Mempertajam Foto dengan Mudah | Adobe Photoshop Lightroom

Adobe Photoshop Lightroom
Adobe Photoshop Lightroom

Kecewa dengan detail gambar yang kurang halus dan tajam? Tidak perlu khawatir, karena sekarang kita dapat menajamkan gambar atau Foto dengan mudah hanya dengan melakukan setting sederhana dan tidak akan memakan waktu lebih dari 30 detik terutama bagi Anda yang masih pemula dan membutuhkan waktu yang singkat untuk memperbagus foto. Kenapa harus dengan Lightroom? Kenapa bukan Adobe Illustrator atau Adobe Photoshop? Jawabannya simple, karena Adobe Photoshop Lightroom memang dikhususkan bagi fotografer baik yang sudah mahir mau pun yang pemula.

Angelina Jolie (Hasil Edit)
Angelina Jolie (Hasil Edit)

Lihat contoh di atas, ini adalah hasil jadi dari gambar yang sudah dipertajam, bandingkan dengan foto dibawah ini yang merupakan foto aslinya.

Angelina Jolie (Foto Awal)
Angelina Jolie (Foto Awal)

Bagaimana? Terlihat bedanya? Gambar mana yang lebih tajam? Masih bingung?

Bunga dan Langit Biru (Hasil Edit)
Bunga dan Langit Biru (Hasil Edit)

Mungkin gambar di atas dengan di bawah ini akan memberi perbedaan yang amat jelas pada detail.

Bunga dan Langit Biru (Foto Awal)
Bunga dan Langit Biru (Foto Awal)

Bagaimana terlihat jelas bedanya? Foto hasil editan dengan foto asli?

Foto Pilihan
Foto Pilihan

Kalau begitu, bagaimana caranya untuk mempertajam foto? Berikut langkah-langkahnya. Pertama buka Adobe Photoshop Lightroom dan import foto yang akan diedit atau tekan Ctrl + Shift + I untuk lebih mudahnya. Pada tutorial kali ini, saya akan menggunakan foto dari seorang artis yang terkenal dengan bibirnya yang sexy pemeran Lara Croft dalam serial aksi Tomb Raider.

Develop
Develop

Kemudian pilih menu Developer yang ada di sebelah kanan layar, atau untuk mudahnya tekan Ctrl + Alt + 2.

Sharpening
Sharpening

Pada menu Developer, pilih pilihan Sharpening dan kemudian Setting sesuai keperluan amount, radius, detail, dan masking sampai menjadi sebuah foto yang menurut kamu bagus dan tajam sesuai keinginan kamu. Amount gunanya untuk menentukan jumlah ketajaman, tinggi atau rendahnya. Radius menentukan seberapa jauh jarak jangkau ketajaman yang akan Anda fokuskan. Detail adalah tinggi rendahnya tingkat detail yang akan ditampilkan pada sebuah foto, sedang masking gunanya untuk memberi efek smooth atau memperhalus detail gambar.

Hasil Edit dengan Lightroom
Hasil Edit dengan Lightroom

Hasilnya adalah seperti yang tampak di atas, sebuah gambar dengan detail dan ketajaman yang lebih bagus dari gambar aslinya. Bagaimana? Cukup mudah untuk dipraktekan kan? Selamat mencoba. 🙂

Ryu Kiseki

pemmz-gr8est

2 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan