Mitos, Fakta dan Tips Seputar Battery Laptop

Kita sebagai pemilik laptop pasti sudah seharusnya tidak mengabaikan salah satu komponen yang penting sekali dalam dunia mobile notebook, yaitu baterai. Baterai laptop secara umumnya memiliki cycle nya. Jadi dapat dipergunakan sampai berapa kali charge, dan dalam hal ini memang setiap laptop baterainya memiliki “umur”.

Tips Seputar Battery Laptop

Ok dengan adanya mind set seperti itu berarti apakah kita harus menjaga kesehatan baterai laptop kita ? Tentu saja, namun terkadang beberapa user mengabaikan atau membedakan antara merawat baterai laptop dengan laptop itu sendiri. Kebanyakan user selalu sayang pada baterai laptop namun terkadang salah mengartikan sayang pada laptop dengan behavior yang “salah” , salah nya dimana? Yah beberapa user menganggap kalo menggunakan laptop sebaiknya melepas baterai dan hanya menggunakan adaptor saja. Hmm… Oke dalam salah satu sisi menjaga cycle dari baterai laptop memang betul. Tapi apakah user tau sebenarnya kalo hal itu malahan akan merusak komponen dalam dari laptop tersebut 🙂 ? Kenapa bisa?Tips Seputar Battery Laptop

Well baterai laptop sebenarnya selain untuk digunakan utk mobilitas namun juga untuk menjaga kesehatan dari laptop itu sendiri, dalam hal ini yaitu menjaga kestabilan arus listrik (voltage) pastinya setiap baterai laptop jika anda melihat dari info yang ada di baterainya (fisiknya) maka akan ada info kalau baterai ini beroperasi pada voltage berapa. Nah inilah fungsi baterai sebagai penyeimbang voltagenya akan tidak melebihi dari seharusnya. Jika baterai tidak digunakan atau. Dicopot dari laptop dan hanya menggunakan adaptor maka tidak akan ada. Penjaga kestabilan voltage yang akan masuk . Jika melebihi kapabilitas dari laptop voltage requirement rating maka tidak heran kalo laptop nya akan mati total dikarenakan motherboardnya rusak.

Tips Seputar Battery Laptop

Lalu mungkin ada user yang tanya: kalo saya pake baterai terus nanti cycle nya abis dong. 🙂 saat terpikir hal ini coba kita balik lagi ke root dari bahasan dan mulai bertanya ” mending mana baterai yang cycle nya habis atau laptop nya mati total karena motherboard nya rusak ? 🙂 mungkin dalam hal ini user akan lebih mengerti maksud saya, baterai yang cycle habis tetep bisa digantikan dengan yang baru, namun motherboard juga bisa diganti namun dengan kosekuensi yang jauh lebih buruk karena data anda akan hilang dan motherboard harganya mendekati membeli satu laptop baru 😉 pilih yang mana ?

loading...

5 KOMENTAR

  1. nah yo, untung aq baca ini, makasi pemmz, skrg aq bisa menyadarkan tmn” yg katanya gaul main game ga pake batre…

    • sama-sama Mas , kita memang ingin menjelaskan secara Nyata dari penggunaan battery yang seringkali User salah memahami karena tidak mengerti

  2. ini dia yang sudah ane lakuin selama ini.. mending batre yang mati dari laptop yang matot..
    gan info harga batre alienware m15x-r2 dong.. punya ane udah ga mau ngisi nih..

Tinggalkan Balasan