OVERVIEW

Review Laptop Gaming dari Pemmz untuk Sager NP8170 yang dilengkapi dengan layar 17 inch dan monitor 120Hz refresh rate yang berarti dapat dipadukan dengan Nvidia 3D vision yang memang merupakan fitur andalan dari GPU nvidia seri GTX. Sager Np 8170 merupakan salah satu Laptop Gaming yang dapat di Custom sampai tingkat tertinggi. selain itu dasar konektifitasnya juga sudah sangat lengkap mulai dari USB 3.0, firewire 800, gigabit Ethernet, E-SATA, HDMI, DVI, Card reader, DVDRW, 7.1 sound card, fingerprint. hampir setiap konektifitas workstation ada disini . dan karena mendukung 3d maka terdapat built in Nvidia 3D vision reciever bersama dengan 3d vision glasses dari nvidia. Berikut review dari Pemmz.

PENAMPAKAN

Berikut tampilan dari Sager NP 8170.

Perpective View

Dari tampilan perpective kita dapat melihat bahwa bentuk Sager NP8170 terkesan Elegan dan exclusive, dibalut dengan warna hitam dan panel depan anti scratch serta dilengkapi dengan Tulisan yang merupakan Logo dari Sager dengan warna Silver metalic menambah manisnya laptop ini.

Tampak Kiri

Dari samping Kiri, Anda dapat melihat beberapa konektifitas seperti Caoxial anthena ,2x USB 3.0, 1xUSB 2.0, Firewire 800, Card reader, penempatan USB konektornya juga tidak terlalu berdekatan sehingga memudahkan dalam menggunakan beberapa perangkat USB sekaligus.

Tampak kanan

Dari samping kanan, Anda dapat melihat adanya optical driver DVDRW, 7.1 front panel audio, 1x USB 2.0, security lock.

Tampak belakang

Dari tampilan belakang, kita dapat melihat adanya dual Exhaust (tempat udara panas keluar), Esata, HDMI, DVI, AC konektor. Penempatan sirkulasi yang baik karena diletakkan di belakang, sehingga tidak mengganggu saat kita sedang menggunakan mouse di sebelah kiri atau kanan karena terkena udara panas yang keluar.

Tampak dalam

pada saat laptop dibuka maka akan terlihat seperti pada gambar, terdapat palm rest yang menggunakan anti scratch sehingga mudah untuk dibersihkan tanpa khawatir akan menggores tubuh laptop, touchpad yang ada juga menggunakan bahan yang sama dengan palm rest yang ada, tombol klik kiri dan kanan menggunakan bahan anti slip untuk digunakan secara nyaman, ditengahnya terdapat fingerprint untuk security. Keyboard Sager NP8170 menggunakan ciklet dan merupakan full Keyboard key ala desktop, dilengkapi juga dengan shortcut untuk multimedia menggunakan tombol func.

Keyboard dari jarak lebih dekat
Tampak Front Panel Depan

Performance

Berikut review Performance Sager NP 8170 pada spesifikasi :

  • Intel core i7 2670QM
  • 16 GB RAM
  • Nvidia Geforce GTX 560M 1,5GB GDDR5
  • HDD 750GB 7200rpm
  • 17.3 inc Full HD glossy panel 120HZ
  • DVDRW supermulti drive
  • 2xUSB 3.0, Fire wire, 2xUSB 2.0, coxial, card reader, Esata
  • Card reader
  • HDMI,DVI
  • Nvidia 3D vision built in

Synthetic benchmarking

3Dmark 2006

Pada 3d mark 2006 kita dapat melihat peforma Sager NP8170, dengan score seperti yang tampak pada hasil benchmark, membuktikan bahwa kita dapat memainkan game-game DX9 dengan nyaman pada laptop dan spesifikasi yang digunakan.

3d mark vantage

Dengan 3d mark Vantage, kita dapat mengukur kemampuan sebuah laptop atau PC dalam bermain game pada DX 10 , dan dari score yang ada, kita dapat memainkan game DX10 dengan lancar dan optimal pada Sager Np8170.

3dmark11

Pada 3d mark 2011 dapat dilihat score yang dihasilkan memang kecil, namun kita tetap dapat bermain game pada DX11 dengan melakukan setting pada kombinasi medium dengan FPS yang memadai.

Real gaming Test

Resident Evil 5

Resident Evil 5

Game Resident Evil 5 memanfaatkan kinerja dari multi core CPU dan GPU sehingga boleh dibilang saling mendukung, hingga kinerjanya menggambarkan perfoma keseluruhan, dalam testing kali ini pada FULL HD dan detail high. Artinya Resident Evil 5 dapat dimainkan secara optimal dengan Sager NP8170.

Battlefield 3

Pada game battlefield 3 yang merupakan game Dirext X11, sehingga pada resolusi full HD dengan detail High menjadi sangat terbatas. kami sarankan untuk Nvidia GTX 560 menggunakan resolusi 1600×900. Sedang untuk Battlefiled 3 ada pada high detail preset. untuk Full HD anda bisa Custom GPU ke GTX 580M agar lebih optimal.

Crysis 2

Crysis 2 merupakan game DX9 namun terdapat patch untuk DX 11 sehingga Anda dapat memainkan DX11  dengan install patch 1.9 dan patch DX11, untuk perfoma DX11 sendiri pada full HD high detail sudah lumayan baik namun drop pada 26 fps, untuk lebih amannya ada baiknya kita menurunkan resolusi ke 1600×900 untuk pengalaman bermain yang lebih optimal.

Skyrim

Untuk Skyrim kita bisa menggunakan default auto preset pada high dan resolusi full HD, skyrim dapat dimainkan dengan nyaman tanpa adanya hambatan.

3D Vision Test

Seperti yang kita beritahu sebelumnya kalo Sager NP 8170 support 3d Vision nvidia sehingga Anda dapat bermain dengan mode 3d tentunya.

sebelum kita lihat performa dari 3d vission kita akan lakukan testing dengan konfigurasi resolusi pada 1280×720, medium preset, kami melakukan ini karena jika bermain game dalam mode 3d vision maka Kerja 2x lebih berat karena dia harus memproses 2x output untuk dapat menghasilkan gambar 3d, maka itu kenapa perlu refresh rate pada 120HZ. Mari kita lihat bagaimana hasil dari 3d Vision.

Kita bisa lihat peforma daripada 3d vision ketika kita menurunkan resolusi detail dari FULL HD ke HD 1280×720 dan setting pada game nya kita bikin pada kombinasi antara medium dan high. semua itu untuk mendapatkan peforma yang sepadan dengan FPS yang dihasilkan untuk menikmati game 3D. secara keseluruhan dapat dikatakan peforma 3d lumayan baik, dan pengalaman 3d baru yang sangat menyenangkan.

Kesimpulan

Sager NP8170 merupakan salah satu laptop gaming dan workstation yang dapat di custom dan menjalankan game-game terbaru baik dalam mode 2D atau 3D walau dengan konfigurasi yang tidak full namun tetap dapat membawa Anda ke pengalaman baru dalam layar 3D di laptop Anda. Jika Anda merasa Peforma dengan spek ini kurang untuk Anda, maka Anda bisa mengkonfigurasi laptop ini ke GPU yang lebih tinggi lagi misalkan GTX 580M atau AMD radeon 6990M.

Rolly Edward

Pemmz JajanRamdhan promo

2 COMMENTS

  1. Thx sudah di review. tp kalo bs tolong direview keunggulan n kelemahan
    3dnvidia monitor VS 3d tanpa glasses pada monitor LG dalam hal Pop out dan depth.

Leave a Reply