Nvidia Optimus Issue !!!

User Pemmz yang sudah membeli Laptop yang terdapat teknologi Nvidia Optimus Didalamnya. beberapa akan mengalami masalah yang menjengkelkan, yaitu Nvidia GPU nya tidak terdetect, yang terdetect yang Intel Onboard VGA. masalah ini sudah banyak sekali yang claim dan juga banyak user dari seluruh dunia yang saling Curhat pada Media Forum.

Bagi User yang ingin tahu masalah dari Nvidia Optimus ini mohon Bersabar karena R&D kita juga sedang melakukan research agar masalah ini dapat terpecahkan namun belum terdapat Solusi. sembari nunggu klarifikasi dari pihak Vendor dan Nvidia juga kita (Pemmz Team) tidak diam-diam saja, namun research terus kami lakukan.

Seperti yang kita ketahui Nvidia Optimus Technology adalah Teknologi baru dari Nvidia yang berguna untuk Notebook agar bisa lebih irit baterai karena terdapat Bridge untuk dapat switch otomatis dari Intel VGA ke Nvidia GPU. sesuai keperluan driver akan men switch ke Nvidia GPU jika penggunaan aplikasi/Games yang berat. namun dengan adanya teknologi ini masih ada bug antara BIOS, driver, dan Windows itu sendiri. ini lain dengan hybird Graphic Nvidia karena hybird kita dapat switch ke masing-masing VGA melalui Windows ataupun BIOS. namun Optimus bekerja lebih advance karena dia digerakan secara driver (software related) namun sangat diperlukan Kematangan Driver dan BIOS yang solid, agar merka dapat berkomunikasi dengan baik.

Jadi user yang baru membeli ada kemungkinan akan mengalami masalah seperti Nvidia card tidak detect atau jika bermain games tidak mau menswitch ke Nvidia dari intel. ini masalah yang dihadapi Optimus sekarang. untuk sementara user yang belum kena masalah ini. mohon tidak melakukan Windows Update untuk sementara waktu. dan untuk masalah bermain games tidak mau switch ke Nvidia segera lakukan Driver Update untuk mengurangi efek nvidia optimus issue.

Driver Update Nvidia Optimus

dan untuk User yang ingin mengikuti perkembangan nya boleh baca-baca link dibawah ini :

Link 1

Link 2

Link 3

pemmz-gr8est

27 KOMENTAR

  1. Mohon maaf sebelumnya saya ingin bertanya:

    Saya baru saja membeli Asus A42JC dengan teknologi nvidia optimus. Beberapa belakangan ini VGA Nvidia sama sekali tidak terdeteksi di Device Manager. Meskipun saya telah melakukan “scan for hardware changes” berulang kali.

    Ketika saya menjalankan NVidia Control Panel, yang ada pesan error “An nvidia graphic card was not detected on your system”

    Apakah masih belum ada solusi untuk masalah ini?

    Terima kasih.

    • belum ada solusi bro, kita masih research dalam hal optimus untuk asus a42JC untuk lebih lanjut nanti kita akan beritakan kembal

  2. saya baru membeli a42jc.
    apakah udah ada solusinya untuk mslah d atas?
    soalnya saya mengalami hal yang sama.

  3. Bro..solusinya tinggal donlod driver nvidia yg paling baru ajah..tar gamenya tinggal di run pake nvidia spt biasa lgs jalan..untuk PES 2010 jg dah ok skg..

    • pake win 7-64… hasilnya akan beda, prcaya deh!! driver ambil dri CD aj… full compatible, saya rasa memang sudah ad prjanjian antara asus, nvidia dan microsoft untuk produk ini.

  4. klo. bwt jalanin pes si ga masalah tentu. graphic requirment nya kan ga khusus. tpi untuk game2 khusus Nvidia yg mungkin akan mngalami “sdikit” mslh.

  5. bro numpang tanya nih:

    untuk tipe asus a43sv dengan gt 540m nya itu ada isu optimus seperti yang dijelaskan diatas gak? kira2 worth it gak kalo dibeli pada saat ini? ataw nunggu nvidia nya nge-release driver yang udah fix dengan problem2nya?

    thanks..

