Alienware X51 Compact Desktop PC Review | Alienware X51 Review

Overview

Alienware Merilis Desktop baru yang berbentuk factor compact, dalam arti kata berdimensi kecil dibanding dengan kakaknya yang memang untuk kelas anthusiast. sebagai Adik kecil, Alienware X51 ditujukan untuk menyaingi Pasar Console gaming seperti PS3 dan Xbox 360 yang memang sangat merajai pasar Gaming saat ini. dengan Form Factor yang kecil, X51 juga dapat Anda Custom mulai dari Procesor Berbasis Core i3 sampai core i7. Konfigurasi RAM sampai 8GB dan GPU berbasis Nvidia disertai dengan koneksi Wifi N sebagai bentuk dari jaringan Nirkabel untuk koneksi internet Anda. dengan spesifikasi dan form factor seperti ini, sangat jelas kalo ini adalah PC compact Desktop untuk Multimedia dan Gaming.

Spesifikasi

Alienware X51 dapat kita Custom Spesifikasinya sesuai budget kita dan keperluan kita. berikut spesifikasi daripada Alienware X51 :

Processor

  • Intel® Core™ i3-2120 3.3GHz (3MB Cache) with Hyper-Threading Technology
  • Intel® Core™ i7-2600 3.4GHz (8MB Cache) with Hyper-Threading and Turbo Boost Technology 2.0
  • Intel® Core™ i5-2320 3.0GHz (6MB Cache) with Turbo Boost Technology 2.0

Operating System

  • Genuine Windows® 7 Home Premium, 64Bit, English

Memory

  • Up to 8GB4 Dual Channel DDR3 SDRAM at 1333Mhz – 2 DIMMS

Hard Drive

  • Up to 1000GB3 SATA hard drive (7200RPM)

Optical Drive

  • Slot-Loading Dual Layer DVD Burner (DVD+-RW, CD-RW(Standard) Slot-Loading Dual Layer Blu-ray Reader (BR-ROM, DVD+-RW, CD-RW)

Video Card

  • 1GB GDDR5 NVIDIA® GeForce® GT 545
  • 1GB GDDR5 NVIDIA® GeForce® GTX 555

Wireless

  • DW1502 Wireless-N WLAN Half Mini-Card

Sound Card

  • Internal High-Definition 7.1 Performance Audio with WAVES MAXX Audio (Standard)

Ports

  • Front I/O Ports (2x) Hi-Speed USB 2.0 (1x) Microphone In (1x) Headphone/Speaker Out Rear I/O Ports (1x) On-board HDMI 1.4 Output (1x) RJ-45 Gigabit Ethernet (4x) Hi-Speed USB 2.0 (2x) SuperSpeed USB 3.0 (1x) Front Left/Right Speakers (1x) Center Speaker (1x) Rear Left/Right Speakers (1x) Side Left/Right Speakers (1x) SPDIF Digital Output (TOSLINK) (1x) SPDIF Digital Output (Coax)

Chassis

  • Physical System Dimensions Height: Front-Height: 13.504″  (343mm) Rear-Height: 12.54″ (318.5mm) Depth: 12.52″ (318mm) Width: 3.74″ (95mm) Starting Weight: 12.1 lbs (5.49 Kg)Color Matte Stealth Black with Dark Chrome Accents Processor and Core Architecture

    Processor Cooling

    Alienware™ High-Performance Air Cooling Chipset Architecture Intel® H61 Express Chipset Motherboard Class Mini-ITX Motherboard Software Alienware Command Center Alien Adrenaline AlienFX™ AlienFusion Software Personalization Options AlienFX™ System Colors Personal Avatar

    Power

    Alienware™ 240 Watt Power Supply (Standard) Alienware™ 330 Watt Power Supply

Cukup lengkap kan pilihan Custom yang ditawarkan oleh Alienware X51 untuk kelas multimedia dan Gaming, walaupun untuk GPU maximum ada pada GTX 555 namun dapat di mengerti mengingat dimensi daripada Form factor casingnya yang sangat compact, jadi dapat dibilang kalo Alienware X51 merupakan HTPC (home theater PC) machine with Gaming Support sampai 1080p.

Processor

X51 memilih menggunakan Sandy bridge processor sebagai sumber tenaga processing yang capable untuk menjalankan semua task dan multitasking anda . Processor sandy bridge memiliki keunggulan dalam menjalan aplikasi single maupun multi thread dengan sangat efisien dan optimal, daya yang lebih irit dan tentuntya dengan speed yang sangat memadai. pilihannya lengkap dari kelas core i3, core i5 dan core i7 . jika anda menggunakan Gaming dan multimedia sebenarnya dari core i3 saja sudah cukup core i3 dibelkali dual core dengan 4 thread . jika core i5 merupakan Quad core 4 thread (tanpa Hyperthreading) , dan yang terakhir core i7 dengan quad core 8 Thread.

