Alienware Area 51 Desktop Review

OVERVIEW

Alienware area 51 adalah desktop high end dari Alienware yang memiliki beberapa keunikan seperti exclusive case, custom liquid cooling, customize spec dengan pre overclocking dari pihak alienware itu sendiri. dan semua itu adalah prestige/exclusive only on alienware. Tipe dari area 51 ini adalah tipe high end di atasnya masih ada area 51 alx ( kelas enthusiast).  opsi dari pada area 51 pun sudah ada pilihan untuk konfigurasi dual GPU baik SLi maupun Crossfire. untuk pilihan dari processor nya bisa sampai pada kelas extreme six core dari intel yaitu intel Core i7 990x extreme edition.

Karena sekarang pemmz terdapat divisi desktop custom gaming, team r&d memutuskan untuk mendatangkan alienware Area 51 sebagai testing bagaimana peforma dari custom desktopnya apakah seperti yang dikabarkan kalo peformanya lebih baik daripada standar custom PC ? dari Review inilah kami akan membuktikannya.

Alienware Area 51 specification :

Dilihat dari spesifikasinya memang menjadi basic dari high end desktop, namun ada hal unik yang sangat menarik yaitu nvidia Geforce GTX 560 Ti nya memiliki 1,25gb gddr5 karena pada versi desktop Retailnya biasanya hanya memiliki 1gb gddr5, bagaimana bisa kok alienware bisa menambahkan dari standar memory configuration refrence dari Nvidia ?jawabannya adalah alienware memakai versi dari pada nvidia Oem bukan versi retail Refrence.

Versi Oem memiliki keunikan sendiri, keunikan tersebut ada pada spesifikasi yang berbeda dari versi retail nya untuk perbandingan sebagai berikut :

GTX 560Ti Oem (Alienware)
GTX 560ti Retail version

Dapat kita lihat kalo versi oem (alienware) memiliki 352SP, 320 bit Vs Versi Retail 384 SP, 256 bit. ini berpengaruh pada Pemakaian antialiasing dan resolusi tinggi versi Alienware dapat peforma lebih tinggi karena versi OEM memiliki bandwidth memory lebih tinggi dibanding Retail, namun untuk pemakaian efek physx dan geometri versi retail memiliki peforma lebih tinggi karena memiliki Cuda core yang lebih banyak dibanding  Oem version nya. namun walaupun dikatakan begitu dua2nya dapat dibilang imbang karena dapat mengisi kekurangan masing-masing.

Alienware Command Center Desktop

ALIEN FX

Alien FX

Pada Alien FX di Desktop Alienware tidak jauh berbeda dengan versi laptop nya, Alien FX merupakan fitur untuk dapat merubah warna dari case dan variasi dengan gradasi warna serta custom warna tiap sisi bisa dibedakan, sesuai selera dari User. ini merupakan salah satu Fitur yang Exclusive hanya dimiliki oleh Alienware.

ALIEN FUSION

Fusion Power Plant

Untuk Alien Fusion pada Desktop pun sama dengan versi laptop nya yaitu untuk mengatur Power option pada Operating system, untuk Fusion kita bisa Custom Powerplan sesuai selera dan kebuthan kita. sebenarnya ini dapat dilakukan pada control panel Windows namun versi dari Alienware lebih interaktif dan lebih mudah dimengerti.

ALIEN Thermal Control

Thermal Controls

Thermal Control ini Exclusive hanya terdapat di Desktop version dari Alienware ini untuk melihat informasi suhu dan sensor daripada Fan yang terpasang, kelebihan lainnya thermal kontrol ini dapat mengatur semua kecepatan Fan yang terdapat di dalam casing termasuk Fan pada Hard disk drive. yang membuat lebih menarik kita dapat membuat profile untuk sesuai selera dan kebutuhan, yang disayangkan dia belum bisa kita atur auto untuk switching profile jika sedang menjalankan aplikasi yang spesifik seperti gaming atau Working. Thermal control ini merupakan terjemahan dari fitur thermal control yang ada pada chipset motherboard Enthusiast yaitu X58 chipset.

Penampakan Alien

sedikit dari penampakan yang berhasil kita tangkap melalui Camera sewaktu mampir ke Pemmz R&D lab 😉

Tampak Samping

pada bagian samping dapat dilihat kalo Alienware menghiasi sisi bawah dengan LED yang dapat dirubah warnanya serta didalamnya terdapat texture dan tulisan bahasa Alien (“ALIENWARE”) serta lapisan yang menegaskan sisi bawah dengan varisasi lapisan Chrome yang sangat membuat gagah/sangar.

