/AMD GPU) Download
  • Alat tulis dan Kertas

Pastikan Fraps sudah dijalankan sebelum masuk kedalam game The Witcher 2

First Step : Analysis and Research

  1. Jalankan the witcher 2 launcher seperti gambar dibawah in
  2. Pilih Options, maka akan tampil seperti gambar dibawah ini
  3.  Dari gambar diatas,  buka combo box dari screen resolution lalu masukan Resolusi native anda ataupun resolusi yang anda inginkan untuk bermain game ini. lalu buka combo box pada configiration set nya, lalu pilih antara low, medium, High Serta Ultra, untuk Ultra dipastikan tidah dapat bermain dengan lancar pada Noteoobk dengan 1 GPU. Karena kita akan menggunakan Guide ini untuk Gaming pada Notebook Gaming.
  4. Misalkan anda menggunakan preset pada High, lalu centang “Show advanced option” lalu cek untuk pilihan vertical Sync pastikan dalam kondisi off. lalu ok dan jalankan The witcher 2
  5. Anda bisa langsung ke load game anda ataupun new game, dan setelah selesai loading, anda cek FPS yang ada seperti di kiri atas (letaknya tergantung Fraps anda namun biasanya di kiri atas pada default), dan seiring dengan anda mainkan coba catat di kertas putih untuk maximum, minimum, dan rata-rata dari FPS yang dihasilkan pada setiap sedang explore ataupun sedang battle.
  6. setelah anda dapat kan data FPS nya, coba pisahkan antara Maximum FPS, Minimum FPS dan AVG FPS . Misalkan Maximum FPS 50, Minimum FPS 24, AVG FPS 29 pada nilai ini berarti anda belum dapat menikmati gamplay yang nyaman. Usahakan FPS minimal pada 29-30, avg FPS pada 30 keatas, untuk maximum FPS tidak menjadi target. dengan itu ulang lagi step no. 4 lalu pilih detail dibawah dari detail sebelum (misalkan High menjadi medium) , lalu ikuti langkah 5 . lakukan hal ini sampai anda mendapatkan data avg dan minimal FPS yang terbaik. setelah itu ikuti guide dibawah ini ;

Nvidia GPU 

  1. Setelah anda menemukan setting dengan FPS yang oke, anda jalankan Nvidia Inspector (for Nvidia Only). lalu ikuti langkah dibawah
  2. Buka Nvidia inspector seperti gambar dibawah ini :
  3. setelah itu, klik tombol driver/profile setting pada sebelah paling kanan dari driver version pada gambar diatas. (Anda akan diminta untuk akses via administator pilih yes).
  4. Anda akan menjumpai gambar seperti dibawah ini
  5. Pada Profiles yang ada pada kiri atas anda terdapat combo box dikanannya [pada gambar yang di blok pada Global driver profile (base profile)] lalu anda klik dan cari profile bernama the witcher 2 (anda bisa ketikan juga untuk search nya)
  6. maka anda akan menjumpai gambar dibawah ini :
  7. Setelah anda memasuki profile the witcher 2 anda dapat lihat pada gambar, Pada section common Frame Rate limiter pada  dan Maximum pre rendered frame pada 2 . Nilai untuk FPS limiter ini tergantung dari nilai ter kecil dari AVG FPS yang anda sudah analisa, ini di maksudkan agar anda mendapatkan FPS yang static (lebih stabil) dan jika FPS drop tidak terlalu fluktuatif yang mengakibatkan timbul efek stuttering.

Note : Jika anda ragu untuk berapa nilai untuk frame rate limiter nya silahkan saja masukan nilai 30 untuk safer gameplay experience, namun jika memang anda ingin lebih usahakan pada maksimum di 35 untuk sedikit menghilangkan jerkiness pada FPS, dan pastikan Vertical sync pada disable pada The witcher 2 config options .

ATI/ AMD Radeon GPU

Solusi sebelumnya menggunakan Nvidia GPU, untuk ATI/AMD radeon GPU program yang digunakan beda yaitu FPS limiter 0.2 (sebenarnya FPS limiter dapat juga digunakan oleh nvidia namun nvidia memiliki Nvidia inspector jadi tidak perlu FPS limiter. Untuk menggunakan FPS limiter anda harus terinstall Java runtime plugin karena PPS limiter menggunakan Java sebagai containernya.

Langkah optimalisasi ATI/AMD GPU :

  • Jalankan FPS limiter, maka akan muncul gambar dibawah ini :
  • Setelah itu klik pada search executable maka akan muncul seperri gambar dibawah ini :
  • setelah itu open box akan muncul dan anda harus jadi untuk executeable untuk The witcher 2 Enhanced edition yang bisa nya terleltak pada c:\program filesgog.comthe witcher 2binwitcher2.exe, jika anda melakukan instalasi pada folder lain maka cari wither2.exe pada folder tersebut. setelah sudah di klik witcher2.exe sampai terlihat pada wicther2.exe pada File Name dibawahnya, lalu klik Open ;
  • Maka akan muncuk seperti gambar dibawah ini ;
  • Setelah itu anda masukan pada kolom maximum FPS seperti pada analisa  diatas ( note : walalupun di fps limiter itu tulisan nya msximum FPS tapi anda jangan masukan nilai maksimim FPS namun tetep minimum atau avg ), jika ragu buatkan nilai 30 dan klik create bat tombol. setelah itu akan tercipta shorcut baru pada folder yang sama dengan FPS limiter. dan untuk memainkan witcther 2 anda harus melalui shortcut ini.

Tweaking Continous 

Jika anda melakukan guides diatas dengan benar maka anda sudah dapat bermain The Witcher 2 dengan FPS yang jauh lebih stabil dinbanding sebelumnya. Setelah itu masih ada yang anda dapat lakukan untuk memperbaik responsive mouse dan gambar , tweakingnya sebagai berikut :

  1. Buka folder my document anda biasanya pada C:UsersUserNameDocuments . lalu cari folder witcher 2  lalu config seperti C:UsersRolly EdwardDocumentsWitcher 2Config. lalu buka USER.ini (LAKUKAN BACKUP USER.INI) ,
  2. pada section mouse input masukan SensitivityX dan SensitivityY nilai nya -2 pada keduanya, dan Smoothness pada 0
  3. Pada sction rendering masukan AllowSharpen pada nilai 1. dan VSync pada 0 , serta TextureMemoryBudget pada nilai yang sesuai dengan jumlah VRAM GPU anda . (misal GPU anda GTX 570M memiliki Vram 1,5 GB berarti anda masukan pada TextureMemoryBudget= 1500, jika 1GB vram pada TextureMemoryBudget=1000 dan seterusnya.)  ini sangat membantu untuk alokasi VRAM yang lebih optimal yang akan digunakan oleh game The witcher 2.
  4. setelah itu lakukan save
  5. dan buat file USER.ini menjadi read only agar tidak berubah.
  6. Jalankan the witcher 2 tanpa launcher, dengan cara jalankan witcher 2 dari program dir C:Program Files (x86)GOG.comThe Witcher 2 Enhanced Editionbinwitcher2.exe (anda boleh buat shortcut sendiri).

Finish TWEAKING

Yup thats it, selamat jika anda telah berhasil untuk bermain the witcher 2 yang jauh lebih nyaman karena static FPS, dan dengan image quality yang disesuaikan dengan spesifikasi anda.

Pemmz JajanRamdhan promo

Leave a Reply