OVERVIEW

Dalam review kali ini team pemmz akan review brand new gaming Laptop dari MSI yaitu MSI GT 780R. Memang MSI sekarang sedang menunjukan seluruh kemampuannya untuk dapat membuktikan pada customernya kalau dia ada Notebook maker terbaik dibanding yang lainnya. Sebelumnya mengeluarkan seri GX660R, GT663, GT680 yang boleh dibilang sukses berada di pasaran. Karena dari model, build quality, sound system dan price performance yang bagus. MSI dalam mendesign bodi dan system control sangat bagus boleh dibilang gamers abiss. Keyboard nya LED backlight yang bisa diganti-ganti ala Alienware, namun dengan system control yang beda dan lebih responsive serta tidak buggy.

MSI GT780R

System Control Manager dari MSI yang mengatur semua peripihal nya MSI seperti tombol function, lampu backlight keyboard, eco power management. semua ada didalam sbuah system control manager, MSI mendesain System Control manager agar sangat ringan di load dan tidak makan memory. Dan itu terbukti kebenarannya sehingga aplikasi untuk instrument nya laptop nya sendiri dapat berjalan maksimal tanpa harus membuat booting lebih lama dan system tetap stabil.

Steel Series LED Backlight Keyboard MSI

MSI menggunakan keyboard dari Steel series  gaming LED keyboard yang merupakan custom dari Steel series exclusive untuk MSI. bukan hanya LED saja dan bisa berganti-ganti warna namun pembuat input device profesional gamers ini sangat memperhatikan penempatan letak dari beberapa tombol yang biasanya mengganggu gamer jika sedang bermain. Salah satunya adalah tombol menu Windows yang berlogo windows ditempatkan pada sisi kanan dibanding sisi kiri karena lebih tidak menggangu. Terkadang gamer ketika sedang intense suka kepencet logo windows sehingga dia akan keluar dari permainan menuju OS, suatu pengalaman yang sangat menjengkelkan, namun MSI memperhatikan hal ini. 🙂

Selain posisi tombol windows logo, MSI juga meletakan secara ergonomis untuk tombol WSAD, ctrl, space bar, di arrange agar menjadi “Golden Triangle” sehingga posisi nya secara natural sangat nyaman ditangan walaupun dalam waktu yang lama. Hal ini selain kenyamanan , MSI sangat memperhatikan kesehatan para gamer agar tidak mengalami gejala-gejala negatif pada gaming dan working dalam waktu yang lama.


Dari gambar diatas ini adalah control panel untuk LED keyboard pada MSI GT780 yang mengijinkan untuk gamer mengcustom Keyboard baik warna ataupun behavior nya menjadi sesuai selera. Ada gaming mode, wave, dual color, breathing, normal. Semua memiliki keunikan sendiri-sendiri. Serta gamer bisa custom sampai 3 warna dikombinasikan dengan perubahan agar bisa lebih banyak warna. Pada gaming mode , mode yang nyala hanyalah mode sisi keyboard sebelah kiri, yaitu golden triangle yang dijelaskan sebelumnya.

Pada GT780 ini MSI tetep mempertahankan fitur andalahnya yang sudah diimplementasikan pada Laptop gaming sebelumnya. yaitu Exclusive TDE Technology yang gunanya untuk mengoverclock auto speed ke pada speed yang disesuaikan pada bedan pekerjaannya . pada gaming tentunya TDE akan membuat maksimum Speed, mendukung juga Duall HDD dalam mode RAID 0 sehingga anda dapatkan double speed dan double kapasitas. Lainnya memory support sampai 32 GB upgrade, tentu merupakan laptop dengan life span yang cukup panjang 🙂 .

