Samsung 7 Series Gaming Laptop Review | Samsung 700G7C-S01 Gaming Laptop

OVERVIEW

Samsung memang termasuk pemain baru dalam dunia Notebook Gaming, biasanya samsung sering dalam produksi reguler notebook dan Ultrabook serta netbook, segment Gaming baru aja diadakan, dan Notebook Samsung series 7 merupakan salah satu Notebook Gaming terbaik yang pernah kita lakukan testing, bukan hanya kami yang menyukainya namun beberapa reviewer lain juga mengatakan hal yang sama, Bagaimana kah Samsung bisa langsung sejajar dengan beberapa Noteb0ok gmaing sudah lama bermain di dunia itu. Kenapa bisa begitu mari kira simak sama-sama Reviewnya.

Spesifikasi

Spesifikasi yang digunakan dari Samsung 700G7C-S01 adalah sebagai berikut :

  • Intel core i7 3610QM Ivy bridge
  • 16 GB RAM DDR3 1600
  • 1.5TB with ExpressCache™ Technology, 8GB
  • NVIDIA® GeForce® GTX 675M Graphics
  • Blu-Ray drive
  • 17.3″ 1920×1080 High quality LED from Samsung
  • 4 W Stereo Speaker (2 W x 2) sub-Woofer
  • 2 USB 3.0, 2 USB 2.0 (1 Sleep-n-Charge)
  • 7-in-1 (MS, MS Pro, SD, SDHC, MMC, MMC plus, xD)
  • 2.0 MP Webcam, Bluetooth v4.0, 802.11 abg/n.

Dari spesifikasi yang disediakan samsung, kita sudah dapat menilai kalo pemilihan Hardwarenya sangat tepat, mulai dari penggunaan Ivy bridge sebagai processor dan Geforce GTX 675M yang merupakan High end Notebook GPU card, serta jumlah memory dan perlengkapan lainnya sudah memenuhi syarat sebagai Notebook Multimedia dan Gaming kelas berat, yang sangat hebat juga adalah Kualitas Layar LED samsung ini sangat memukai dan merupakan salah satu layar terbaik, Sepakernya juga bagus, dan memproduksi suara tinggi sangat baik. bisa dibilang Notebook performance yang hampir sempurna.

FEATURE

Easy Switch mode , terdapat switch di sebelah kanan dari samsung yang berisikan 4 mode yaitu Green mode, library mode, balanced mode, Gaming mode, Fungsi ini berkaitan langsung dengan power option yang terdapat pada Windows, namun disini anda dapat mengcustom masing-masing mode nya melalui software dari samsung nya untuk beberapa pilihan template dari samsungnya , yang paling terlihat dari gaming mode, karena setiap masuk ke gaming mode akan ada sedikit animasi yang bergerak yang diakhiri oleh wallpapernya, sangat inovatif dan menarik.

Display your Skill, pada Samsung series 7 ini menggunakan LED backlight display dengan Glossy surface beresolusi Full HD, mungkin layar Full HD untuk gamers sudah sangat biasa namun Samsung menyediakan kualitas layar yang sangat bagus untuk Gamer dan Movie serta office user, warna yang ditampilkan tajam dan cukup akurat sangat baik juga untuk Desain Grafis, Dan jika masuk ke dalam Gaming mode layar akan mengatur warna dan gamma untuk gambar yang terbaik untuk Gamers , ini merupakan kemampuan hebat .

More power to Play,  Samsung series 7 dilengkapi dengan Corei 7 3610 yang merupakan sumber tenaga untuk horse power dari Notebook anda karena powerfull pun anda tidak perlu takut kepanasan karena, dilengkapi Cooling system yang sangat dapat diandalkan, Fan pendingin terdapat dua buah kiri dan kanan, selain itu juga terdapat backlight keyboard WSAD yang digunakan oleh gaming. 

Samsung termasuk dari salah satu vendor Notebook yang menyediakan speaker berkualitas, di Notebook Series 7 ini speaker nya menghasilkan suara yang baik, terutama pada High mid, dapat di provide dengan sangat baik, namun lack pada low sound, walaupun begitu jika anda mendengarkan suara yang dihasilkan pasti anda akan mengerti kenapa disebut bagus.

PENAMPAKAN

Panel Depan

Pada panel depan ini Samsung menggunakan surface Glossy sehingga terdapat efek pantulan cahaya, dan bermotif seperti gradasi warna antara abu-abu dan putih, disamping disertakan logo Samsung yang menghiasi secara keseluruhan dari Tampilan Panel Depan.

Workstation Area

Pada Workstation area Samsung betul2 mempersembahkan ruang kerja yang solid dan lega, touchpad letak pas dibawah spacebar, ini membuktikan kalo layout keyboard yang baik, palm rest yang cukup luas untuk tangan kita bersandar, Tombol keyboard yang sangat enak digunakan.

Panel Kiri

Pada Panel sebelah kiri terdapat, security lock , AC adaptor, Gigabit, Analog D-sub, HDMI out, display port, 2xUSB 3.0, Card reader 2.0, Audio panel. dari device yang disediakan sangat terlihat kalau samsung sangat memperhatikan User, salah satu contohnya dari Analog D-sub yang disertakan untuk penggunaan monitor lama dan proyektor, disertakannya Display port untuk anda yang membutuhkan output 10 bit untuk keperluan grafis tentunya.

Panel Kanan

Pada Panel sebelah kanan terdapat 2x USB 2.0 DVDRW, dan easy mode switch.

