Sager NP 9150 Review | Sager OEM Custom Review

Overview

Sager sangat dikenal sebagai salah satu High performance Mobile system , Notebook nya dapat di custom di sesuaikan dengan kebutuhan dan budget nya, Sager dapat di custom hingga ke level tertinggi dari masing-masing typenya. Bentuk nya memang love and hate, ada yang suka dengan low profile adapun yang tidak menyukainya, core utamanya dari sager ini adalah Custom, jadi pada dasarnya Sager memang di Custom setiap pembeliannya untuk disesuaikan dengan Customernya. Untuk Sager yang di review ini merupakan Sager terbaru ukuran 15.6 inc yang mendukung chipset dan processor terbaru yaitu Intel ivy bridge, GPU Nvidia GTX terbaru dan AMD radeon HD terbaru, selain Hardware juga dari sager sendiri melakukan beberapa fitur baru seperti backlight keyboard, native USb 3.0, speaker by onkyo. Ini merupakan perubahan yang significant karena standarisasi Notebook Gaming sekarang sudah memiliki fitur-fitur tersebut.

Spesifikasi

Spesifikasi Sager NP 9150 pada review kali ini adalah

  • Intel Core i7 “ivy bridge” 3610 Quad core 8 thread
  • 8GB RAM DDR3 1600
  • Nvidia Geforce GTX 675M 2 GB GDDR5
  • 500GB HDD 7200rpm
  • DVDRW supermulti
  • 2.1 Onkyo speaker system
  • 7.1 capable Sound card audio
  • 15.6 glare LED display Full HD
  • backlight Keybaoard
  • wifi N, Bluetooth, Card Reader, firewire, e-Sata, HDMI, DVI, USB 3.0, M-sata

Spesifikasi yang digunakan pada review kali ini merupakan spesifikasi yang high end class, dengan menggunakan core i7 dan 8GB Ram serta GPU GTX 675M, dan siap untuk menjadi mesin game anda.  core i7 ivy bridge memiliki kinerja 10-15% marginal lebih tinggi daripada Sandy bridge dan GTX 675m memiliki 384 CUDA cores identik dengan GTX 580M (memang nvidia melakukan Re-brand) dan dukungan memory sampai 32 GB tentunya sangat upgradeable, untuk memainkan game-game sekarang sudah sangat memadai dengan resolusi Full HD. untuk memastikannya kita kan lakukan testing sebagai berikut.

Penampakan

Sebelum kita ke performance, akan lebih baiknya jika kita melihat dari bentuk fisik dari Sager NP 9150 berikut ini :

Workstation area

dari perspektif diatas, dapat dilihat bahwa Notebook Sager NP 9150 ini memiliki body tampilan yang kokoh dan solid, layout keyboard nya sangat bagus dan memiliki backlight yang warnanya dapat di custom melalui software, touchpad nya cukup baik ketika dipakai memberikan kesan halus tidak kesat, letak touchpadnya sudah cukup baik walaupun tidak secara langsung dibawah spacebar sebagai letak yang paling optimal untuk kenyamanan penggunaan.

Front panel (Tampak depan)

Pada Front panel Sager NP 9150 menggunakan bahan yang tidak mengkilap (matte) dengan smooth finishing menambah kesan solid dan exclusive, warna nya abu-abu kebiruan.

Keyboard Panel

panel keyboard memiliki tombol yang bagus dan empuk sehingga nyaman digunakan untuk segala keperluan baik mengetik maupun bermain Games, kelebihannya sekarang Sager menyertakan Backlight keyboard yang bisa di custom warnanya melalui software, secara overal keyboard yang nyaman digunakan.

Panel kiri

Pada Panel sebelah kiri terdapat Firewire, Gigabite LAN, 2x USB 3.0 (based on intel chipset), e-SATA 3.0, Card Reader. Penempatan perangkan tersebut pada sebelah kiri memang pantas untuk penggunaa mouse tangan kanan karena tidak akan mengganggu pengguna mouse tangan kanan. USB 3.0 sudah native, yang berarti bukan lagi dari chipset lain namun berasal dari Chipset intel terbaru yang berbasiskan ivy bridge. firewire untuk perangkat storage anda dan video editing, gigabit LAN, e-Sata 3 yang merupakan standar konektifitas sebuah Notebook PC.

Panel Kanan

Pada panel sebelah kanan kita menemukan DVDRW supermulti (bisa di upgrade ke Blueray drive), 7.1 capable sound card audio, 1x USB 2.0 dan security lock. Tidak semua Notebook memperhatikan untuk output suara sampai konfigurasi 7.1 , tata suara 7.1 ini digunakan oleh Sager karena Notebook ini memang berbasiskan untuk Gamer dan Multimedia user, sehingga fitur audio untuk memanjakan telinga dengan efek tentu sudah dipertimbangkan.

