Bermain Game Console melalui Emulator (Part I)

OVERVIEW

Bermain Game di PC memang sangat menyenangkan, terlebih lagi dengan dukungan dari Graphic quality yang sangat memukau, Game di PC sangat beragam dengan berbagai kelas, semua umur, dewasa, dan remaja, semua kategori dapat dilihat dari Game yang Anda beli atau baca melalui Review. lalu bagaimana dengan Console? mengapa Console sangat banyak diminati oleh kebanyakan User dalam hal memainkan Game? apakah lebih baik daripada PC ?

Console adalah mesin hiburan yang bersifat interaktif dan menggunakan sinyal video untuk dapat menampilkan game pada sebuah display. jadi secara spesifik console memang didesain, dioptimalisasi dan diperuntukan untuk bermain game. lalu apa kelebihannya dibanding PC ? apa istimewanya Console sehingga sangat populer? console pada dasarnya memang diciptakan untuk bermain game, berbeda dengan PC yang diciptakan untuk melakukan pekerjaan, dari dasarnya memang kedua platform ini sangat berbeda. Namun mengapa terdapat PC gaming? PC gaming memang diciptakan sebenarnya bagi para gamers dewasa saja dan mini game namun sejalan dengan perkembangan teknologi PC yang telah maju pesat sehingga mampu mengolah Grafis lebih cepat dan lebih baik dibanding Console, maka PC gaming muncul karena demanding dari beberapa Gamers yang menginginkan kinerja dan image quality yang jauh lebih baik dibanding console.

Jika kita bicara Image Quality, Kinerja keseluruhan, multitasking, PC adalah segalanya, namun mengapa Console tetep sangat populer ? Popularitas console semakin besar bukan hanya karena Mesin console yang terus berkembang saja menjadi revisi baru, namun koleksi dan jumlah jenis game yang interaktif dan menarik menjadikan pengalaman Gaming yang tidak dapat digantikan.

Berarti yang sekarang yang jadi masalah untuk gaming PC adalah, console memiliki judul dan koleksi game yang tidak terdapat pada PC lalu bagaimana kah solusinya ? Solusinya adalah dengan bermain game console pada PC, bagaimanakan caranya ?

Bermain Game Console melalui Emulator pada PC platform

Salah satu solusi untuk bermain game console pada PC adalah Emulator, Emulator adalah Software yang melakukan simulasi, dalam hal ini Software PC yang berkerja untuk melakukan simulasi menjalankan Mesin console melalui Software. emulator sangat populer di kalangan PC gamer karena software nya ini merupakan FREE dan dapat bermain game-game console. walaupun begitu ada sedikit minus nya dalam bermain game pada emulator yaitu anda diwajibkan untuk memiliki sistem yang cukup powerfull untuk dapat bermain Emulator dengan lancar, karena dengan menjalankan simulasi dari software akan membutuhkan system solid untuk dapat menjalankannya.

Beberapa Software Emulator yang Populer yaitu :

  • Dolphin ( emulator Gamecube dan nintendo wii)
  • PCSX ( emulator playstation)
  • PCSX 2 ( Emulator playstation 2)
  • Chankast ( emulator Sega Dreamcast)

Emulator yang disebutkan diatas merupakan Emulator paling populer dan masih dikembangkan oleh masing-masing developer untuk penyesuaian dengan Hardware terbaru yang beredar sekarang ini.

Dolphin

Emualtor ini digunakan untuk bermain game gamecube dan nintendo Wii, dan dolphin sangat berkembang pesat dan semakin banyak judul game yang kompatible mengikuti dari revisi baru.

System Requirement dari Dolphin : (diambil dari http://dolphin-emulator.com)

Dolphin makes use of two processors if present!

  • Windows XP or higher, or Linux, or MacOSX Intel.
  • Fast CPU with SSE2.
  • GPU with Pixel Shader 2.0 or greater. Some integrated graphics chips work but it depends on the model (and only with DirectX 9).

Runtime Library Requirements

You will need the libraries listed below to run Dolphin:

Video Card Requirements

You must have a video card that supports OpenGL 2.x fully or Direct3D 9.0c. Make sure your graphic drivers are up to date.

System yang digunakan untuk testing adalah sebagai berikut :

MSI GX660 

  • intel core i7 740QM
  • 12GB RAM
  • 320GBx2 Raid 0
  • Nvidia Geforce GTX 570M 1,5GB GDDR5

Game Rom yang digunakan adalah Resident Evil 1 (rameka from PS1 version )

Berikut langkah-langkah untuk Emulator Dolphin :

  1. Download Dolphin terbaru pada website http://dolphin-emulator.com/
  2. stelah download lakukan instalasi
  3. setelah instalasi selesai lakukan configurasi seperti keterangan dibawah ini :
  • buka dolphin sampai muncul tampilan seperti gambar dibawah ini :
Interface Dolphin

Dari interface diatas anda dapat melihat kalo interface yang digunakan oleh dolphin simple dan bersih, toolbar yang tersedia cukup informatif dan mudah dimengerti.

