Elder Scroll V : Skyrim | Optimalisasi Game for Best Experience

OVERVIEW

BEWARE Dragonborn comes, hehehe yups The Best 2011 RPG. Tidak dapat dipungkuri kalau Skyrim adalah game yang sangat ditunggu oleh fans The Elder scroll series dan Pecinta RPG. Skyrim merupakan Edisi ke 5 dari Elder scroll series, seri sebelumnya juga menjadi RPG yang suskes bernama TES 4 Oblivion . Skyrim mengambil setting waktu 200 tahun setelah oblivion. Pada skyrim ini kita masih sama seperti game sebelumnya dimana kita membuat Hero kita sendiri. Kita bebas memilih Gender , ras, skill, kita juga dapat merubah bentuk muka, badan dan keseluruhannya. masing-masing Ras memiliki kelebihan masing-masing, tinggal disesuaikan dengan selera dan gaya main yang gamers suka.

skyrim character creation

Untuk Storyline-nya, Skyrim mengisahkan tentang Custom Hero kita yang ternyata adalah salah seorang Dragonborn, yang ditakdirkan untuk melawan Dragon yang secara misterius muncul kembali setelah dinyatakan punah selama berabad-abad. Dragonborn memiliki kelebihan pada shout-nya. Shout sangat membantu dalam melawan segala halangan yang ada. sesuai janji Bethesda kalo Skyrim memiliki berbagai misi yang bebas gamers pilih di samping cerita utama. bahkan setelah ratusan jam pun anda masih dapat menemukan misi. walaupun World mapnya lebih kecil dari Oblivion, namun Skyrim memiliki misi yang lebih banyak, sehingga tempatnya jauh lebih banyak dibanding Oblivion. dengan Free will yang dimiliki gamers bisa lebih bebas memilih misi dan jalan ceritanya.

Gameplaynya sendiri, masih sama dengan yang sebelumnya namun dengan berbagai variasi dan enhancement dari seri yang sebelumnya. Dunia indah skyrim bisa anda dapatkan dengan Requirement sebagai berikut :

System Requirement :

Minimum:

And the recommended spec:

  • Quad-core CPU
  • 4 GB RAM
  • DirectX 9.0c video card with 1 GB RAM – GTX 260/Radeon 4890 or higher
  • 6 GB HDD space
  • Windows XP/Vista/7, internet access, etc.

Dari system requirement yang ada diatas, untuk minimum requirement anda dapat mainkan resolusi 720p dengan low-medium kombinasi. untuk mendapatkan full experience Graphic dan smooth gameplay memang anda perlu sesuaikan dengan recomended spec yang telah dicantumkan diatas.

IN GAMES SETTING

kita akan melihat perbedaan dari beberapa setting yang ada pada Skyrim.

System yang digunakan pada Testing :

MSI GX660R

  • intel core i7 740qm
  • 6gb ram DDR3
  • ati radeon HD 5870 mobility 1GB GDDR5
  • 640 GB HDD Raid 0
  • 15,6 inc LED Full HD
  • Windows 7 Home premium x64
  • Elder scroll skyrim with lastest patch

kita akan membuat SS perbedaan akan low , medium , high, dan ultra high preset yang ada pada game Skyrim. Penjelasan dari setiap preset yang disediakan akan diwakilkan oleh gambar di bawah ini, sehingga dari setting yang disediakan, gamers dapat melihat perbedaannya, sehingga dapat menentukan setting yang terbaik dengan spek yang gamers punya.

low preset

Pada mode low memang terlihat sangat banyak sekali blur dari mulai texture dan shadow, dan jaggies / bergerigi sangat terlihat karena memang pada low preset tidak dapat settingan anti-aliasing pada mode on. namun secara overall tidak terlalu bad yah, gambarnya masih terlihat bagus dan tajam walaupun pada setting low. setting ini cocok untuk sistem yang terbatas dan untuk sistem yang ada pada minimum requirement .