Panel Belakang

Untuk panel belakang terdapat 2x outake air (lubang sirkulasi udara ), Display port, HDMI, DVI, dan adaptor conector. lubang sirkulasi dapat di manfaatkan dengan baik karena sumberpanas dapat keluar dengan sangat baik, kekurangannya mungkin jika sedang bermain game terdapat kebisingan yang terdengar walau tidak terlalu mengganggu, Display port connector untuk output ke monitor yang memiliki display port, ini merupakan big plus karena dengan adanya display port berarti Notebook anda capable untuk output 10 bit colour bahkan lebih. HDMI merupakan digital connector yang menjadi standar output digital, DVI untuk output kr monitor maupun projektor, sayangnya tidak ada analog/d-sub untuk dapat digunakan pada projektor atau display monitor tipe lama.

Speaker Onkyo

Sekarang ini masing-masing vendor berlomba-lomba untuk juga dapat menyajikan speaker Notebook yang berkualitas, seperti Altec Lansing pada Asus, Klipsch pada Alienware, Dynaudio pada MSI, Harman kardon pada Toshiba dan Onkyo pada Sager.  Sayangnya pada logo Onkyo nya terdapat tulisan speaker installed yang seharusnya tidak perlu dijelaskan karena merusak aesthetic dari Notebbok tersebut.

Sager menggunakan onkyo sebagai speaker untuk andalah mereka untuk User nya dapat menikmati suara yang lebih baik dari standar speaker notebook pada umumnya. untuk testing memang harus didengar langsung oleh telinga masing-masing, namun yang kami sudah testing kualitas suara output yang dihasilkan sudah diatas rata-rata, untuk perbandingan kualitas suara yang dihasilkan suara onkyo dari Sager ini diatas Altec lansing dari Asus , namun masih dibawah yang lainnya, kurangnya adanya feel staging yang dihasilkan dari onkyo.

Performance

Kita sampai pada sesi Performance untuk mengukur Kinerja daripada Sager NP 9150 ini, untuk testingnya ada beberapa test yang akan dilakukan, pertama Synthetic Benchmark dan Real word gaming Performance, kedua metode ini dilakukan untuk standarisasi testing yang sudah ada ada review sebelumnya dan juga untuk mengukur kinerja lebih optimal.

Synthetic Benchmark

3d mark 06

3d mark 06 ini termasuk benchmark yang cukup lama, namun masih menjadi patokan untuk mengukur kinerja system dalam menjalankan Game DX9, untuk score yang dihasilkan dapat diwajarkan karena memang untuk Notebook dengan spesifikasi ini sangat mumpuni untuk bermain Game-game DX9 dengan sangat lancar, sehingga score nya termasuk tinggi.

3dmark vantage

3D mark Vantage menjadi standarisasi untuk bayangan kinerja game-game DX10, dan pada Sager ini kinerja yang dihasilkan sangat baik dan optimal untuk memainkan game-game DX10, ini juga berkat driver dari Nvidia yang terus mengoptimalkan untuk benchmark dari futuremark. singkatnya SAger NP 9150 ini dapat memainkan game DX 10 dengan detail yang tinggi.

3D Mark 2011

3Dmark 2011 merupakan benchmark terbaru yang menggunakan Full API dari DX11. dan untuk tingkat score yang dihasilkan sangat baik, walaupun terlihat kecil namun pada 3 ribuan itu sudah menandakan kalo perangkat yang digunakan sudah mampu bermain game berbasis DX11 dengan sangat optimal walaupun tidak dengan detail setting yang tertinggi, namun performance wise Sager NP 9150 ready untuk game-game DX 11 mendatang.

Dari Synthetic benchmark yang dihasilkan pada masing-masing versi dapat diambil kesimpulan kalo kinerja secara marginal keseluruhan memenuhi standarisasi untuk bermain game dengan konfigurasi tinggi dan dapat berjalan dengan FPS yang memadai. Kita akan menuju ke testing Real word Performance .

Real Word gaming Performance test

Battlefield 3 merupakan Game fps yang berbasis DX 11 dan juga terkenal dengan technology engine nya bernama Frostbite. pada testing ini kita memakai setting 1920×1080 (Full HD) bersamaan dengan detail setting auto, kita memilih auto karena game ini jika dimainkan pada high akan memunculkan efek mouse lagging, sehingga setelah testing untuk peforma keseluruhan memakai auto untuk testing dan hasil nya sangt baik minimum ada pada  diatas 30 dan avg pada 57 FPS ini merupakan configurasi optimal untuk performance wise + image quality.

Crysis  2 merupakan salah satu game favorite untuk benchmark untuk performance dan image quality, image quality pada crysis 2 sangat memukau makanya untuk User sebaiknya mengupdate patch crysis 2 yang 1.9 dan disertai patch DX11 dan high resolustion texture untuk mendapatkan image quality tertinggi. pada High quality (merupakan konfigurasi terkecil dari crysis 2) Sager dapat menagani nya dengan sangat baik. maka dari itu kita menaikan setting hingga Very high alhasil Crysis 2 masih dapat dimainkan dengan sangat lancar, untuk setting extreme masih sangat tidak nyaman untuk dimainkan pada Full HD, sehingga jika anda mau memainkan setting extreme sebaiknya anda menurunkan setting ke 1600×900 untuk FPS yang memadai pada detail itu.

