Adobe CS 5

Membuat brush di Adobe Ilustrator adalah hal yang mudah. Sama mudahnya seperti membuat brush sendiri di Adobe Photoshop. Dalam tips design kali ini, saya akan Membahas tentang cara membuat brush di kedua software design yang paling sering digunakan oleh para designer.

Standart Brush
Standart Brush

Tapi sebelum membahas lebih lanjut, saya akan menjelaskan sedikit mengenai perbedaan mendasar dari Adobe Photoshop dengan Adobe Ilustrator. Adobe Photoshop lebih ditujukan untuk mengedit foto dan gambar-gambar yang sudah ada, arahnya lebih ke bitmap yang mana akan pecah jika gambar tersebut diperbesar. Sedangkan Adobe Ilustrator lebih mengarah pada gambar-gambar vektor yang berosolusi tinggi dan tidak akan pecah selama dikonversi dari file mentahnya. Gambar tidak akan pecah walau dikonversi untuk memperbesar resolusinya.

Adobe Photoshop CS 5

Dalam Adobe Photoshop, untuk membuat brush, pertama-tama pilih gambar yang akan dibuat menjadi brush. Dalam tutorial kali ini, saya menggunakan monster gurita sederhana yang saya buat.

Brush Gurita
Brush Gurita

Setelah selesai membuat objek, pilih edit dan kemudian pilih define brush preset.

Edit Menu
Edit Menu Photoshop

Klik ok dan brush buatan Anda sudah dapat digunakan.

Klik Ok
Klik Ok

Bagaimana? Mudah kan membuat brush di Photoshop? Mari kita bandingkan dengan cara membuat brush di Adobe Ilustrator.

Adobe Ilustrator
Adobe Ilustrator CS 5

Dalam Adobe Ilustrator, caranya tidak jauh berbeda. Pertama-tama buat atau ambil gambar yang ingin dibuat menjadi brush. Dalam contoh kali ini, saya menggunakan monster gurita sederhana yang saya buat dengan pencil tool.

Monster Gurita
Monster Gurita

Pilih menu brushes yang ada di sebelah kanan dan pilih brushes seperti contoh dibawah ini. Atau tekan F5 untuk lebih mudahnya.

Brushes Menu (F5)
Brushes Menu (F5)

Berikutnya seleksi gambar yang ingin dibuat jadi brush. dan drag ke dalam brushes. Akan muncul menu sebagai berikut:

Drag Gambar
Drag Gambar

Scatter brush yang gunanya untuk membuat brush sesuai dengan ukuran aslinya.
Art Brush gunanya untuk membuat brush yang Anda buat bentuk dan besarnya mengikuti garis yang user buat namun hanya satu saja gambar yang akan tampil.
Pattern brush adalah gabungan dari keduanya, dimana gambar yang muncul akan sesuai ukuran aslinya namun arahnya mengikuti arah garis yang user buat.

Hasil editan Brush
Hasil editan Brush

Nah, mudah kan membuat brush dalam Adobe Photohop mau pun Adobe Ilustrator CS 5? Selamat mencoba. 🙂

Ryu Kiseki

Pemmz JajanRamdhan promo

Leave a Reply