medium preset

Pada medium preset gamers dapat perhatikan terdapat peningkatan pada shadow quality, dan texturesnya karena pada medium preset terdapat aniso 4x . sehingga tingkat ketajaman texture meningkat 4x. Namun blur masih terdapat pada medium preset, karena untuk menghilangkan jaggies pada medium ini disertakan FXAA (Post Process Anti-alising). Jadi teknik anti-aliasing yang digunakan untuk menghilangkan jaggies membuat gambar menjadi lebih halus dan lembut namun sedikit menambah kesan fuzzy dan blur. secara keseluruhan, medium menawarkan peningkatan yang lumayan.

High preset

Pada seri high preset terdapat peningkatan sangat signifikan pada kualitas gambar, mulai dari textures, finer shadow, lighting fx, anti-aliasing 8x, aniso 8x. Pada high preset, gamers dapat melihat kualitas Skyrim yang sebenarnya, karena gambarnya menjadi sangat tajam, reflection armor-nya juga terlihat sangat fluid. Mode high ini mulai memperhatikan view distance, dimana dengan view distance ini semakin luar yang ditampilkan maka akan semakin menurun FPS-nya. Namun pada mode ini, gamers dapat merasakan pengalaman bermain yang sesungguhnya.

Ultra high preset

Pada Ultra high preset yang merupakan preset paling tinggi dari Skyrim image preset, berisikan refine pada keseluruhan, mulai anti-aliasing 8x, aniso 16x, view distance pada setting full (mentok) dan peningkatan sedikit dari texture, shadow dan radial blur. pada mode ini yang sering kali terjadi bottleneck terutama pada cpu. namun ultra high ini merupakan the highest avaiable detail yang kita dapatkan dari skyrim.

 

OPTIMALISASI SKYRIM

Pada penjelasan diatas kita sudah dapat bisa melihat perbedaan dari masing-masing preset detail. nah untuk langkah pertama dalam optimalisasi Graphic adalah:

  • Update driver GPU anda ke seri yang paling terakhir baik Nvidia dan AMD radeon (ini sangat wajib dilakukan)
  • lakukan update directX
  • update driver sound card anda ke seri yang terbaru (WAJIB)
  • lakukan defragment hdd setelah instalasi skyrim
  • lakukan update patch skyrim yang terakhir.

langkah yang diatas adalah langkah wajib yang harus gamerslakukan untuk dapat bermain dengan stabil dan nyaman, karena gamers akan bermain dengan waktu yang sangat lama, maka perlu stabilitas untuk dapat bermain dengan nyaman tanpa kendala. Gamers akan memainkan game ini selama ratusan jam atau lebih, maka pastikan juga kalau gamers sudah mengerjakan pekerjaan yang harus dikerjakan sebelum bermain. Jangan lupa sajikan air putih disamping gamers yang banyak karena gamers akan duduk untuk waktu yang sangat lama. selama 2 jam sekali coba berhenti sejenak untuk menyegarkan mata gamers dengan cara melihat objek yang cukup jauh.

setelah gamers memenuhi langkah-langkah yang diperlukan maka kita dapat memulai optimalisasi :

Optimalisasi Graphic :

pada optimalisasi graphic ini langkah pertamanya adalah :

  • nyalakan skyrim launcher
  • masuk ke mode option
  • masukan resolusi native dari display anda
  • pilih default preset, maka skyrim akan detek auto yang sesuai dengan system anda.
  • setelah itu play
  • jalankan new game dan saksikan storynya sampai anda sudah dapat berkeliling bebas pada map.

Dalam new game, gamers dapat menguji apakah default preset sudah cukup nyaman atau tidak. jadi selesaikan prolog pertama dengan tujuan untuk testing. Karena dalam prolog pertama kita akan melakukan battle dan heavy battle, sehingga gamers dapat menganalisa peforma dan kualitas gambar.