Tampak atas

Tampak atas pada bagian casing Alienware Area 51 ini menggunakan bahan plastik kokoh, yang digunakan juga sebagai variasi tempat hawa panas keluar keatas dari dalam casing. sesuai load sirip ini dapat bergerak semakin terbuka sehingga sirkulasi udara panas semakin cepat digantikan dengan aliran udara yang baru. istimewanya lagi kita bisa mengatur secara manual untuk sirip nya dapat terbuka sampai sesuai selera kita tau kita pun bisa membuat tertutup full sekalipun, namun tidak direkomendasi karena hawa panas tidak dapat sempurna keluar dari dalam casing.

sisi depan
Sisi depan open

pada sisi depan Alienware Area 51 ini terlihat elegan dengan lekuk yang tidak terlalu banyak dan paling memukau itu adalah kepala dari alienware yang anda bisa atur warnanya sesuai selera serta kepala Alienware tersebut merupakan tombol untuk panel depan casing yang berisi DVDRW/Blue ray drive seperti yang anda bisa lihat pada kanan gambar yang setelah dipencey tombol alienware nya maka secara mekanik dia secara sleek akan terbuka atau penutup panel nya akan turun kebawah, sayang nya untuk menutupnya tidak bisa dengan cara sama seperti dengan membukanya namun dengan cara menggunakan tangan dengan menggerakan panel keatas untuk menutup. selain DVDRW juga terdapat tombol power dan LED indikasi power, HDD led. untuk peripihal lainnya pada diatas casing terdapat panel juga yang berisi  USB, Firewire, eSATA sehingga User tidak perlu repot-repot menjangkau kebagian belakang casing.

Jeroan Dalam

Dan inilah bagian dalam daripada Alienware AREA 51 , kita bisa melihat motherboard, processor, liquid cooling + radiator, GPU, Wireless lan (PCIe), Power Supply unit. jika boleh dibilang Alienware cukup rapi dalam membuat cable management casing yang baik karena terdapat soket untuk cable management sendiri bisa dilihat samping kanan motherboard yang berwarna hitam, yang cukup disayangkan disini adalah slot memory pada motherboard khusus dari Alienware ini hanya menggunakan 3 slot dibanding 6 slot kebanyakan untuk chipset x58, untuk kapasitor sendiri motherboard ini cukup baik menggunakan solid kapasitor. pendingin mosfet dan choke menggunakan heatpipe yang cukup besar, khusus heatsink chipsetnya alienware menambahkan kipas kecil untuk membantu chipset agar lebih dingin. PWM yang digunakan masih belum Digital namun itu bukan masalah besar. liquid cooling yang digunakan sangat mirip dengan dengan Produk Corsair seri HS namun penutupnya menggunakan Alienware logo Chrome sehingga memperlihatkan juga kalo Prestige Alienware tetap dijaga.

Performance & benchmarking

Yup akhirnya kita sampai juga pada Uji Peforma yang sangat ditunggu-tunggu oleh kita semua, seperti biasa sebelum kita uji kita lakukan optimalisasi dan updating semua driver yang ada sampai kepada versi driver yang paling terakhir, seperti chipset, GPU, SATA, Sound, serta firmware – firmware yang diperlukan. selama uji kali ini kita akan menggunakan Syntetic benchmark yang sudah merupakan standar dari pada Benchmark . serta Real word Gaming benchmark agar kita secara langsung dapat melihat Peforma dari pada Alienware ini. tanpa bicara lagi inilah hasilnya :

Cinebench Rel 11.5 64 bit

Cinebench

Dalam benchmark Cinebenh ini bisa dibilang Alienware Area 51 mendapatkan score yang sangat baik karena dia berada diatas dari semua Seri Processor sejenis (desktop) yang diatasnya itu adalah Processor Server dan Workstation yang memang secara spek lebih tinggi dan jumlah cores yang lebih banyak. sungguh hasil yang baik.

CPU Photoshop

Cpu Photoshop

CPU Queen

CPU Queen

Jika dilihat dari benchmark CPU ini juga dapat disimpulkan kalo Peforma processor dapat berjalan maximal dan bahkan dengan motherboard dari alienware pada score CPU queen membuktikan bahwa kinerja motherboard dan chipset dan processor dapat optimal karena dapat menggungguli kinerja dari extreme core i7 965 yang menggunakan ASUS motherboard.

Memory Copy

memory copy

Memory Write

Memory Write

Memory Read

Memory Read

Memory Latency

Memory Latency

Pada Score memory benchmark ini dapat disimpukan juga kalo Kinerja Memory sangat optimal dan komunikasi Chipset dan memory berjalan sangat optimal, bahkan score nya dapat menggungguli score beberapa memory dengan konfigurasi yang sama, yaitu tripple channel, pada memory latency score nya pun masih dapat dikatakan wajar karena memang pada DDR3 dengan latency semakain renggang maka akan semakin lama response nya namun perlu diingat kalo ini tidak mempengaruhi peforma secara keseluruhan.

3D mark vantage

3dMark vantage

3D mark 2011

3dmark 2011

Untuk 3d mark score dari vantage dan 2011 juga dapat dilihat kalo hasilnya memuaskan karena untuk 3d mark vantage performance mencapai score yang bagus P21111 dan untuk 3mark 2011 extreme benchmark score nya X1414 ini merupakan respectable score karena ini hanya dengan SINGLE GTX 560 Ti versi Oem. ini membuktikan kalo GTX 560 Ti dari Alienware ini dapat bermain game Dx11 saat ini dengan lancar pada resolusi Full HD and Some AA and full aniso. sungguh score yang sangat baik.

