MSI GT60 ONC Review | New MSI Notebook Review

OVERVIEW

MSI merupakan salah satu Vendor yang agresif dalam melakukan update untuk setiap produknya, salah satunya adalah MSI GT 60 ONC terbaru yang berbasiskan Intel Processor Ivy bridge terbaru. MSI GT60 merupakan 15.6 inc Notebook berbasis kelas gaming yang memiliki performance tinggi, untuk dukungan fitur-fiturnya tidak tanggung-tanggung , pada revisi kali ini selain spesifikasi MSI juga menambahkan beberapa fitur baru seperti Super Raid, network card dari Killer E2200, keyboard steelseries with backlight keyboard, audio boost for headphone User dan perkembangan lebih lanjut daru Turbo drive Engine. dari fitur terbaru tersebur kita dapat membayangkan kalo betapa serius nya MSI ingin menjadi terbaik di kelasnya. apakah fitur terbaru tersebut memang berpengaruh secara langsung kepada Gaming performance ? Kita saksikan Ulasan Review ini ;

SPESIFIKASI

Spesifikasi MSI GT60 ONC :

  • Intel Core i7 3610QM quad core with 8 thread
  • 8GB RAM DDR3
  • Nvidia Geforce GTX 670M 3GB GDDR5
  • 750Gb HDD 7200rpm
  • Killer E2200 gigabit Ethernet
  • Intel Wifi N
  • Dyna Audio Speaker
  • 2x USB 3.0, 2x USB 2.0
  • Blueray drive
  • Steel series Keyboard with backlight technology

Dari spesifikasi yang diberikan sudah terlihat kalo MSI GT60 ini sangat capable digunakan untuk gaming, mulai dari penggunaan intel i7 terbaru berbasis Ivy bridge, dan Nvidia GTX 670M serta Killer gigabit Ethernet, dari ketika komponen tersebut sudah membuktikan kalo MSI GT 60 ini selain memang kelas Notebook Gaming namun juga memiliki standarisasi yang baru dan sangat lengkap untuk memanjakan Gamer.

FEATURE

Untuk lebih mengetahui akan fitur – fitur terbaru dari MSI GT60 ini kita akan ulas satu-persatu sebagai berikut :

Super Raid

Ini sebenarnya hanya fungsi Raid yang memang kita kenal sebelumnya , namun kenapa MSI menamakan super Raid ini karena Raid yang digunakan adalah SSD yang menggunakan interface m-SATA, m-SATA ini memang baru ada pada intel chipset terbaru yang berbsasis ivy bridge yang berguna untuk dipasangkannya SSD mini ke dalam motherboard dalam hal ini MSI GT60 mendukung 2x m-SATA yang akan di raid 0 untuk kecepatan SSD yang lebih cepat, ini meupakan fitur yang sangat bagus dan phenomenal karena dengan tradisional HDD yang semakin boros listrik 3x HDD raid 0 sudah tidak bijak lagi untuk kosumsi daya . SSD raid 0 ini akan menawarkan peforma yang luar biasa dengan kosumsi daya yang optimal. Tentu dengan adanya m-SATA SSD maka OS sebaiknya diinstallkan pada m-SATA ssd raid karena akan menawarkan speed dan responsif yang sangat tinggi. untuk storage MSI juga masih dapat dipasangkan 1 unit HDD yang anda bisa gunakan sebagai DATA storage besar.

(Note : untuk MSI GT60 onc yang kita review belum menggunakan super raid namun masih spesifikasi yang menggunakan hdd)

Killer gigabit Ethernet card

Jarang sekali Notebook yang menggunakan add-on gigabit ethernet card, biasanya pilihan untuk default ada pada Realtek based gigabit ethernet, namun MSi membuat standarisasi baru karena pada MSI gt60 onc ini yang digunakan adalah Gigabit ethernet yang spesialis untuk Gamers, Killer merupakan produsen network yang spesialiasi pada optimasi penggunaan network pada video games, misalkan untuk bermain Online game, bukan berarti gigabit standar tidak bagus namun Killer ini memang sangat bagus latency nya sehinnga komunikasi antar perangkat lebih cepat lagi sehingga untuk Online Gaming tidak terjadi lagging ataupun segala macam gangguan  yang sering dialami gamers. ini merupakan suatu standarisasi tinggi namun merupakan langkah bagus dari MSI karena memang ini semakin memperjelas kalau MSI memang mengerti perangkat yang diinginkan Gamers.