Panel belakang

Pada Panel belakang cukup jelas kalau terdapat Exhhaust FAN outake (sirkulasi udara keluar) jadi semua udara panas akan keluar melalui panel belakang ini .

keyboard panel

Pada Panel keybaord kita dapat melihat kalo jenis keybaord yang digunakan bukan ciklet seperti pada umumnya Notebook sekarang ini, namun bedanya Samsung menggunakna Semi mechanical keyboard untuk gamers yang bernama ergonomic u-shaped keys , bagi samsung ini lebih berfungsi dibanding ciklet yang tidak semua orang dapat menggunakannya, dan hasilnya pun benar keybaord yang digunakan samsung series 7 sangat nyaman digunakan.

Performance

Untuk sesi Performance kita akan memasuki dua metode test yaitu Synthetic Benchmark dan Real World gaming testing, dalam hal ini kita membedakan karena untuk standarisasi dari setiap User berbeda dan tentunya dalam hal Real word Gaming test lebih akurat karena itu merekam kita secara alami karena sembari dimainkan gamenya. untuk Synthetic tetap kita sertakan sebagai stadarisasi Benchmark dunia yaitu Futuremark.

Synthetic Benchmark

Dalam 3d mark 06 yang mewakili kinerja DX 9 dari sebuah system, menyatakan kalo samsung memiliki kemampuan untuk menjalankan Game DX9 dengan optimal tanpa adanya masalah.

vantage masih sering digunakan walaupun dia sudah termasuk benchmark yang cukup tua, namun masih dapat diandalkan untuk mendapatkan peforma game DX10, dan hasilnya pun Samsung sekali lagi sangat memumpuni dalam bermainkan setiap game DX 10 tanpa harus adanya takut akan tidak kuatnya system.

3D mark 2011 merupakan 3d mark paling terakhir dan terberat, walaupun begitu Samsung tetep mendapatkan score tertinggi dibandingkan yang lainnya, game DX11 memang belum banyak namun pelan-pelan tapi pasti akan tergerak semua game ke arah DX11 .

Real World Gaming Test

Battlefield 3 merupakan Game DX11 kami menggunakan Auto config karena pada BF3 setiap resolusi yang digunakan dan di support akan generate detail setting yang akan digunakan, dan untuk auto confignya BF3 dapat dijalankan secara lancar dan dengan minimum fps yang sangat baik yaitu pada 45 FPS. ini merupakan scaling performance yang sangat baik. Good Job samsung.

Crysis 2 merupakan game DX 9 sampai disertakannya patch 1.9+DX11 patch + high resolution texture, menjadikan Crysis 2  salah satu game DX11 terbaik untuk image quality, dari hasil yang dihasilkan pada testing kali ini minimum FPS ada pada 36 FPS ini merupakan diatas standar aman, Crysis Very high sangat mumpuni pada Samsung series 7.

max payne 3 merupakan Game yang belum lama di Rilis, dan dengan dukungan DX 9, DX10 dan DX11. pada testing kali ini kita akan menggunakan DX11 pada mode high dan FXX aa pada Very high, hasil yang didapat cukup bagus, walaupun minimum FPS ada pada 31 namun itu masih dalam batas toleransi yang sangat aman untuk minimum FPS dalam games.

Mafia 2 merupakan game yang cukup demanding, texture yang bagus serta efek partikel yang detail membuat game ini layak untuk dijadikan real word performance testing, hasil grade yang didapat adalah B dan avg pada 66FPS, ini tidak perlu dipungkiri memang sangat optimal dalam menjalankannya.

Lost planet 2 meruapkan game yang cukup berat, berat karena grafik yang digunakan tidak main-main, texture yang setail serta efek post processing yang luar biasa, dalam test di Samsung  ini mendapatkan Ranking B dan ini merupakan nilai yang baik, karena dapat bermain dengan FPS yang aman pada mode APi DX11 .

Game fighting terbaru dari capcom yang phenomenal yaitu Street fighter X Tekken yang menggabungkan 2 kubu dari SF dan Tekken, disertai gerakan yang fluid game ini secara natural menjadi salah satu standarisasi testing kami optimize untuk multi core arsitektur, testing dilakukan dengan detail tertinggi dan disertai Antialiasing 8x, hasilnya yang diadapat sangat baik yaitu AVG FPS pada 135, anda tidak perlu khawatir dalam menajalankan game ini karena memang sudah sangat optimal.

Resident Evil 5 adalah benchamark favorit kami karena scaling CPU vs GPU sangat baik, pada testing yang kami lakukan pada game ini dapat berjalan dengan lancar pada mode DX 10 dan semua detail pada High dan motion blur pada on. tingkat FPS yang dihasilkan cukup baik semua berada diatas 60 FPS pada setiap area nya dan AVG FPS pada 114.5 FPS.

Batman arkham city merupakan salah satu game yang dapat menggunakan DX11 API secara optimal namun memang jika ditambah dengan Nvidia Physx jadinya terdapat sedikit drop pada minimum FPS pada 24, jadi jika anda ingin memainkan game Batman AC ini pada samsung 7 series anda tinggal matikan Nvidia Physx dan anda akan lancar dalam setiap permainan.

CONCLUSION

Tidak banyak kata-kata yang bisa diucapkan dari samsung 7 series Gamer edition ini, karena mulai dari Spesifikasi , layar, audio, peripihal, konektivitas semua disajikan sangat lengkap dan disertai Peforma yang sangat bagus untuk multimedia dan gaming, Bagi anda yang menginginkan satu Notebook untuk semua Solusi anda dapat menggunakan Samsung ini dengan tanpa rasa kuatir.

PROS :

– GREAT performance

– Audio quality

– superb LED display

– prestige gamer stuff

– turbo mode

– nice keyboard implementation

– Raid and rapid smart storage

– native SATA dan USB 3.0

– display port

CONS :

……..

pemmz-gr8est

Tinggalkan Balasan