Membuat Efek Cahaya | Text Effect | Adobe Photoshop

Background
Background

Untuk membuat efek cahaya pada text atau tulisan hanya butuh sedikit penambahan efek dalam Adobe Photoshop. Hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih warna Background. Warna Background yang Anda pilih harus berwarna gelap agar semakin kelihatan bercahaya. Dalam tutorial saat ini saya menggunakan warna merah tua sebagai background.

Teks
Teks

Berikutnya buat layer baru dan ketik tulisan yang akan diberi efek. Dalam hal ini tulisan bisa diatur jenis font dan ukuran yang disesuaikan dengan keinginan Anda.

Gradient
Gradient

Setelah itu pilih Layer > Layer Style > Blending Options. Pilih Gradient Overlay dan setting sesuai keinginan Anda.

Outer Glow
Outer Glow

Kemudian pilih menu Outer Glow dan setting sesuai keinginan Anda. Dalam tutorial ini saya menggunakan Contour Linear. Harus diingat bahwa Contour akan mempengaruhi tampilan. Sebagai contoh saya akan beri dua perbandingan.

Contour Linear
Contour Linear

Contour > Linear

Contour Cone Inverted
Contour Cone Inverted

Contour > Cone-Inverted

Rectangle Tools
Rectangle Tools

Terlihat kan bedanya? Jika Anda sudah paham, coba setting sesuai keinginan Anda.  Jika sudah, maka tambahkan sebuah Rectangle di layer baru. Gunanya untuk membuat contrast dan sebagai penghias. Anda bisa menambahkan yang lain jika Anda mau. Atur warna sesuai yang Anda inginkan.

Hasil jadi Contour Linear
Hasil jadi Contour Linear
Contour Cone-Inverted
Hasil jadi Contour Cone-Inverted

Kemudian gunakan brush Star Sparkle untuk menambahkan efek blink-blink pada teks Anda. Maka hasil akhirnya akan jadi seperti gambar di atas. Untuk sisanya atau ruangan yang kosong bisa diisi dengan ukiran atau desain lainnya yang unik dan menarik. Selamat mencoba. 🙂

Ryu Kiseki

loading...

Tinggalkan Balasan