Selesai  dari prolog, gamers akan berada pada world map yang sangat luas, dari sana gamers bisa menilai apakah terjadi slow down ataupun ketidak nyamanan dalam memainkannya. jika gamers sudah tahu apa yang membuat tidak nyaman, maka lakukan langkah berikut :

  1. Misalkan gamers memasang default preset  pada pada Ultra quality. namun kondisinya tidak nyaman pada kondisi tertentu maka gamers perlu melakukan penyesuaian.
  2. Lakukan penurunan setting untuk pilihan defaultnya, misalkan gamers menurunkan setting dari ultra high ke high atau high ke medium.
  3. Setelah gamers melakukan langkah no 2, jalankan kembali game Skyrim lalu testing apakah sudah cukup nyaman dengan penyesuaian yang gamers lakukan?
  4. Jika masing mengalami kesulitan, maka lakukan adjust detail satu persatu dengan tujuan agar gamers mendapatkan performa game yang nyaman disertai gambar terbaik yang dapat dihasilkan oleh system yang gamers miliki.

Langkah -langkah adjust detail custom :

Pada custom ini gamers perlu lakukan step down dari default preset, lalu buka skyrim launcher dan klik tombol advance :

skyrim option

Pada halaman detail seperti gambar diatas, gamers bisa menentukan detailnya, pada texture quality jika sudah ada pada mode high silahkan dibiarkan, namun jika texture defaultnya ada pada medium rubahlah ke high, kenapa begitu? Karena GPU sekarang sudah  terdapat pa minimal 1GB VRAM maka texture tidak akan bermasalah pada high mode.

Sedangkan untuk mode Radial blur turunkan 1 level dari yang sudah ada, begitu pula untuk shadow detail dan decal quality. Pada opsi water detail coba reflect sky-nya dihilangkan terlebih dahulu, lainnya tidak masalah.

View distance

Setelah selesai dengan detail option, masuk ke tab view distance. lalu lakukan langkah berikut:

  • Rubah distant object detail pada medium.
  • Centangkan object detial fade.
  • Pada bar lainnya biarkan pada default (jangan dirubah dari default)

setelah gamers selesai adjust setting maka silahkan mainkan gamenya, dan lakukan testing terhadap peformanya. Konsentrasikan gerakan mouse pada first person dan third person view, apakah terjadi mouse lag (delay). Jika iya, maka gamers harus kembali menurunkan detail dan view distance . jika tidak maka silahkan lakukan satu persatu adjust sampai gamers mendapatkan setting gambar dan performa yang terbaik. Karena setiap kemampuan PC / Laptop itu beragam maka saya tidak dapat memberi rekomendasi satu persatu silahkan gamers ikuti langkah -langkahnya dan adjust sendiri mana setting yang terbaik.

ADVANCE Optimalisasi

Berikut langkah optimalisasi advance untuk meningkatkan performa dan pengalaman bermain yang lebih nyaman dan menyenangkan.

Built in Vertical Sync

Pada game Skyrim ini terdapat built in Vsync. yang berguna untuk mensinkronasi FPS dengan Refresh rate. positifnya untuk menghilangkan screen tearing (gambar background patah-patah) jika FPS nya melebihi dari refresh rate.  Sedangkan, untuk menghilangkan Built in Vsync ini gamers perlu memastikan bahwa gamers sudah melakukan update patch 1.3 agar tidak ada bugs bayangan pada waktu siang dan malam hari.

  • Buka folder C:Users<nama user>DocumentsMy GamesSkyrim
  • Kemudian buka skyrim.ini
  • Pada bagian bawah display masukan “iPresentInterval=0″ (tanpa tanda petik)” masukan angka 1 jika mau aktifkan lagi
  • Save

setelah ini gamers akan merasakan overall responsive dan FPS meningkat karena Vsync ada pada mode off.