Memory

Untuk pemilihan RAM anda dibatasi sampai maksimum pada 8GB dengan speed 1333 DDR3 ini sudah merupakan sweetspot pada gaming. 4GB pun sudah optimal untuk Gaming rig, namun jika anda memang heavy multitasking anda bisa menggunakan ram 8GB. speed terbatas karena meggunakan intel chipset H61 sehingga anda pun tidak perlu menggunakan memory 1600.

Optical drive

Pilihan dari optical drive slot in merupakan pilihan standar yaitu DVDRW supermulti ataupun Blue ray drive, antara suda pilihan anda tinggal pilih sesuai dengan kepentingan anda.

Video Card

Untuk pilihan GPU yang merupakan sumber tenaga untuk display dan gaming anda, Alienware X51 memberi dua pilihan yaitu Nvidia Geforce GT 545, dan Geforce GTX 555 masing0-masing menggunakan 1GB GDDR5. dari dua GPU ini merupakan GPU OEM sehingga anda tidak dapat mendapatkan pada Retailer karena ini merupakan build khusus yang hanya diperuntukan untuk penggunaan Oem. Nvidia Geforce GT545 1GB GDDR5 : dilengkapi dengan CUDA cores sebanyak 144 cores dengan GPU clock pada 870 Mhz dan 1740 Mhz shader speed dengan jalur bandwidth 128 bit GDDR5. untuk GT 545 ini sudah cukup baik untuk Gaming sampai resolusi 1600×900 dengan detail kombinasi High dan medium detail. jika anda menggunakan 1080p akan terasa kurang optimal walaupun mungkin beberapa games anda akan dapat nyaman di 1080p namun untuk standar semua game hanya sampai 1600×900 untuk menjaga keseimbangan antara gameplay, Perfomance dan quality. Nvidia Geforce GTX555 1GB GDDR5: sipersenjatai dengan 288 Cuda cores dengan GPU clock pada 776 Mhz  shader speed menggunakan 1GB GDDR5 192 bit. untuk GTX 555 ini jangan sampai bingung dengan GT 555 versi Laptop gaming. Jangan disamakan karena beda dari mulai spek dan lainnya. untuk GTX 555 sendiri anda sudah dapat secara nyaman bermain pada 1080p (full HD) dengan tidak menggunakan antialiasing, tentu dengan detail High. peformanya sendiri sudah sangat baik berkat teknologi Fermi yang memang dapat dibilang berhasil. Dengan adanya pilihan Custom dari spek utama diatas dapat diketahui pula kalo apapun pilihan speknya kita mendapatkan hasil yang memang untuk multimedia beserta Gaming mainstream. Sebelum kita ke Review performance kita akan lihat dulu penampakan dari Alienware X51.

Alienware X51

Kita akan melihat keseksian dari Alienware X51 melalui penampanakan berikut ini :

Perpective
Tampak samping
Tampak belakang
Tampak depan
Logo Alienware

Dari gambar dapat  dilihat keseksian daripada Alienware X51 yang memang dari bentuk yang modern dan futuristik membuktikan secara Aesthetic, Alienware X51 sangat baik, lalu bagaimana dengan Peforma ? 🙂 sebentar lagi kita akan membahas tentang peforma dari Alienware X51 .

Performance & Analysis

Saat nya kita membahas Peforma daripada Alienware X51, metode yang dilakukan adalah melakukan testing syntetic Benchmark dan Real Games benchmark, Tools yang digunakan salah satunya adalah 3DMARK Software dari futuremark, Cinebench, dan Game. Sebelumnya kita akan bertitahu spesifikasi Alienware X51 yang kita gunakan :

  • Intel core i7 2600K
  • 8GB DDR3 1333
  • Alienware Custom Motherboard
  • Nvidia Geforce GTX 555 1GB GDDR5
  • DVDRW supermulti slot model
  • DW1502 Wireless-N WLAN Half Mini-Card
  • Internal High-Definition 7.1 Performance Audio with WAVES MAXX Audio

3D Mark 2006

benchmark ini memang tergolong cukup tua, namun kenapa masih kita sertakan karena sebagai acuan dari kinerja untuk game-game DX9, dan merupakan base daripada Benchmark untuk 3d mark berikutnya. Score nya dapat dibilang bagus, score ini dapat dicapai bekat kinerja dari Sandy bridge Processor yang memaksimalkan Nvidia GPU yang digunakan .