                 

Spec sudah oke , case sudah keren, LED keyboard sudah nyala dan bisa custom, HDD bisa Raid 0, memory bisa 32 GB, overclock sudah ada fiturnya. lalu apa lagi yang MSI bisa persembahkan ? yup MSI juga sangat memperhatikan kepentingan KUPING. MSI selain mengajak kita merasakan peforma luar biasa juga memanjakan kuping usernya. karena dengan adanya speaker high end DynaAudio bersama codec THX tru studio pro . sudah sangat memenuhi kebutuhan mobile Sound Quality yang memang sangat baik. separasi stereo sangat baik dan juga bass dan treble dapat disajikan dengan warm. Luar biasa. MSI memasang Dynaudio pada GT780R ini menggunakan 2.1 system jadi terdapat 2 sppeaker stereo dan 1 subwoofer yang berada pada bagian bawah laptop.

Untuk sound produksi dari pada Dyna audio ini sangat bagus itu dikarenakan penempatan lokasi speaker sangat diperhatikan. letak speaker menghadap ke user langsung dan diwaktu yang sama subwoofer menembakan udara ke bawah sehingga gamer dapat merasakan suara yang realistis. THX juga membantu agar suara reproduksi dapat sesuai dengan Rekaman aslinya sehingga kombinasi ini sangat perfect.

MSI secara exclusive membuat tombol untuk mematikan touchpad yang berada dekat touchpad itu sendiri. sehingga dapat mematikan dengan mudah dan cepat dibandingkan harus memencet tombol Function F3 ( biasanya) . memang mungkin fitur ini tidak terlalu penting namun ini adalah bentuk nyata dari perhatian MSI pada Gamers.

Salah satu kelebihan MSI GT780R lagi adalah pemilihan LED monitornya adalah menggunakan layar non Glare, yang lebih baik dibanding Glare (glossy) dengan ini user tidak perlu lagi kesusahan memakai ditempat yang banyak sinar seperti outdoor, karena anti glare tidak akan mantul . Bukan hanya itu LED monitor yang digunakan MSI GT 780 ini memiliki view angle yang bagus, terlebih lagi kualitas warna dan ketajaman tulisan sangat baik. Nilai plusnya LED ini meiliki wide viewangle sehingga dilihat dari samping dan depan hampir tidak ada perubahan warna. menandakan MSI menggunakan panel berkualitas.

GALLERY

Perpective, Tampak kiri, 2xUSB3.0, Card Reader, 1xUSB2.0,5.1 Sound out
Tampak belakang, Power cord, LAN,D-SUB,ESATA,HDMI
Tampak Kanan, 2x USB2.0,Optical Drive

Performance Benchmarking

Synthetic Benchmark

3Dmark 2006
3Dmark vantage
3Dmark011 Performance Mode
3Dmark011 extreme Mode
PC mark
Cinebench x64

Real Gaming Benchmark

Crysis 2 High Quality
Crysis 2 Very high
Crysis 2 extreme
Resident Evil 5
Lost planet 2 DX9
MAFIA 2
Call Of Duty Black Ops
Battlefiled 2 Bad Company
Star Craft 2

Real World benchmarking

HD Tune Benchmark
HDD Benchmarking
Comparison benchmark
Unigine Benchmark

Temperature Test

Temperature Idle
Temperature Full Load

Battery Testing

View Angle LED MSI GT780R Non Glare

View Angle LCD

Conclusion

MSI GT 780R memiliki setiap aspek yang diidamkan untuk sebuah Laptop Gaming yang Powerfull. dan telebih lagi harga yang ditawarkan bersaing dengan merk lain yang tidak memberikan fasilitas semewah si MSI GT 780R. Julukan “Born to Game” sangat pas untuk notebook MSI ini.

PROS

  • High Performance
  • Dyna Audio Speaker
  • Steel Series LED Keyboard
  • TDE Technology
  • Ergonomis Input form Keyboard
  • LED Display Non Glare Wide gamut
  • Raid 0 Config
  • 5.1 output Capable
  • THX Studio Pro
  • GTX 560M Implement
  • Low Temperature Operation
  • Eco Power management

Cons

  • Heavy laptop
  • Fan Always On
  • large Adaptor
  • Grainy touchpad surface
  • Bloatware

Fair

  • Mediacore  Battery Life
Pemmz JajanRamdhan promo

3 COMMENTS

Leave a Reply