Lost Planet 2 merupakan Game yang cukup berat dikarenakan penggunaan texture yang besar dan efek yang memukau, pada test A testing dilakukan untuk menguji Sager untuk menjalankan game deangan bebarapa environment yang berbeda untuk overal gaming experience , untuk Test B testing dilakukan untuk menguji kinerja secara keseluruhan dan push to the limitnya CPu karena terdapat efek physic dan penggunaan texture yang besar-besaran. masing-masing test mendapatkan rating B dan ini termasuk cukup bagus karena avg berada diatas 35 FPS untuk keduanya. anda pun siap untuk menjalakan game ini tanpa perlu khawatir.

Resident Evil 5 Benchmark merupakan salah satu dari favorite kami, karena kinerjanya balance antara kebutuhan CPU dan GPU sehingga performance akan meningkat sesuai meningkatnya processor dan GPU terbaru dengan teknologi baru, dari testing mendapatkan score S dan ini merupakan kategory score tertinggi yang tidak perlu di khawatirkan untuk Game yang ingin memainkannya pada di Sager NP 9150 ini.

without Phsyx Apex
With Physx APEX

mafia 2 merupakan Game yang memiliki fitur Physx yang sangat heboh, disertai juga storyline yang bagus, dari benchmark yang dijalankan dengan detail high mendapatkan score B dan itu merupakan FPS avg pada 60 fps.  Mafia 2 merupaka game TWIMTBP jadi fitur APEX nvidia terdapat/ di support pada game ini. dan ketika benchmark Physx apex dijalankan hasilkan score keseluran dari game ini menurun, karena memang game yang menggunakan fitu Physx akan menjadi 2-3x lebih berat dari yang biasa, untuk dapat nyaman untuk menggunakan apex physx anda dapat turunkan setting ke medium dan resolusi dan nyalakan apex physx. namun secara keseluruhan benchmark yang dihasilkan pada game ini sangat baik.

Street Fighter X Tekken merupakan game fighting yang sangat phenomenal selain system tag fight juga terdapat dua jagoan dari SF dan Tekken . Memang jadinya Tekken harus mengikuti gaya bertarungnya dari street fighter, game ini memiliki built in benchmark sehingga kita dapat menggunakan untuk mengukur performa yang dihasilkan, standarisasi nya kita menggunakan setting high detail dan Full HD serta antialiasing 8x, Rank  yang didapat itu A dan avg FPS ada pada 139 FPS, ini merupakan score yang bagus.

Max payne 3 merupakan game yang belum lama dirilis, kesempatan ini kita juga melakukan testing untuk Sager Np 9150 untuk ukuran kinerja dengan game baru, max payne 3 mendukung API DX9, 10 dan 11 sehingga untuk scalling performa dapat beragam, namun karena ini merupakan Laptop High end kita akan melakukan testing untuk Full HD DX11 very high dan FXAA pada very high. hasilnya sangat memuaskan karena game ini dapat dimainkan dengan minimum FPS pada 41 dan AVG pada 50 FPS, namun memang kita tidak menyertakan MSAA pada testing kali ini karena kita sudah menggunakan layar Full HD dan FXAA tidak perlu kembali membebani lebih berat lagi karena MSAA pada max payne 3 berbeda dengan game lainnya serta memakan banyak VRAM.

Conclusion

Notebook Sager NP 9150 memang cocok menyandang gelar Gaming Laptop High end , karena setiap testing yang dijalankan dapat memenuhi ekspetasi dari Gamer untuk memainkan game-game terbaru dengan lancar, dengan adanya customisasi tentunya anda masih bisa menambahkan spesifikasi ke yang lebih tinggi lagi, seperti SSD drive, blue ray drive, ram yang lebih tinggi, dan GPU yang lebih tinggi seperti GTX 680M. ini merupakan BIG PLUS dari Sager karena upgradeable dan Custom friendly. Sehingga untuk kedepannya jika anda memang ingin spesifikasi lebih tinggi anda tidak perlu membeli laptop baru. konektifitas yang lengkap juga menjadi plus dari sager ini seperti firewire merupakan salah satu yang jarang sekali ada pada Notebook sekarang. Tidak perlu Ragu lagi jika memang anda mencari Notebook Powerfull dan upgradeable tidak salah lagi Notebook Sager NP 9150 sangat dianjurkan.

PROS :

– High Performance Notebook

– Customize spec

– Upgradeable

– Nice keyboard button

– backlight keyboard

– ivy bridge mikro processor

– FULL HD display

– 2 years Warranty

– M-sata support

– Onkyo speaker

– low profile looks

– 7.1 capable Sound card audio

CONS :

– speaker label not appropiate

– speaker sound quality cannot compete with dynaudio or harman kardon

FAIR : 

– Big and heavy Adaptor

– Love and hate Models

loading...

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan