Dell Latitude XFR E6420 Review | Military Grade Notebook

Overview

Kali ini Team R&D akan mencoba untuk Review Notebook Dell Latitude XFR  E6420 yang merupakan Notebook Kelas Extreme Durable. Biasanya digunakan untuk kalangan Militer atau User yang biasanya kerja di lapangan, karena memang Notebook ini di khusus kan untuk ketahanan ; dalam arti tahan banding, terjatuh, jika terbakar hangus data anda dalam storage tetap terlindung. biasanya yang menggunakan ini Tentara pasukan khusus, wartawan, dan beberapa User pekerja lapangan yang membutuhkan Notebook yang durability. Bahan yang digunakan untuk chassis adalah duraliumneh yang merupakan dasar dari bahan chasis yang digunakan.

Dell XPS ini walaupun Extreme Durable bukan berarti dia merupakan Notebook Gaming namun lebih kepada Workstation Notebook, karena prioritas nya bukan untuk bermain game namun lebih kepada ketahan pada penggunaannya. Kita akan menguji performanya namun tidak fokus ke Gaming.

Spec :

  • 14.0″ HD (1366×768) LED
  • Intel Core i7-2620M Dual core 4 Thread 2,7 GHZ Boost up to 3,4 GHZ
  • 8GB DDR3 1333Mhz
  • NVIDIA QUADRO NVS4200 (512MB DDR3)
  • 750GB 7200RPM Hard Drive
  • Genuine Windows 7 Professional
  • DVD RW Optical Drive

Spesifikasi nya sudah jelas kalo memang untuk digunakan untuk Workstation , penggunakan Nvidia Quadro memang akan diperuntukan untuk animator dan Aksitek yang akan menggunakan CAD, dapat juga digunakan untuk desain grafis untuk mendapatkan advantage dari Nvidia Quadro. Untuk Processor Dell tidak tanggung-tanggung menggunakan kelas Intel core i7 pada 2620M untuk kebutuhan multitasking Notebook dell ini sudah menjanjikan, 8GB memory merupakan standar dari Workstation . 750GB 7200rpm sudah sangat cukup untuk kebutuhna data anda, Windows 7 yang digunakan adalah profesional, dari pilihan ini sangat jelas kalo Dell ini memperuntukan Worstation Notebook, 14 inc HD ready, pemilihan yang di mengerti karena notebook ini bukan untuk multimedia yang harus menyertakan Full HD, namun mungkin seharusnya Dell memberikan untuk layar 1600 x 900 untuk kenyamanan,

Penampakan

Workstation area

Pada Workstation area terlihat Keybaord yang berkonsep ciklet yang merupakan favorit pada Vendor Notebook, Keybaord dari dell ini menggunakan toots yang nyaman untuk digunakan mengetik dalam waktu yang cukup lama , karena miliki body yang kokoh dan berlapiskan Rubber menjadikan area palm rest nyaman. Karena Notebook ini menggunakna 14 inc maka Keyboard yang disertakan tidak Full Keyboard.

Front Panel

Pada Front Panel dari Dell latitude XFR ini memiliki bahan yang sama dengan keseluruhan body, yang sangat kokoh dan kuat, desain khusus dari dell ini memang sengaja diperuntukan untuk kepentingan khusus . menggunakan bahan Balistic armor rugged chassis material . untuk itu perlu diketahui juga kalo Notebook Dell ini tahan panas berkat quadcool technology untuk thermal management.

Front panel (berdiri)

Jika Pada posisi berdiri anda dapat melihat jelas kalo bentuk Notebook akan menyerupai Koper, sehingga kerika anda sudah selesai menggunakannya, tinggal ditutup dan siap untuk dibawa. Untuk Panel depannya dapat lebih jelas kalo ditengah terdapat Dell Logo berwarna biru yang sudah hampir blend dengan bahan casing, dan kiri kanannya terdapat tipe XFR yang emboss , menambah kegagahan dari keseluruhan desain.

Panel Belakang

Pada bagian belakang kita dapat melihat terdapat Gigabit ethernet pada bagian kanan, di tengah terdapat Baterai , 3 total jumah baterai didalamnya, sehingga anda tidak aakn takut kehabisan baterai saat dedang bekerja , untuk dapat melihat akses baterai anda perlu membuka panel nya terlebih dahulu seperti yang tertera.

Panel sebelah kiri

pada panel sebelah kiri terdapat serial port, D-sub port, ventilasi udara, dan Hot swap hard disk drive. dan sama seperti panel belakang kalo semua ditutup dengan panel kembali untuk perlindungan jika tidak digunakan dari debu ataupun kotoran yang dapat menyebabkan konslet atau hal lain yang tidak diinginkan.