(Note : perlu diketahui juga untuk penggunaan game online tetep bergantung pada internet provider yang menyediakan speed yang memadai untuk menjalankan game online tersebut)

Audio Boost

Audio boost ini bermaksud untuk para pengguna Headphone yang memiliki impudence tinggi, pada MSi GT series ini tidak mengalami volume nya kecil, jadi ini sepeti Headphone ampli namun bukan secara Hardware namun secara software yang berguna untuk menambah volume up to 30% untuk menambah kenyamanan dalam bermain. pada panel audio dari MSI GT 60 ini disertai juga Gold plated untuk menambah alur banwith data audio yang lebih baik, secara logika nya akan membuat kualitas lebih baik dibanding non gold plated. dukungan audio 7.1 masih sama seperti pada seri GT sebelumnya.

PENAMPAKAN

Setelah mengulas fitur-fitur baru dari MSi GT 60 sekarang kita akan melihat bentuk fisik nya

Front panel

Bagian depan daripada MSI GT60 ini sekarang disamakan dengan MSI GT 7 series yaitu dengan bahan lapisan anti gores yang membawa kesan alumunium, ditengah nya dihiasi dengan MSI logo yang dapat menyala (berwarna putih) membawa kesan istimewa dan exclusive, pada bagian sampingnya memiliki bahan plastik kualitas tinggi berwarna hitam, jika dibanding yang seri GT 680 sebelumnya menggunakan panel glossy hitam metalic, beberapa orang mungkin lebih menyukai tampilan depan yang sebelumnya karena lebih eye candy, namun secara garis besar tidak terlalu berpengaruh ke pada aesthetic keseluruhan.

Wordkstation area

pada bagian dalam, dapat dilihat kalo MSI masih mempertahankan lokasi touchpad pada bawa spasi yang berarti bilai plus karena akan memudahkan dan menambah kenyamanan pengguna, selain itu Steel series sekarang juga disertakan pada seri MSI GT 60 yang sebelumnya pada GT680 belum disertakan dan bersama backlight keyboard yang dapat menyala hingga anda dapat gunakan keyboard pada tempat yang kurang cahaya, backlight keyboard dapat dicustom sesua selera dari masing-masing letak keyboard nya. untuk panel atas keybaord MSI masih menggunakan softtouch untuk beberapa fungsi untuk fitur wifi, TDE, FAn speed, eject disc drive, fitur ini juga menambah nilai plus karena membawa fisik lebih indah dibanding tombol. Pada tengah atas kita bisa melihat tombol power. Untuk display MSI menggunakan high quality Matte LED monitor 15.6 inch yang beresolusi FULL HD, diatas display terdapat mic untuk voice dan Webcam HD untuk Video chat.

Left Panel

Pada Panel sebelah kiri MSI menyertakan 3x USB 3.0 , Card reader dan exhaust fan outake yang berguna untuk mengeluarkan udara panas dari dalam casing Notebbok, ini berarti secara tidak langsung MSI GT60 diperuntukan untuk right handed mouse User.

Right Panel

Pada Panel kanan kita mendapatkan 7.1 audio panel yang dilapisi Gold Plated, 1x USB 2.0, Blueray drive, untuk keseluruhan panel masih sama layout nya dengan generasi sebelumnya yang juga menggunakan lokasi yang sama persis. Pada panel belakang terdapat DC adaptor, Gigabit ethernet,D-sub analog, e-SATA 3.0, HDMI dan exhaust outake, untuk fitur e-SATA anda bisa gunakan prangkat external anda untuk langsung digunakan, HDMi anda bisa gunakan untuk output diplay di monitor external, D-sub analog (VGA konektor) juga disertakan ini merupakan perhatian yang bagus karena kita dapat menggunakan Projektor analog jika memang diperlukan ranpa bantuan konverter.

Secara keseluruhan bentuk fisik dari MSI GT 60 onc bernilai baik dan elegan, disertakannya koniktifitas yang cukup lengkap menandakan Notebook ini selain untuk bermain game namun dapat digunakan juga untuk produktifitas dan workstation yang sangat memdai, namun sayangnya memang dari generasi sebelumnya tidak disertakan firewire yang setidaknya membantu untuk Video produktifitas penggunanya, selain fire wire kekurangannya lainnya ada pada PCIM express card yang tidak disertakan pada model ini karena pada generasi sebelumnya disertakan.