  • Klik Graphic, anda akan masuk ke menu graphic disini anda akan melakukan setting untuk tampilan dalam memainkan game nya
General setting
  • Pilih Backend yang sesuai dengan dukungan dan kemampuan GPU anda , setelah itu pilih Resolusi Full screen yang akan digunakan yang tentu disesuaikan dengan Resolusi native dari display anda, untuk aspect ratio bisa disesuaikan dengan aspect ratio display monitor anda. untuk setting lainnya bisa anda sesuaikan dengan selera anda namun dianjurkan untuk menggunakan setting defualt untuk selain yang disebutkan diatas.
  • Setelah dari General graphic setting sekarang ke setting untuk enhancement seperti gambar dibawah ini
enhancement setting
  • Pada enhancement setting anda akan melakukan setting untuk Internal resolution, ini berbeda fungsi dari full screen resolution karena ini mencakup daripada resolusi dari pixel yang digunakan pada i game nya, jadi semakin tinggi internal resolusinya akan semakin bagus gambar yang dihasilkan, untuk berapa nilai pas nya anda harus melakukan testing yang bagus untuk  performance sesuai dengan hardware yang anda gunakan.
  • Setelah enhancement anda akan melihat dari tab hack sesuai dengan gambar dibawah ini

  •  Pada Hacks anda akan melihat fitur-fitur yang mungkin anda tidak akan familiar, singkatnya dari hack ini gunanya untuk mengakali jika games mengalami slow down karena engine game yang berat ataupun hardware yang kurang memadai, untuk defaultnya sebenarnya anda tidak perlu merubah-rubah dari setting yang ada, namun jika anda memang ingin mencoba silahkan di test untuk trial & error dari setiap setting yang ada. pada dasarnya setting pada Hack ini bersifat harmless.
  • Berikutnya untuk audio setting , anda pada interface utama anda klik audio pada toolbar maka akan tampil sebagai berikut :
  • Untuk audio setting pada gambar diatas, defualt setting sudah bisa dapat digunakan dengan lancar, namun mungkin ada beberapa game yang perlu dirubah untuk DSP emulatornya, jadi ketika anda mengalami masalah pada sound silahkan anda rubag ke beberapa DSP yang tersedia. (pastikan juga anda menggunakan Driver Sound card anda ke seri terbaru) .
  • Sekarang untuk bahasan untuk Basic Setting  seperti gambar dibawah ini :
Basix Setting Dolphin
  • Untuk basic setting seperti diatas dapat dilihat kalo enable dual core dan idle skipping dan dianjurkan kalo 2 setting ini pada mode enable, frame limit (FPS limit) anda bisa atur untuk limitasi frame per second (biasanya untuk kenyamanan gameplay), untuk Advance setting CPU emulator Engine pastikan pada JIT recompiler untuk stabulitas dan performance
  • Pada setting gamepad untuk Gamecube anda bisa lakukan di tabb gamecube seperi gambar dibawah ini :
Gamecube setting
  • Untuk setting controller, alokasi hdd untuk memory card anda bisa setting disini pastikan untuk memory card anda harus melakukan assign untuk folder untuk media pemyimpanan, untuk controller anda dapat assign jika memang anda menggunakan controller. jika tidak anda bisa assign untuk keyboard usage dan mouse.
  • Setelah setting konfigurasi selesai sekarang anda tinggal memasukan .iso yang berisi game dari gamecube.
Browse for ISO
  • Untuk alokasi folder iso anda buka File lalu pilih browse for .iso sebagai tempat tetap untuk menyimpan kolek game iso anda.
  • Setelah selesai anda tinggal klik game nya dan klik tombol toolbar Play , jika anda melakukan setting dengan benar maka game akan segera tampil pada window baru. (tekan alt+enter untuk memasuki Full screen dan windowed) dan tekan esc untuk keluar dari game dengan cepat.

Jika sudah berhasil untuk melakukan setting seperti petunjuk diatas, anda sudah dipastikan dapat masuk kedalam game yang anda punya ROM nya. berikut terdapat SS dari game Resident Evil 1 Remake :

Conclusion

Bermain Console game pada PC merupakan suatu kenikmatan sendiri karena anda memang anda diperlukan untuk Trial Error untuk bisa memainkan dengan lancar, Kami tidak membahas secara detail untuk masing-masing konfigurasi karena masing-masing spesifikasi yang digunakan berbeda sehingga tidak akan sama jadi diperlukan testing secara berkala utuk kestabilan dan mencapai image quality terbaik VS performance. Jika memang ingin lebih jauh untuk research anda bisa kunjungi website sebagai berikut :

Rolly Edward

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan