MSI GE60 Review | MSI new Multimedia Gaming Notebook

MSI adalah salah satu Brand yang benar-benar mengikuti perkembangan Zaman dan tidak ragu dalam merilis seri terbaru mereka tidak lama setelah prosesor Ivy Bridge resmi dirilis, hal ini terlihat dari munculnya laptop-laptop berbasis Ivy Bridge seperti MSI GT70 dan MSI GE60 serta MSI GT60  yang juga disertai GPU baru dari Nvidia seri 6xx. Pada kesempatan kali ini Pemmz akan melakukan Review untuk MSI GE60 yang merupakan Notebook Kelas multimedia dan workstation + Gaming yang dapat diandalkan untuk segala kebutuhan usernya, apakah semua yang diklaim oleh MSI itu benar ? Mari simak Review ini.

Keyboard Layout

Walau MSI GE60 merupakan Notebook Multimedia Gaming, namun tetap dipersenjatai dengan keyboard Steel Series yang merupakan Gaming choice keyboard, sama seperti Gaming Notebook milik MSI lainnya yang juga disertai layout keyboard yang hampir sama. Layout Steel Series merupakan salah satu dari yang terbaik untuk design notebook kelas gaming keyboard, Secara layout memang dipikirkan untuk kenyamanan dalam bermain game seperti yang terlihat dari gambar di atas. Tombol-tombol yang sering digunakan membentuk segitiga. MSI juga menghilangkan gangguan seperti Windows shortcut yang dipindahkan ke sebelah kanan agar saat bermain game tidak terjadi kesalahan dalam menekan tombol yang mengakibatkan kita keluar ke windows di tengah-tengah permainan.

Sound System

Dari segi suara, MSI GE60 menggunakan Panel Audio yang dilapisi Gold sehingga hasil suaranya lebih baik dibanding dari laptop atau notebook yang ada pada ummnya, selain itu dengan dukungan software MSI yang mampu memboost sistem output sebesar 30% enhance system sound, menghasilkan audio yang stabil dan sangat berguna sebagai untuk pengguna Headphone  untuk mendapatkan suara yang keras disertai detail yang jelas. Selain itu MSI juga mendukung THX studio pro yang dijadikan sebagai codec untuk menggunakan berbagai enhance sound dari THX dan sesuai standar THX.

TDE Engine

Sama seperti Laptop gaming lainnya MSI invent teknologi TDE (Turbo Drive Engine) yang secara pintar mendeteksi segala load kerja dari user dan mengadjust clock speed diatas standar (namun pada batas aman) untuk kepentingan more performance, ini sangat berguna jika anda sedang menggunakan Notebook ini untuk bekerja pada load software yang berat dan juga Gaming. namun walaupun pada mode turbo mode mode jika tidak terdeteksi aplikasi yang membutuhkan full load, maka TDE akan secara pintar juga menurunkan clock speed sesuai kebutuhan .

Cooler Boost

Dengan adanya TDE engine, MSI juga menyertakan Cooler Boost Technology yang berfungsi untuk membuat kipas atau fan berjalan pada kecepatan penuh ketika diperlukan, misalnya saja saat kamu berada di ruangan yang tidak panas atau dengan sirkulasi udara yang kurang, walau sedikit bising namun tidak mengganggu performa saat kita sedang beraktifitas dengan Notebook kita.

Display 16:9 wide LED non-glare display

MSI GE60 menggunakan layar 15.6 Inch Anti Glare atau lebih dikenal dengan layar Matte dengan resolusi Full HD, Sangat cocok untuk kamu yang senang berada di outdoor atau diruangan yang terang, karena tidak akan membuat silau mata kamu dan mengurangi kelelahan pada mata saat sedang bermain game dan gambar jadi lebih tajam.

GPU Boost

GPU boost adalah teknologi yang dirancang untuk membantu proses performance dan meningkatkan kinerja diatas standar jika dibutuhkan, atau membuat kinerja lebih stabil dan disesuaikan dengan load dari aplikasi yang digunakan.  Battery Saving juga bekerja dengan cara switch GPU discreete ke Onboard GPU.

TAMPILAN

Seperto biasa sebelum ke sesi performance kita akan lihat dari penampakan dari MSI GE60 sebagai berikut :

Front panel

Front Panel dari MSI GE 60 ini mengalami perubahan dari sisi design, untuk design terdapat corak yang menghiasi keseluruhan panel sehingga tampil lebih manis lagi, bahan casing menggunakan bahan plastik high quality dengan kualitas build qualtiy yang bagus.