Performance

Tentu ini merupakan topik yang ditunggu oleh sebagian besar Gamer yang membaca blog ini, memang merupakan keharusan untuk disertakannya Testing Performance yang dibagi 2 yaitu Synthetic benchmark dan Real World Gaming Test, kedua nya bermaksud untuk dapat memenuhi standarisasi dari Performance test yang akan user bandingkan dengan Vendor lain atau dengan spesifikasi lain. Real word test tentu berguna untuk memberikan gambaran kinerja dari Game-game yang menjadi favorit dan optimal.

Synthetic benchmark

3dmark06

3d mark 06 mewakili benchmark untuk kinerja directX 9, walaupun benchmark ini cukup berumur namun kita sertakan juga sebagai standarisasi karena masih sangat banyak atau bahkan masih digunakannya API DX9 oleh para developer games, ini juga karena sekarang ini game banyak di develop pada Console hebat sepeeti PS3 ataupun Xbox 360. walaupun cukup berumur namun 3d mark 06 masih bisa menjadikan patokan gamer untuk memainkan game-game DX9 yang memang sudah lebih optimal. Hasil dari score nya menandakan MSI GT 60 sangat capable untuk memainkan game-game Dx9 bisa dilihat juga untuk score individualnya HDR/SM3.0 nya besar dibanding SM2 karena memang optimalisasi driver yang terus semakin matang.

3dmarkvantage

Pada vantage yang menggunakan API DX10, digunakan untuk membawa bayangan kinerja untuk game berbasi DX10 dan pada nilai yang dihasilkan MSI GT 60 adalah optimal dan tidak terdapat masalah dalam menjalankan game-game DX10 terbaru, namun walaupun begitu game-game DX10 sekarang ini dominan digantikan kepada library DX11 karena tidak optimalnya DX10, para developer tidak konsentrasi ke API ini namun walaupun begitu vantage masih dapat menjadi patokan score untuk kinerja keseluruhan dari game-game terbaru.

3dmark11

3D mark 2011 merupakan 3d mark paling terakhir yang berbasis DX11 API, dan digunakan untuk mendapatkan gambaran kinerja daripada game-game DX11 yang sekarang ini baru-baru aja rilis, walau terlihat dengan score kecil namun dengan nilai tersebut Notebook ini dapat secara optimal menjalankan game terbaru DX11 dengan lancar (walaupun beberapa game tidak semua dapat dengan detail setting tertinggi pada resolusi Full HD). ini dikarenakan memang tidak semua game DX11 menggunakan Full fitur dari DX11 karena masih tergolong baru, developer masih menggunakan campuran antara DX9 dan DX11.

Pada hasil testing Synthetic Benchmark ini dapat disimpulkan kalo secara stadarisasi MSI GT60 dapat menajalankan game-game terbaru ataupun yang lama dengan optimal dan dengan detail yang tinggi, namun untuk beberapa judul game berbasis DX 11 mungkin anda perlu menurunkan beberapa setting detail jika bermain DX11 pada Full HD. selain itu semua dapat dijalankan dengan lancar dan optimal.

Real World Gaming Test

Batllefield merupakan Game berbasis DX 11 yang menggunakan Engine Hebat bernama Frostbite, dengan engine ini Battlefiled 3 berhasil membawakan suasanan bermain yang jauh berbeda dibanding game sebelumnya. dalam testing kali ini kita menggunakan Full HD auto config agar memastikan kalo system dapat berjalan dengan semestinya dan tidak terjadi masalahm pada mode auto MSI GT 60 mayoritas mendapatkan level medium dan texture Very High, jika anda ingin mencoba ke High silahkan namun untuk ke Very high tidak dianjutrkan menggunakan Full HD, anda haru melakukan turun resolusi agar dapt bermain dengan nyaman. secara experience gaming tidak terdapat masalah dan game dapat dimainkan dengan optimal pada MSI GT 60 ini.

Crysis 2 bersama patch 1.9, patch DX11 dan patch high resolustion texture menjadikan Crysis 2 game yang sangat memukai dari segi graphic, dari Crysis 1 pun sudah menjadi standarisasi Benchmark untuk High end System, untuk Crysis 2 pada MSi GT60 onc ini dapat berjalan optimal walaupun terdapat minumum FPS pada 28 pada saat heavy battle namun tidak lama langsung naek lagi ke FPS diatas 30, jika anda masih merasa tidak nyaman waktu memainkan crysis 2 ini, turunkan detail ke high maka anda akan mendapatkan FPS yang nyaman baik minimum FPS sekalipun. secara garis besar Crysis 2 dapat dimainkan dengan lancar tanpa masalah pada MSI GT60.