Skyrim Boost

Sesuai Judul, Skyrim boost berguna untuk mengoptimasi performance pada keseluruhan Skyrim FPS. tehnik ini digunakan karena terdapat bottleneck CPU pada game, sehingga gamers mungkin merasakan ada penurunan FPS pada tempat-tempat tertentu. ini yang akibat dari bottleneck CPU. Cara ini bukan default setting dari Bethesda karena cara ini bersifat modifikasi, namun kami rekomendasikan karena modifikasi ini tidak merubah sistem dari pada Skyrim. Gamers hanya perlu memasukan 2 file kedalam Skyrim instalasi directory.

Gamers dapat melakukan Download pada link ini.

Setelah gamers melakukan download maka gamers akan mendapatkan 2 file (skyrimboost.asi dan dinput8.dll). cara menggunakannya anda cukup menaruh 2 file tersebut ke dalam instalasi directory Skyrim yang terinstall pada PC gamers.

Setelah gamers melaksanakan tips-tips tadi, gamers akan merasakan performance boost pada area yang sebelumnya mengalami penurunan performa. Performa yang gamers dapatkan bervariasi sesuai spek yang digunakan. perkiraan peningkatan sekitar 15-35% (tergantung spek yang digunakan).

Optimalisasi Gameplay

Optimalisasi gameplay ini antara lain untuk tips and trik agar anda dapat memainkannya secara optimal :

  • Dari awal tingkatkan skill yang anda bener-bener suka, misalkan anda mau warrior tingkatkan skill warrior, jangan terlalu memusingkan untuk meningkatkan skill yang ga terlalu perlu. usahakan tingkatkan skill utama dari jobs anda dahulu sebelum ke yang lainnya.
  • misi dalam game skyrim ini sangat banyak, jadi untuk memainkannya tidak perlu langsung memainkan quest utama, usahakan juga anda belajar cerita balik layar dari setiap kota yang anda kunjungi.
  • jika anda menemukan tempat misi anda berada pada tempat tinggi, jangan memaksakan dengan memanjat tebing dengan meloncar-loncat, karena ini bisa saja jalur nya salah maka ketika sudah pada tepat yang tidak dapat diraih maka anda akan jatuh dari jurang dan mati.
  • manfaatkan accesoris seperti amulet dan ring untuk mendapatkan extra enhancement dari skill anda.
  • pastikan jika anda warrior maka jangan mengandalkan uang untuk armor, coba untuk memakai armor yang anda temui pada dungeon , atau lebih baik anda bikin armor sendiri dengan skill smithing anda dapat membuat armor jauh lebih powerfull.
  • usahakan selalu lakukan f5 ( quick save) sebelum memasuki dungeon atau melawan musuh.
  • tingkatkan skill alchemy anda untuk kemudahan membuat potion
  • karena keterbatasan item yang dapat dibawa maka bawa armor dan weapon andalan anda dan secondarynya. jangan membawa banyak barang berebihan karena anda akan kesusahan jika anda menemukan item bagus pada perjalanan anda.
  • assign favorite equipment anda agar akses nya lebih mudah, namun jangan terlalu banyak karena akan susah mencarinya.

Sekian dari optimalisasi Skyrim, semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan. 🙂

Rolly Edward

loading...

11 KOMENTAR

  1. gan kok waktu g maenin nya malah ngilang game’y malah jadi ke destop!napa ya? apa karna salah pake mod nya?

    • apakah anda maenin nya bersama dengan mod lainnya, jika iya mungkin anda harus mencoba untuk menghilangkan mod tersebut. karena jika salah dengan memasukan beberapa mod akan menyebabkan tidak compatible antara mod yang dimaksud

  2. min mau nanya.. cara ngliat stat kt gimana ya?!
    kyk berapa besar armor, damage, block, dll yg char kita miliki..
    apa besaran armor, damage,block, dll hanya murni brdasarkan item/weapon/apparel yg kita pakai saja?!

    • untuk melihat overall status dari skyrim ini, ada pada magic–> active speel disitu anda bisa lihat effect apa saja yang aktif pada karakter yang digunakan, untuk melihat damage dan armor tinggal cek saja dari armor dan senjata yang digunakan

Tinggalkan Balasan