Tampak dalam

Dari Tampak Dalam dapat terlihat MSI GE60 menggunakan Full keyboard dan touchpad yang ditetapkan dengan standar sama dengan MSI gaming lainnya , berada dibawah spasi keyboard, dengan keyboard dari steel series yang nyaman digunakan untuk gaming.

Tampak kiri

Dari tampak kiri dapat dilihat terdapat security lock, DC adapter,exhaust fan, USB 2.0, HDMI out, 2x USB 3.0, front panel audio.

Tampak kanan

dari tampak kanan bisa terlihat optical DVD drive, USB2.0, D-sub out, Gigabit LAN.

Dari Penampilan boleh dibilang MSI GE60 memiliki segala masalah konektivitas mulai dengan adanya USB 3.0 untuk high speed USB tranfer, HDMI output untuk output display,front panel audio semua basic dan keperluan output standar dari multimedia sudah terpenuhi dengan baik.

Real world benchmark

testing dari PC mark Vantage dapat dilaksanakan tanpa adanya masalah, dan dari hasil yang tertera PC mark score mencapai 9991, dan ini merupakan overall score yang sangat baik, semua fungsi dapat dijalankan dan fitur yang ada dari MSI GE60  tanpada ada kendala, dari score sekian untuk keseluruhan kinerja multimedia sangat baik.

3D mark Vantage mencapai score yang sangat bagus, ini terbantu daripada kinerja CPU yang mengagumkan, karena ivy bridge teknologi, yang bekerja sangat efisien, untuk kinerja GPU juga 384 shader core sangat membantu kinerja 3d secara keseluruhan. ini membuktikan juga laptop ini merupakan kelas laptop Gaming yang mainstream dan optimal. untuk game dx 10 dapat dijalankan dengan baik.

Real Gaming Benchmark

Resident Evil 5 

Resident Evil 5 merupakan game yang memanfaatkan GPU dan CPU sehingga dalam standar benchmarking sangat diperlukan untuk scaling kinerja. dan dari MSI GE60 , kinerjanya sangat baik, ini membuktikan GPU kelas GT (mainstream) sudah naek kasta ke termasuk tingkat atas, dan dibandtu juga oleh kinerja dari CPU ivy bridge terbaru.

Lost planet 2 merupakan game yang sangat demanding dan sama seperti resident evil 5 juga lost planet memanfaatkan multi core CPU arsitektur, semakin efisien kinerjanya semakin baik kinerja secara keseluruhan. dari GSI GE60 ini score yang didapat sangat baik, setiap area dapat lancar dimainkan dengan FPS diatas 35 pada high detail.

CRYSIS 2

pada Crysis 2 testing kita mendapatkan rata-rata 40an pada resolusi 1600×900 dan detail high mode DX9 ini juga membuktikan kinerja GT650 sangat baik, Crysis 2 merupakan GPU Bound jadi proecessor tidak terlalu banyak membantu, dalam hal ini GT 650M dapat dikategorikan debagai Gaming class GPU yang capable untuk bermain crysis 2.

Unigine Heaven benchmark

Kami tidak memasukan Unigine sebagai synthetic benchmark karena kinerja lansgung berhadapan dengan Gaming serta kestabilannya, jadi bayangan kinerja DX 9 dan DX 11 dapat didapdat dari benchmark ini (game-game terbaru) dari sisi test kita melakukan testing DX11 dengan high detail dan Tesselation pada normal level. hasil yang didapat cukup respectable untuk menjaalan game DX11 namun tidak dengan FULL hd dan detail high, namun bisa pada 720p dan detail medium-high.

Conclusion

MSi GE60 merupakan Multimedia Gaming laptop yang memiliki kinerja yang tinggi serta fungsionalitas lengkap dari MSI serta harga yang sesuai dengan kinerjanya untuk saat ini.

PROS :

  • Intel Ivy bridge Processor
  • GT650M with 384 shader
  • FULL HD resolution
  • USB3.0
  • Matte screen
  • THX support

CONS :

  • bentuk fisik yang sama dengan sebelumnya
  • speaker belum dyna audio

Pemmz Video Review MSI GE60

 

Rolly Edward

pemmz-gr8est

5 KOMENTAR

  1. ulasannya keren mas bro !!!

    Mau tanya ni Batrenya menyatu ama body pa g ya & berapa harganya yg i7 ??

    Makasih 😀

Tinggalkan Balasan