Max Payne 3 merupakan game baru yang berbasis DX11, namun bisa juga menggunakan DX9 dan DX10 namun fitur-fitur DX11 seperti Teselatation  hanya ada pada mode Dx11, sehinnga DX11 yang kami pilih untuk testing pada MSI GT60 ini, hasil yang didapat cukup baik minimum FPS pada 27 dan avg pada 39, minimum FPS yang terjadi masih ada pada titik toleransi yang aman, jika anda inginkan minimum pada diatas 30 bisa testing pada mode FXAA nya pada high (testing dengan very high) kita untuk maxpayne ini tidak memakai MSAA dalam testing karena masih MSAA pada Max payne 3 berbeda dari game lainnya dan banyak sekali memakain VRAM walaupun GTX 670M disertai 3GB, untuk jalur datanya yang 192 bit tetep akan membuat peforma secara keseluruhan turun.

Mafia 2 merupakan game yang memiliki built in benchmark dan mafia 2 memiliki efek partikel yang bagus sehingga disertakan untuk standarisasi gaming testing kami, dari sini kita memakai setting tertinggi dari yang ditawarkan kecuali Apex Physx yang tidak kita on kan, hasilnya avg FPS pada 53 fps dan ini termasuk berjalan dengan lancar dan tidak ada kendali.

lost planet 2 merupakan salah satu game berat karena kualitas tingkat grafis yang tinggi dan efek-efek yang memukau, kami senang melihat gambar dari lost planet 2 ini, dan sebagai salah satu dari stadarisasi kami Lost planet menyediakan benchmark built in, dan kita menggunakan testing B yang memang memakai resource CPU dan GPU dengan maksimal. dari hasil yang ada mendapatkan rank B ini merupakan nilai yang bagus dan optimal, jika ingin mencapai FPS yang lebih tinggi bisa mematikan fitur motion blur yang memang agak memakai resource dari CPU yang berlebih.

Resident Evil 5 adalah benchamark favorit kami karena scaling CPU vs GPU sangat baik, pada testing yang kami lakukan pada game ini dapat berjalan dengan lancar pada mode DX 10 dan semua detail pada High dan motion blur pada on. tingkat FPS yang dihasilkan cukup baik semua berada diatas 60 FPS pada setiap area nya.

Game fighting terbaru dari capcom yang phenomenal yaitu Street fighter X Tekken yang menggabungkan 2 kubu dari SF dan Tekken, disertai gerakan yang fluid game ini secara natural menjadi salah satu standarisasi testing kami optimize untuk multi core arsitektur, testing dilakukan dengan detail tertinggi dan disertai Antialiasing 8x, hasilnya yang diadapat sangat baik yaitu AVG FPS pada 107, anda tidak perlu khawatir dalam menajalankan game ini karena memang sudah sangat optimal.

Dari Testing Real world game ini kita dapat simpulkan dari segi performance kalo MSI GT60 ini memang kelas Notebook high end yang dapat diandalkan untuk anda bermain game-game terbaru dengan lancar, untuk game-game yang berbasis DX11 anda mungkin untuk beberapa game harus menurunkan Detail setting jika ingin bermain pada resolusi Full HD yang tentunya tidak menjadi masalah.

Conclusion

MSI GT60 ONC merupakan Notebook gaming kelas 15.6 inc yang dapat diandalkan untuk bermain game berat dan disertai fitur-fitur yang dapat memanjakan gamer, mulai dari Keyboard backlight, Speaker Dynaaudio, Super raid, semua disediakan MSi untuk gamer dapat lebih nyaman menggunakannya, adanya native USB 3.0 akan membawa peforma USb copy yang lebih cepat dan stabil, layar matte yang beresolusi Full HD dapat digunakan juga oleh Design grafis ataupun multimedia User tanpa adanya masalah refleksi pantulan jika sedang di outdoor, dukungan 7.1 sound card merupakan nilai lebih jika anda ingin memakainya untuk speaker multi canal untuk produksi suara yang lebih baik lagi. secara keseluruhan merupakan System Notebook yang solid untuk games dan multimedia.

PROS:

  • high Performance system
  • Matte display screen
  • Backlight keyboard
  • nice layout keyboard
  • M-SATA SSD support (super RAID)
  • DYNAUDIO speaker system
  • Native USb 3.0 support
  • Blueray drive
  • Nice mouse and headset Bundel
  • Nice turbo implementation (TDE)
  • 7.1 audio support
  • nice headphone output

CONS :

  • no PCIM express card
  • no fire wire
  • no display port output

FAIR :

  • Big Adaptor
  • battery life

Video Review

loading...

Tinggalkan Balasan