Unigine heaven benchmark

Unigine benchmark

pada heaven Benchmark yang meruapakan benchmark terkenal dan akurat untuk DX 11, score nya sangat baik dengan mode default score nya memang sedikit diatas rata-rata dari GTX 560 Ti series.

Real gaming Benchmark

RE5DX9
RE5DX10
dirt 3
final fantasy 14
mafia2 PHYSX OFF
mafia2 PHYSX ON HIGH
lost planet 2 DX 9
Lost Planet 2 DX11

Crysis 2

Deus Ex Human Revolution
Dragon Age 2
Dragon Age 2

Analisis Performance

Dari hasil Benchmark Real Word Gaming dapat disimpulkan kalo Area 51 ini sangat mumpuni untuk bermain Game terkini dengan detail tinggi dan DirectX 11, berikut analisa masing-masing :

Resident Evil 5

pada Benchmark Resident Evil 5 yang memang terkenal dalam balanca antara GPU dan Processor, Kinerja DX 9 dan DX 10 dapat dikatakan sangat baik selain dua mode mendapatkan Gelar S dengan avg FPS diatas 100 semua.

Dirt 3

Dirt 3 merupakan Game yang disupport oleh AMD, walaupun begitu kami test dalam card Nvidia dengan Ultra detail dan 4 x AA dapat dikatakan cukup baik karena minimum FPS nya sudah diatas 30 maka itu sudah sangat memenuhi syarat untuk dapat Smooth Gameplay.

Final fantasy 14

Game MMO RPG dari SquareEnix yang sangat terkenal ini memang tergolong game berat namun dengan score 4000an berarti anda bisa bermain dengan detail High tanpa masalah FPS drop. score ini pun sangat baik.

Mafia 2

pada game ini sangat terkenal Efek Physx nya yang exclusive hanya untuk Nvidia, implementasi APEX Physx disini membuat banyak GPU tumbang, namun tidak terjadi pada GTX 560 Ti OEM ini karena walaupun dapat rank C kenyataannya dengan APEX high AVG FPS nya masih di ambang nyaman pada 50an FPS. tentunya jika dilakukan dengan APEX off maka Score akan melonjat tinggi ke Rank A dengan AVG 80an. sangat bagus

Lost Planet 2

Lost planet 2 merupakan game yang sangat Eye Candy baik mode DX9 dan Dx11 image qualitynya sangat memanjakan mata, dalam mode DX9 tentu tidak ada masalah yang berarti pada mode Dx 11 pun GTX 560 Ti dapat bermain dengan lancar .beda pada Dx 9 dan Dx 11 adalah pada Efek FOG, water flow dan Tessellation  yang merupakan fitur native exclusive pada DX11.

Crysis 2

Crysis merupakan game yang FULL GPU Bound, dalam arti kinerja difokuskan pada GPU nya , jadi dengan GPU yang lebih tinggi anda akan mendapatkan peforma yang lebih tinggi dibanding meningkatkan kecepatan Processor. Peforma Cysis pada Area 51 dikatakan cukup baik pada mode Extreme DX 11 with full Effect dapat minimum FPS pada 39, dalam hal ini Kita sudah dapat menikmati Full Experience gameplay dari Crysis dengan nyaman, kami menggunakan patch 1,9 + high quality texture + DX 11 patch, untuk memastikan dapat image quality yang terbaik.

Dragon Age 2

game ini merupakan salah satu RPG of the Year, jadi banyak penggemar yang sangat menantikannya, analisis peforma nya sepertinya memang pada Nvidia card game ini kurang optimal, dalam arti seharusnya bisa lebih tinggi lagi peformanya, memang game ini lebih bersahabat pada AMD card, walaupun dengan kenyataan itu, dengan nvidia card pun anda masih bisa menikmati game ini dengan tanpa masalah yang berarti, hanya saja mungkin harus menurunkan Anti aliasing ke 4x atau 2x.

Conclusion

Kesimpulan yang dapat diambil dari ALIENWARE AREA 51 Desktop ini adalah Mesin game yang Powerfull dan stabil, kami sama sekali tidak menemukan kendala yang berarti semua dapat dijalankan dengan mulus. Peforma, The looks, The Prestige hanya anda dapat dari Alienware Desktop, khususnya Stylish Casing, Led yang bisa di custom dan Mesin yang sangat hening.

Pros :

  • powerfull
  • Fully Upgradeable
  • Silent PC
  • Liquid Cooling
  • Prestige and Exclusive Case
  • Triple Channel Memory
  • High End X58 chipset
  • LED custom
  • Support SLi and Crossfire
  • Very Good cable management
  • Informative manual Book
  • Easy access to the hardware inside Case
  • Very cool Keyboard
  • Design For Enthusiast

Cons

  • only 3 Slot memory
  • Monitor image quality not Good as supposed to be

Fair :

  • Expensive For some gamers

Cek this out this Video Review

loading...

Tinggalkan Balasan