    • N43SL uda pake optimus tp gak ada bug/problem. gw juga mau nanya nih, mas bro pas beli N43SL dpt windows asli gak? gw beli cm free dos. trs tak instalin windows yg gak asli deh.

      • N43SL tidak mengalami bug seperti yang anda tahu dari Asus sebelumnya. seri ini tidak meiliki optimus issue.

  6. Bro, gw pake Dell XPS 15 L502X, yang jadi main VGA nya yg intel, jadi mo atur resolusi mentok di 1366×768, gw oingin resolusi yg maximal, karena VGA yg Nvida nya memorynya 2 GB, mohon advis, thx a lot

  7. N43SL uda pake optimus tp gak ada bug/problem. gw juga mau nanya nih, mas bro pas beli N43SL dpt windows asli gak? gw beli cm free dos. trs tak instalin windows yg gak asli deh. 🙁

  8. memang betul untuk setting yang anda berikan namun sayangnya pada setting itu jika pada mode baterai akan boros sekali. dengan rajin update driver, walau dengan auto tetep bisa switch dengan tepat

  9. saya baru aja beli laptop Acer dgn spec nvidia geforce 2 gb optimus,,tapi ketika saya pakek progran auto cad 2012 jadi lemot banget,,,padahal di nvidia control panel sudah saya ubah pakek nvidia,,,tapi tetep lemot dipakek auto cad,,,gmn ya solusinya???

  10. kalo buat seri Asus G74SX-A1 ada masalah kah dengan hal ini ? punya saya i7 2630 tapi nggak ada intel onboard graphics nya ?

    • untuk asus G74SX tidak nvidia optimus jadi anda tidak perlu khawatir dengan masalah nvidia optimus issue 🙂

  11. kalau masalah tiba2 FPS game down nge-lag terus naik normal lagi kenapa itu ya ? saya main World of Warcraft dan sering seperti itu padahal setting max semua harusnya nggak ada masalah kan buat spec seperti ini

    • bisa jadi macam-macam, yang paling umum ini adalah kepanasan jadi hardware mengalam throttle sehingga dipaksa untuk jalan pada low power untuk mendinginkan, kemungkinan lain mungkin harus mdilakukan update driver dari GPU yang digunakan untuk optimal performance

  12. asus seri U46SV gimana ada problem masalah optimus nggak?? saya ingin beli notebook seri U46SV karena bisa fleksibel buat kerja dan main game PES tp masih ragu karena pakai sistem vga optimus. seri u46sv apakah sudah bisa switcable secara manual?? mohon rekomendasinya antara pilihan ASUS A43 SA dan ASUS U46SV..???

    • Masalah optimus tidak seperti dahulu lagi, tinggal update driver saja lalu biasanya langsung tidak masalah, untuk optimus disarankan selalu update ke driver terbaru

  13. Mau tanya mas.
    Link Update Driver terbaru NVIDIA Optimus dmna ya?
    My Specs:
    ACER ASPIRE 4752G
    INTEL(R) CORE(TM) i5-2450M [email protected] 2.50GH with turbo Boost up to 3.1GHz
    RAM 4.00 GB x64 (Win7 Home Premium)
    NVIDIA GEFORCE 610M 1GB (NVIDIA OPTIMUS)

  14. bro ane make samsung rc530/rc730 core i5 ram 8gb dan vga 4gb ,trus ane update ke win 8,ane pes 2013 tp vga ke detect ke intel dan vram cma 32 mb,ane udah ikutin petunjuk bla.bla.bla tp ttp ga mau jalan,ane pake nvidia optimus ge force 540m mohon pencerahaannyaa

    • PES 2013 memang banyak di keluhkan oleh gamers baik di Indonesia maupun luar. Ada kencederungan ini terjadi akibat incompatibility dengan optimus. Mungkin mas bro bisa update dulu driver ke versi terbaru (314.22), bisa manfaatkan geforce experience untuk installasi yang lebih sempurna, Baru kemudian lakukan setting ulang di game nya.

  15. solusinya instal driver nvidianya..sya jg prnh mengalami ksus serupa…tp stlah driver nvidia sya instal..mslh nya lngsng beres…
    bka aja web nvidia…dan downlaod versi terbaru

Tinggalkan Balasan