3D mark vantage

Score dari 3d vantage sangat memuaskan untuk spek seperti ini dapat mencapai 15 ribuan, walaupun ga aneh karena system yang digunakan juga cukup high end, disini sandy bridge kembali berperan untuk menaikan kinerja GPU yang sangat baik, dalam benchmark ini juga teknologi Fermi juga membantu mendongkrak kinerja.

3D Mark 2011

3dmark11

Score 3d mark 2011 yang merupakan benchmark standar baru dapat dibilang optimal, semua testing berjalan secara optimal, GTX 555 capable untuk memainkan game-game DX11 walaupun tidak dengan detail tertinggi. score yang didapat memang reasonable dan dapat dibilang optimal dari driver. thanks to nvidia.

Cinebench X64

CINEBENCH

Pada Cinebench X64 ini untuk score processor mencapai score teringgi pada kelasnya yang sama-sama quad core. score tertinggi memang ditempati oleh processor yang memiliki core lebih banyak dan dapat dikatakan wajar, OPENGL testing berjalan tidak masalah dan ada pada kondisi optimal. keseluruhan hasil dapat dibilang memuaskan.

Real Gaming Benchmark

Resident Evil 5

Resident Evil 5

Resident Evil 5 di testing dengan Resolusi Full HD bersama dengan ALL maximum Detail, No AA, testing ini tanpa AA karena untuk testing tenaga processor agar tidak bottleneck dengan GPU. untuk score yang dihasilkan cukup maksimal dan cukup baik, GTX 555 dapat berjalan optimal.

Battlefield 3

Battlefield 3 merupakan game DX11 yang optimal, sehingga tidak perlu khawatir untuk tidak akuratnya testing yang diberikan, untuk BF3 juga memanfaatkan tenaga dari Quad core processor sehingga sangat di rekomendasi untuk menggunakan Quad core. pada hasil testing BF3 playbale pada setting medium maupun High di Full HD resolution , menjadikan Alienware X51 menjadi mesin yang tepat untuk memainkan BF3.

TES V : Skyrim

Elder Scroll 5 skyrim merupakan salah satu RPG terbaik dan terbooming pada saat pertama kali Rilis tahun lalu, dan karena tergolong game RPG yang Open world , menjadikan tepat untuk dijadikan benchmark karena membutuhkan kombinasi tenaga Processor dan GPU yang balance. hasil testing membuktikan kalo skyrim dapat dimainkan dengan nyaman dan optimal.

Crysis 2 merupakan game DX 9 sampai pada saatnya mencapai patch 1.9 + High resolution Texture hingga mencapai image quality terbaiknya dengan adanya DX11 pada patch DX 11 enable, membuat Crysis 2 layak menjadi benchmark real gaming test. Crysis dari dulu masih sama yaitu mengandalkan 95% dari tenaga GPU, sehingga apapun processor yang digunakan tidak akan banyak perbedaan yang berarti. dari hasil testing yang dilakukan sesuai dengan preset yang disediakan, anda dapat bermain dengan nyaman pada Alienware X51 Full HD sampai detail Very high, dan hasil tersebut sudah sangat bagus.

Conclusion

Alienware X51 merupakan PC dengan Form platform yang compact namun sangat bertenaga untuk multimedia, Gaming dan Worsktation. dapat dicustom sesuai dengan kebutuhan anda, tentu disesuaikan dengan budget juga. anda dapat menggunakan pada Living Room bersama LCD TV sebagai pusat daripada multimedia center dan salah satu gaming machine anda yang capable menjalankan game terbaru.

PROS :

  • High Performance
  • Compact form factor
  • Customizeable Spec
  • Alienware Custom color
  • built in wifi N
  • Bundle with Alienware Keyboard and Mouse
  • 230 watt
  • Nvidia physx capable
  • USB 3.0
CONS :
  • a little noisy when gaming
  • Chipset H61 instead H67
  • No overcloking via Bios
  • no choice for AMD card from Alienware Customize Spec
  • No Firewire

setelah membaca review ini boleh juga langsung cek juga Review Alienware X51 Video Review.

Rolly Edward

loading...

3 KOMENTAR

  1. I’ve been exploring for a little for any high-quality
    articles or blog posts on this kind of house .
    Exploring in Yahoo I ultimately stumbled upon this web site.

    Reading this info So i’m glad to express that I’ve a very excellent uncanny feeling I discovered just what I needed.
    I most surely will make sure to don?t forget
    this site and give it a look regularly.

Tinggalkan Balasan