Adobe Photoshop Lightroom
Adobe Photoshop Lightroom

Adobe Photoshop Lightroom adalah sebuah aplikasi dari Adobe yang khusus digunakan untuk mengolah foto dengan cepat dan mudah. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai bagaimana cara membuat foto terlihat lebih halus atau membuat efek blur untuk memberi efek kenangan pada sebuah foto dengan menggunakan Adobe Photoshop Lightroom versi 3.3.

Foto Awal (Sebelum Edit)
Foto Awal (Sebelum Edit)

Sama seperti pada tutorial Lightroom sebelumnya, hal pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan import foto atau gambar dengan cara membuka aplikasi Adobe Photoshop Lightroom sebelumnya.

Pada tutorial kali ini, saya akan menggunakan foto Anjing saya yang lucu dan menggemaskan. Tubuhnya pendek namun panjang ke belakang. Dia baru berumur 7 bulan. Oke, cukup ceritanya, sekarang kita lanjut ke langkah-langkah untuk membuat efek blur kenangan ini.

Edit Setting
Edit Setting

Langkah pertama adalah membuka menu Developer yang sudah saya bahas pada tutorial sebelumnya, kemudian kita harus mengatur Exposure, Exposure yang saya gunakan adalah +0,32 namun ini adalah settingan yang bisa berubah sesuai selera, jadi setting semenarik mungkin menurut Anda sesuai dengan kebutuhan Anda. Guna Exposure adalah untuk menambah kontras cahaya.

Setelah itu, atur Fill light sesuai keinginan Anda. Ada pun Fill Light berguna untuk menambahkan atau mengurangi cahaya pada foto. Kemudian atur Black yang gunanya untuk menggelapkan foto, sehingga ada kontras antara cahaya dengan bayangan. Atur sesuai keinginan Anda.

Kemudian atur Clarity dan Saturation sesuai keinginan Anda. Clarity berguna untuk membuat blur atau membuat foto menjadi jelas. Sedangkan Saturation berguna untuk menajamkan warna gambar.

Edit Detail Setting
Edit Detail Setting

Hal berikutnya yang sebenarnya optional adalah pengaturan pada Detail. Untuk pengaturan Detail, saya sudah bahas pada tutorial sebelumnya, silakan kunjungi tutorial sebelumnya. Pengaturan Detail berfungsi untuk mempertajam detail pada foto.

Kemudian pada Noise Reduction yang berfungsi untuk mengurangi noise atau gangguan pada gambar, Anda bisa mengaturnya sesuai keperluan dan lihat perbedaannya. Luminance gunanya untuk membuat kontras pada keseluruhan gambar menjadi lebih kecil sehingga terlihat lebih halus, sedangkan detail berfungsi untuk memperhalus detail yang telah dipertajam.

Hasil Edit
Hasil Edit

Maka hasilnya akan menjadi seperti gambar di atas.

Pengurangan efek Blur
Pengurangan efek Blur

Jika Anda merasa efek blurnya berlebihan, Anda bisa mengurangi Clarity, Exposure, dan Fill Light. Maka hasilnya akan jadi seperti di atas.

Mempertajam Gambar
Mempertajam Gambar tanpa Blur

Dan apabila Anda tidak ingin membuat efek kenangan, dan hanya ingin mempertajam fokus dan detail, maka hasilnya seperti gambar di atas. Bagaimana? Masih merasa bingung membuat foto bagus dan memiliki efek sesuai keinginan kita? Jika ya, maka silakan posting pertanyaan pada artikel ini. Semoga tutorial ini dapat membantu, selamat mencoba. 🙂

Ryu Kiseki

Pemmz JajanRamdhan promo

Leave a Reply