Panel Depan

Pada bagian depan terdapat SD card reader yang dapat anda gunakan untuk data anda, sama seperti yang lain pada card reader juga terdapat penutup untuk melindungi bagian dalamnya.

Panel kanan

Bagian kanan terdapat PCI express card, headphone jack, Hotswap optical drive, wifi switch, HDMI dan Esata. dari segi konektifitas memang cukup lengkap untuk anda dapat gunakan secara instal, terlebih lagi beberapa komponen bersifat Hot swap sehingga dapat di ganti tanpa harus membongkar bagian dalam dari Notebook.

backlight Keyboard

Bagian Keyboardnya memiliki Backlight jadi anda tidak perlu khawatir jika harus bekerja dalam ruangan gelap, ketika di testing pada ruang gelap, backlight keybaord akan menerangi keseluruhan keyboard untuk lebih jelas.

Dari bagian penampakan sudah dapat mengcover keseluruhan fungsi yang ditawarkan oleh Dell ini, dan semua fungsi memang lengkap untuk kebutuhan mobile, dan panel yang melindungi masing-masing komponen merupakan salah satu nilai baik dari Notebook ini.

Performance Test

Untuk menguji Performance dari Dell Latitude XPS ini tidak akan konsentrasi pada gaming capability, karena memang diperuntukan untuk Workstation dan ketahanan lamanya, kita akan memasukan test untuk 3d benchmarking namun tidak akan disertakan sebagai penilaian. kita akan melakukan komparasi langsung dengan kompetitotr dell XFR langsung yaitu Panasonic Toughbook yang juga memang sangat terkenal.

Kita ikut sertakan untuk 3d mark benchmarking untuk yang 2006 yang mewakili kinerja Direct 9 dan hasilnya kalo Dell XFR memenangkan peforma secara telak, dikarenakan juga GPU yang digunakan berbeda, namun untuk quadro 4200 ini merupakan score yang cukup baik .

Pada baterai testing Notebook Dell XFR menang telak dari panasonic toughbook dengan komparasi yang sangat luamyan yaitu beda 2:30 menit, untuk testing baterai kita lakukan dengan charging sampai full dan digunakan secara normal (tidak berat) hanya browsing dan Office dengan keterangan layar 50% .

Booting time merupakan hal yang sangat crusial karena User tidak ingin mengunggu proses lama ketika sedang di lapangan. dari hasil test membuktikan kalo panasonic harus mengakui kalo Dell memenangkan dengan selisih detik.

File tranfer testing dilakukan dengan cara masing-masing notebook mengkopi file Film HD sebesar 4,7 GB, dari hasilnya terlihat kalo Dell Latitude XFR sangat tinggi performa file tranfer nya jika dibanding panasonic .

Pc mark Vantage digunakan untuk menggambarkan kinerja Notebook secara keseluruhan , hasil yang didapat kembali Dell latitude memenangkan keseluruhan kinerja sistem yang lebih baik dan lebih cepat, perbedaan overall peforma keduanya mencakup tinggi.

Satu-satunya testing yang Dell kalah adalah Wifi card perfomance, kita lakukan testing untuk wifi performance dari 1500m, hasilnya throughput yang didapat pada mb/sec adalah Panasonic Toughbook dengan 25 mb/sec memenangkan tesing wifi performance .

Conclusion

Dell Latitude XFR memang merupakan Notebook yang sangat lengkap dari segi konektifitasnya dan memiliki peforma tinggi di kelasnya serta peforma baterai yang sangat baik dan tahan lama, sebagai standar militer, Dell berhasil menciptakan produk yang solid dan peforma tinggi. memang ini bukan Notebook untuk setiap orang, namun tetap terdapat User yang memiliki kebutuhan dari Notebook ini.

PROS :

– High Performance over compatitor

– Workstation class GPU (quadro)

– extreme durablity

– tahan banting, terbakar

– hot swap HDD and Optical

– recovery data implementation

– Relatif Lightweight

– Core i7 sandy bridge

– Great Tranfer rate

CONS :

– Wifi card Performance

– only 1366×768

FAIR :

– Very expensive

loading...

6 KOMENTAR

    • Hallo bro Himawan, untuk unit ini sudah tidak available. mungkin bisa konsultasikan ke sales kita unit penerusnya, atau alternatif produk yang menawarkan fitur sejenis. Silakan hub no tel 021 569 73669 atau via chat di Online Store kita di new.pemmz.com
      Thanks

Tinggalkan Balasan